Latihan Kayang yang mudah dan manfaatnya untuk Kesehatan

Latihan Kayang yang mudah dan manfaatnya untuk Kesehatan

Latihan Kayang yang mudah dan manfaatnya untuk Kesehatan

Halo guys? Tau nggak sih apa itu kayang?... Kayang atau yang sering disebut Sikap kayang merupakan salah satu sikap dalam olahraga senam lantai. Bagi para penggemar olahraga senam lantai, pastinya sudah nggak asing lagi dengan sikap yang satu ini. Dengan melakukan gerakan ini makan seluruh tubuh akan merasakan pergerakan yang menyehatkan.

Bagaimana sih cara melakukan sikap kayang?... Jika anda pemula dalam melakukan olah raga ini pasti dijamin anda akan jatuh. Dibutuhkan kelenturan tubuh dalam melakukannya supaya dapat melakukan dengan baik. Dibutuhkan waktu beberapa kali melakukan dengan bantuan teman supaya anda bisa melakukannya sendiri.

Baca Juga : Dibalik hasil Foto yang Unik ternyata ada teman yang rela melakukan apapun

Caranya bisa dibilang lumayan gampang kok guys, ada dua cara memulai sikap kayang, yaitu Memulai sikap kayang dengan posisi tidur. Cara tersebut dilakukan oleh pemula karena biasanya dibantu orang lain dengan mengangkat punggungnya. Cara yang kedua yaitu memulai sikap kayang dengan posisi berdiri. Cara kedua tersebut dilakukan oleh orang yang biasa melakukannya.

Terlihat dari cara memulainya saja, jelas terdapat perbedaan pada cara melakukan sikap kayang. Jadi gimana  nih caranya? Berikut dibawah ada dua cara melakukan kayang berdasarkan posisi memulai sikap kayang itu sendiri.

Sikap kayang dimulai dengan posisi tidur : 
  1. Posisikan tubuh tidur terlentang di atas matras 
  2. Tekuk kedua lutut kaki kemudian rapatan kedua tumit kaki dengan pinggul 
  3. Tekuk kedua siku tangan kita, kemudian letakkan telapak tangan untuk bertumpu pada matras 
  4. Kemudian angkat badan secara pelan-pelan dan disusul dengan dorongan dari kedua kaki yang lurus dan dari kedua tangan.

Sikap kayang dimulai dengan posisi berdiri :
  1. Posisikan badan dengan posisi berdiri tegak dan kaki sedikit terbuka 
  2. Posisikan juga kedua tangan masing-masing di samping kaki 
  3. Ayunkan kedua tangan atau salah satu tangan ke belakang, badan melenting ke belakang, kepala menengadah ke belakang. Posisi tangan harus mendarat ataupun menempel pada matras dengan sempurna.

Nah gimana guys? Gampang banget kan. Sikap kayang ini dibilang mudah salah satunya karna dapat dilakukan di mana saja. Yang terpenting dalam sikap kayang ini adalah menempatkan kaki lebih tinggi dan mendapatkan tekanan pada bahu dan sedikit tekanan pada pinggang. Olahraga yang satu ini meskipun dibilang cukup mudah dilakukan, namun memiliki banyak sekali manfaat loh untuk kesehatan. Apa aja ya manfaatnya?

1. Meningkatkan kelenturan tubuh

Sangat jelas sekali bahwa olahraga kayang ini sangat efektif membantu meningkatkan kelenturkan tubuh. Terutama melenturkan tubuh bagian bahu, perut, dan ruas tulang belakang. Baca Juga : Kumpulan MEME yang Hits di tahun 2018 dan banyak dicari di Google.

2. Meningkatan kekuatan tubuh

Selain melenturkan tubuh, kayang juga mampu meningkatkan kekuatan tubuh. Terutama pada bagian bahu, lengan dan pinggang yang menerima tekanan pada saat melakukan olahraga kayang.

3. Membantu menguatkan tulang punggung

Sangat bagus melakukan olaraga kayang ini untuk menjaga kesehatan tulang punggung karena tulang punggung merupakan bagian yang juga penting pada tubuh.

4. Membakar kalori

Gerakan pada kayang dapat membantu membakar kalori sehingga dapat mengencangkan perut alias mengatasi perut buncit.  Cocok banget nih buat kalian yang merasa nggak pede dengan perut buncit dan bener-bener pengen ngencengin perut.

5. Membantu mengatasi  gangguan atau sakit di sekitar pinggang

Melakukan olahraga kayang ini dapat dijadikan terapi  untuk menyembuhkan rasa sakit di bagian sekitar pinggang seperti sakit nyeri, pegal linu, dan lain-lain jika dilakukan secara rutin. Nah buat yang sering pegel-pegel pinggangnya bisa dicoba nih.

6. Membantu membentuk tubuh

Olahraga kayang ini ternyata dapat membantu membentuk tubuh loh karena olahraga satu ini dapat membantu mempercepat pembentukan otot tubuh. Namun tetap  aja manfaat ini akan didapat jika olahraga ini rutin di lakukan.

7. Membantu mengatasi masalah pernapasan

Bagi kalian yang mempunyai masalah pada pernapasan, kalian dapat melakukan olahraga kayang ini secara rutin agar dapat menjadi terapi untuk mengatasi masalah pernapasan karena pada saat melakukan olahraga kayang ini, bagian tubuh rongga dada akan membuka sehingga peyaluran oksigen pun akan meningkat pada paru-paru.

Baca Juga : Kenapa tidak boleh Mengacungkan Jari Tenggah, berikut penjelasannya

Nah gimana guys? Mudah dan banyak manfaat kan? Selamat mencoba dan semoga dapat melakukan dengan baik. Inggin tau banyak tentang materi atau pelajaran sekolah secara gratis silahkan berkunjung ke blog Perpustakaan Online. Disana anda akan menemukan banyak pengetahuan umum yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari.
Buka Komentar