Cara merawat anakan LoveBird dengan mudah dan sederhana

Cara merawat anakan LoveBird dengan mudah dan sederhana

Cara merawat anakan LoveBird dengan mudah dan sederhana

Lovebird merupakan burung pemakan biji – bijian yang menawan dan memliliki daya jual yang tinggi dan memiliki harga jual yang tinggi pula, burung ini termasuk burung yang mudah dipelihara. Oleh karena itu burung Lovebird banyak diternakkan oleh para peternak dikarenakan harga jualnya yang tinggi dan permintaan pasar yang tinggi pula serta perawatannya yang mudah dan sederhana.

Burung ini banyak peminatnya terlebih jika kalian dapat membudidayakan burung Lovebird yang unik dan langka pasti burung tersebut akan banyak yang menginginkan untuk membelinya dengan harga yang tinggi. Pada artikel ini kami akan membahas mengenai perawatan sederhana anakan Lovebird.

Baca Juga : 100 Pantun Lucu dan Gokil yang bikin ngakak jika kamu membacanya

Pertama pastikan kalian memilih anakan Lovebird yang sehat dan tanpa cacat, lalu pastikan. Kalian mempuyai wadah atau kandang yang sesuai dengan anakan Lovebird tersebut, kandang bisa berupa besek atau dengan menggunakkan box khusus untuk memelihara anakan Lovebird. Bisa juga menggunakan kandang Lovebird dewasa dengan diberi sarang serta diberi lampu pijar sebagai penghangatnya.

Hal yang terpenting adalah kehangatan tempat atau kandang agar tetap hangat dan stabil yaitu berkisar suhu 30 – 35 dan memiliki ventilasi yang cukup juga.  Jika suhu tempat merawat Lovebird tersebut terlalu dingin ataupun terlalu panas maka dapat memyebabkan kematian pada anakan Lovebird tersebut, untuk alat penghangatnya kalian bisa menggunakkan lampu pijar yang diberi otomatis atau menggunakkan penghangat  otomatis yang bisa kalian beli di toko hewan atau di toko burung.

Sedangkan jika kalian memberi ventilasi pada kandang terlalu sedikit maka akan menyebabkan suhu terlalu panas dan anakan burung akan susah untuk bernapas. Kemudian untuk kelembaban kandang berkisar 70% - 80% . Selanjutnya adalah pakan anakan Lovebird, pakan anakan Lovebird tentu saja berbeda dengan pakan Lovebird yang sudah dewasa.

Baca Juga : Kenapa tidak boleh Mengacungkan Jari Tenggah, berikut penjelasannya

Pakan Lovebird dewasa berupa biji - bijian maka pakan yang digunakan untuk anakan Lovebird bisa menggunakan susu bubuk atau makanan sampingan bayi atau biasa kita sebut MP–ASI dan kalian juga bisa menngunakkan alat bantu berupa suntikan khusus untuk memberi makan burung, kalian bisa mendapatkanya di toko burung dan pastikan alat yang digunakan steril dan bebas dari jamur.

Selanjutnya yaitu interval pemberian pakan ke anakan Lovebird, anakan Lovebird yang berumur 1 minggu – 3 minggu bisa kalian beri pakan 2 – 3 jam sekali. Dalam sehari, kekentalan pakan juga perlu diperhatikan karena jika tidak di perhatikan dapat menyebabkan anakan burung tersedak. Dianjurkan untuk anakan yang masih berumur 1 minggu – 3 minggu pakan dibuat encer dan kekentalannya dapat ditambah sesuai dengan umur anakan burung.

Pemberian pakan juga perlu diperhatikan karena jika kalian memberinya terlalu sedikit akan menyebabkan terlambatnya tumbuh dan berkembangnya anakan Lovebird. Selain itu juga bisa membuat burung tersebut kurus karena kekurangan gizi bahkan dapat menyebabkan kematian. Akan tetapi jika kalian memberi pakan terlalu banyak dapat menyebabkan kematian terhadap burung tersebut.

Baca Juga : Meracik Pakan Lovebird Lomba Dengan Daun Mengkudu

Contohnya jika kita memberi pakan terlalu banyak dapat membuat  tembolok anakan burung pecah dan lama – kelamaan anakan Lovebird tersebut mati. intinya jika tembolok si anakan burung sudah kosong maka kalian dapat memberinya pakan lagi. Suhu makanan anakan burung juga di perhatikan karena suhu makanan yang terlalu panas dapat menyebabkan kerongkongan anakan burung terbakar dan lama – kelamaan  dapat menyebabkan kematian pada burung, suhu ideal untuk pakan burung berkisar 20 – 30.

Itulah sedikit pembahasan tentang Cara merawat anakan LoveBird supaya dapat bertumbuh kembang dengan cepat. Selain mudah dan sederhana cara ini juga dapat menghindari tingkat kematian pada anakan burung Love Bird. Jika anda inggin mengetahui lebih banyak seputar tentang burung bisa berkunjung ke CenayangKicau.Com.
Buka Komentar