Meracik Pakan Lovebird Lomba Dengan Daun Mengkudu

Meracik Pakan Lovebird Lomba Dengan Daun Mengkudu

Meracik Pakan Lovebird Lomba Dengan Daun Mengkudu

Pakan lovebird lomba dengan daun mengkudu - Keluarga burung berparuh bengkok semakin digemari oleh para pecinta burung. Burung berparuh bengkok seperti burung kakaktua, nuri, parkit dan lovebird. Burung lovebird adalah jenis burung paruh bengkok yang paling banyak dipelihara. Masing-masing jenis lovebird tersebut tentu memiliki kualitas dan harga yang beragam. Burung lovebird berprestasi juga akan sangat mempengaruhi harganya.

Namun jangan risau apabila Anda ingin memiliki lovebird yang berkualitas dan juara tetapi anggaran terbatas, maka bisa diupayakan dengan membeli anakan lovebird dari indukan juara. Selanjutnya tinggal merawat menggunakan pola perawatan yang baik dengan telaten dan sabar serta memberi makan yang berkualitas. Nah, pakan berkualitas bisa dengan meracik sendiri pakan lovebird lomba dengan daun mengkudu.

Ada beberapa alasan mengapa burung paruh bengkok menarik perhatian pecinta burung. Yang pasti pakan burung ini ada dan mudah di dapat, burung mudah jinak dan banyak kontes atau lomba burung jenis ini. Dari beberapa jenis burung paruh bengkok yang paling populer dan disukai adalah jenis lovebird. Apabila Anda ingin tahu tentang jenis-jenis burung lovebird bisa langsung ke www.bosskicau.info dan bisa cari informasi seputar kicauan. Burung ini semakin laris dan menjadi buruan para kicau mania di mana-mana. Karena kini semakin banyak even lomba burung lovebird di berbagai tempat. Tentu saja ini menarik para penggemar untuk ikut meramaikan dunia lovebird di tanah air.

Nah, untuk bisa bersaing atau setidaknya bisa ikut dalam lomba burung lovebird, maka diperlukan materi atau burung yang berkualitas. Kualitas burung diperoleh dari beberapa faktor salah satunya adalah keturunan. Namum yang tak kalah penting adalah perawatan dari burung itu sendiri. Perawatan yang baik dengan  tahapan yang harus rutin dijalankan setiap hari. Standar perawatan harian yang baik antara lain dengan penjemuran rutin pada pagi hari, kebersihan kandang dan lingkungannya, pemasteran dengan suara burung lain serta yang paling pentin adalah pemberian pakan yang berkualitas.

Racikan pakan lovebird lomba dengan daun mengkudu

Pakan lovebird yang utama dan paling disukai adalah berupa bijian yaitu milet putih. Selain itu ada pakan tambahan yang juga tak kalah disukai burung lovebird yaitu berupa sayuran kangkung dan jagung muda. Biji milet banyak kandungan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan daya tahan tubuh si lovebird. Demikian juga untuk sayuran kangkung dan jagung muda tak kalah berkualitas nilai gizinya.

Selain pakan yang biasa diberikan tersebut tentu harus ada pakan lain yang bisa menambah atau mendongkrak performa si burung. Ada ramua sederhana yang disa diracik sendiri dengan bahan-bahan alami yang aman dan mudah didapatkan. Bahan utamanya adalah berupa bijian yang disukai lovebird, yaitu:
- Milet putih
- Milet merah
- Biji sawi
- Kwaci bunga matahari
- Daun mengkudu

Komposisi dari bahan-bahan ini didominasi milet putih adalah 85% karena ini yang paling disukai dan sebagai makanan utama. Sedangkan bikian dan bahan-bahan lain 15%. Karena bebarapa bahan pakan harus dalam tajaran yang terukur agar menghindari dampak jelek bagi si lovebird. Seperti kwaci bunga matahari jika terlalu banyak bisa menjadikan lovebird kegemukan.

Pembuatan racikan pakan ini mudah sekali, dengan cara mencampur semua bahan kemudian ditambah dengan dari daun mengkudu. Sari daun mengkudu bisa diperoleh dengan cara menumbuk atau diblender kemudian  dicampur dan diremas-remas bersama bahan-bahan tadi. Setelah tercampur rata bisa dijemur atau diangin-anginkan. Setelah kering bisa diberikan kepada burung lovebird.

Selamat mencoba membuat racikan pakan lovebird lomba dengan daun mengkudu. Apabila diberikan secara rutin maka burung akan menjadi sehat, meningkat stamina dan vitalitasnya. Sehingga burung lovebird Anda akan semakin rajin ngekek. Semoga bermanfaat dan menginspirasi dunia lovebird Indonesia. Salam kicaumania!
Buka Komentar