Download Program Kepala Sekolah SD, SLTP dan SMU File Word (DOC)

Download Program Kepala Sekolah SD, SLTP dan SMU File Word (DOC)

Download Program Kepala Sekolah SD, SLTP dan SMU File Word (DOC)

Di dunia pendidikan sekolah merupakan ladang ilmu bagi warga sekolah, tak hanya murid saja yang mendapatkan ilmu bahkan guru pun mendapat ilmu ketika mengajar. Dalam struktur pengurus sekolah tentunya terdapat kepala sekolah sebagai tingkat tertinggi struktur dibawahnya. Dan juga kepala sekolah memiliki tugas pokok dan fungsi sendiri untuk membantu kelancaran program yang ada.

Bahkan hal tersebut telah diatur di Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang standar pengelolaan sekolah, meliputi (1) perencanaan program, (2) pelaksanaan rencana kerja, (3) pengawasan dan evaluasi, (4) kepemimpinan sekolah, (5) sistem informasi sekolah. Dan juga telah diatur pada Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah, Pasal 12 ayat (4) menyatakan bahwa penilaian kinerja kepala sekolah meliputi:
  • Usaha pengembangan sekolah atau madrasah yang dilakukan selama menjabat kepala sekolah atau madrasah;
  • Peningkatan kualitas sekolah atau madrasah berdasarkan 8 (delapan) standar nasional pendidikan selama di bawah kepemimpinan yang bersangkutan; dan
  • Usaha pengembangan profesionalisme sebagai kepala sekolah atau madrasah.
   
Fungsi pertama yang dimiliki oleh seorang kepala sekolah adalah fungsi manajerial, dimana kepala sekolah dituntut untuk mampu dan juga handal dalam  mengatur setiap kegiatan. Selain itu juga perangkat yang berada di dalam lingkungan sekolah tempat dia memimpin.

Baca Juga : Download Pemetaan KD kelas 5 Kurikulum 2013
   
Fungsi dari kepala sekolah yang kedua adalah fungsi  perencanaan, kepala sekolah dituntut untuk mampu membuat dan menyusun perencanaan kegiatan. Baik kegiatan belajar mengajar, kegiatan ekstra kulikuler, kegiatan pelatihan para guru dan staff, serta berbagai perencanaan lainnya yang menyangkut masa depan sekolah yang dipimpinnya.
 
Ketiga fungsi pengawasan, fungsi dan juga wewenang dalam menegakkan keadilan, dan juga peraturan yang berlaku di lingkungan sekolahnya. Dan juga kepala sekolah wajib mengawasi setiap kegiatan sekolah, yang dilakukan di dalam lingkungan sekolah, ataupun di luar lingkungan sekolah yang membawa nama baik sekolah.

Fungsi pengawasan ini mungkin terkesan mudah, namun sebenarnya sulit untuk dilakukan, karena melalui fungsi pengawasan ini, kepala sekolah dituntut untuk menjadi individu yang lebih objektif dan juga adil dalam melakukan pengawasan, baik pemberian sanksi, hukuman, ataupun reward kepada seluruh perangkat sekolah.
   
Dengan berbagai tugas dan fungsi tersebut dapat diwujudkan melalui beberapa program yang bertujuan sebagai berikut :
  1. Dapat menciptakan atmosfer akademik yang kondusif dengan membangun budaya sekolah untuk menciptakan suasana yang kompetitif bagi siswa, rasa tanggung jawab bagi guru dan karyawan, menimbulkan rasa nyaman dalam bekerja dan belajar, menumbuhkan kesadaran tentang arti penting kemajuan, dan menumbuhkan kedisiplinan tinggi.
  2. Program sekolah diharapkan dapat meminimalkan masalah yang timbul di sekolah melalui penguatan rasa kekeluargaan dan kebersamaan untuk memajukan sekolah
  3. Dapat memperkuat manajemen sekolah dengan melakukan restrukturisasi dan reorganisasi intern sekolah apabila dipandang perlu (tanpa mengubah atau bertentangan dengan peraturan yang ada) sebagai bentuk pengembangan dan pemberdayaan potensi sekolah.
  4. Penguatan kerjasama dari ekstern dengan membangun jaringan yang lebih luas dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri, yang dibuktikan dengan adanya nota kesepahaman (MoU).
  5. Penguatan dari intern sekolah dengan melengkapi berbagai fasilitas (perangkat keras dan lunak) manajemen sekolah, agar implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) berbasis TIK lebih efektif.
  6. Menjaga dan mengawasi agar setiap perangkat sekolah, seperti guru, staff dan juga murid dapat membawa nama baik dan juga martabat sekolah ketika berada di luar lingkungan sekolah.

Untuk mendapatkan Program Kepala Sekolah anda bisa mendownloadnya melalui beberapa Link Google Drive dibawah ini. Semua data kami lampirkan dalam format Microsoft Word (DOC) bukan PDF atautun JPG dan PNG. Dengan begitu sobat bisa melakukan Edit secara bebas tetapi perhatikan setiap katanya supaya tidak ada kesalahan.

Download Program Kepala Sekolah SD, SLTP dan SMU File Word (DOC)

Untuk mendownloadnya cukup mudah, silahkan arahkan kursor di pojok kanan file di atas maka akan tampil tanda panah. Klik saja maka sobat akan di arahkan ke Google Drive untuk dilakukan Download. Lihat Pojok Kanan atas ada tanda Panah kebawah, silahkan klik saja maka Proses Download sedang berlangsung.

Baca Juga : 5 Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Makasar terbaik

Demikian informasi tentang Program Kepala Sekolah yang bisa digunakan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa berkunjung kembali ke blog mastimon.com karena masih banyak informasi seputar Pendidikan yang bisa di dapatkan. Baca Juga : Kode Promosi Quipper Video Terbaru 2018 Gratis. Silahkan sobat kunjungi supaya jadi juara kelas, Juara tingkat sekolah, Lulus UN dan UNBK dengan nilai sempurna atau berharap bisa lulus dalam seleksi SBMPTN.
Buka Komentar