Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tempat Wisata di Papua yang Terkenal dan Mendunia

Papua merupakan salah satu bagian wilayah dari Indonesia yang kaya akan sumberdaya dan keindahan alamnya yang masih begitu terjaga. Dimana budaya dan adat istiadatnya juga menjadi salah satu kekuatan yang menjadikan daya tarik Papua sebagai wilayah yang merupakan tempat menarik untuk disinggahi.

Banyak sekali tempat indah di Papua yang mungkin belum banyak orang tahu.Tak perlu jauh-jauh ke luar negri karena di Papua juga memiliki destinasi wisata yang terkenal dan juga mendunia. Sangat disayangkan kita yang masih satu  negara belum sempat untuk mengunjungi berbagai tempat di Papua yang bahkan populer di kalangan orang asing.

Baca juga : 962 Tempat Wisata di seluruh Indonesia lengkap berdasarkan Daerah

Untuk berkunjung ke sana diperlukan dana yang tidak sedikit apalagi kita tinggal di daerah Papua. Keindahan yang ditawarkan cukup mengoda dan tentunya anda tidak akan kecewa jika datang berkunjung kesana. Berikut ini beberapa tempat wisata yang berada di wilayah Papua yang terkenal dan juga mendunia.

1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman nasional ini berada di wilayah timur Indonesia.Taman Nasional Teluk Cendrawasih ini memiliki luas sekitar 1.453.500 hektar dengan memuat sekitar 90% area yang berupa perairan. Jika kalian berkunjung ke taman ini kalian akan disuguhi berbagai satwa yang terdiri dari 209 jenis ikan dan 196 jenis moluska yang mungkin belum pernah kalian lihat sebelumnya. Selain itu perairannya yang masih terjaga kealamiannya akan memberikan rasa rileks ketika kalian berenang di dalamnya.

2. Raja Ampat

Mungkin kalian sudang sering mendengar objek wisata yang satu ini. Raja Ampat menjadi populer karena kekayaan biota laut yang akan menghibur para pengunjung ketika diving. Objek wisata satu ini juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit kelas dunia, jadi tak asing lagi jika sebagian besar pengunjungnya adalah wisatawan mancanegara.

3. Lembah Baliem

Lembah yang berada di wilayah Papua ini masih sangat terjaga kealamiannya. Bahkan sampai sekarang lembah ini masih menjadi tempat tinggal Dani, Lani, dan Yani yang penyebarannya berada di area Pegunungan Jaya Wijaya.

Nah jika kalian ingin berkunjung ke lembah yang satu ini ada baiknya kalian membawa baju hangat karena suhu rata-rata di area Lembah Baliem ini antara 10 hingga 15 derajat Celcius. Akan lebih baik jika kalian mengunjungi lembah ini pada bulan Agustus karena di dalam bulan tersebut banyak diadakan festival budaya dan upacara adat oleh penduduk setempat.

4. Pulau Rumberpon

Salah satu pulau diantara belasan ribu pulau yang ada di Indonesia ini patut kalian jadikan destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi setidaknya sekali dalam seumur hidup. Karena di pulau ini yang belum banyak orang tahu akan menyambut kalian dengan keindahan lautan dan hutan yang mungkin belum pernah kalian rasakan sebelumnya.

Kalian bisa menempuh perjalanan selama 5 jam dari Manokwari menggunakan kapal. Disini kalian bisa dengan mudah menemui rusa liar dan burung-burung langka yang tidak hidup di tempat lain. Jadi cukup keren karena kita melihat alam yang sesungguhnya.

5. Danau Paniai

Danau yang sangat indah ini sayang sekali jika belum banyak orang tahu.Karena pada saat Konferensi Danau Sedunia pada tahun 2007, danau yang berada di Papua ini menjadi danau terindah sedunia. Jika kalian mengunjungi danau ini saat sore hari, kalian akan disuguhi pemandangan matahari terbenam yang dikeliling pegunungan hijau yang disinari matahari keemasan.

Selain itu juga pada saat matahari terbenam juga banyak jenis ungas yang berterbangan kembali ke sarang yang akan menambah indah langit yang berwarna jingga. Kalian pasti akan tidak menyangka jika kalian masih berada di wilayah Indonesia.

Baca juga : 3 Pantai Indonesia terbaik di Dunia yang perlu anda kunjungi

Itulah beberapa tempat wisata di Papua yang terkenal dan mendunia. Jika kalian memiliki waktu dan biaya yang cukup tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat – tempat tadi. Jikapun anda memiliki pengalaman pernah ke salah satu tempat wisata tersebut bisa berbagi pengalaman di kolom komentar, terimakasih. lihat juga : 5 Tempat Wisata Terbaik di Papua.