Peluang Usaha Cetak Stempel Flash dan Runaflek

Peluang Usaha Cetak Stempel Flash dan Runaflek

Peluang Usaha Cetak Stempel Flash dan Runaflek

Usaha cetak stempel adalah salah satu usaha yang mudah, cepat dipelajari, dan tentunya menguntungkan. Cetak stempel bisa anda sandingkan dengan usaha cetak foto, usaha cetak undangan, rental print, bahkan fotocopy. Pada artikel ini, ada berberapa pembahasan yang akan saya jelaskan tentang usaha cetak stempel.

DAFTAR ISI
1. Prospek Usaha Cetak Stempel
2. Apa perbedaan Stempel Flash & Runaflek?
3. Mesin Stempel yang Bagus

1. Prospek Usaha Cetak Stempel

Stempel merupakan hal yang pasti harus dimiliki oleh instansi, lembaga, atau perusahaan. Stempel dibutuhkan dimana-mana karena fungsinya sebagai tanda legal.

Hampir disetiap kegiatan kita yang berhubungan dengan surat, pembelian, ataupun penjualan selalu dibubuhi stempel. Maka, stempel ada dimana saja dan dibutuhkan selalu.

Peluang usaha cetak stempel sendiri sangat besar sekali, sekarang anda bisa coba hitung jumlah sekolah/ lembaga pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA, MI, MTS, MA, SMK, STM, dan Universitas. Maka, itu instansi inilah yang menjadi peluang anda. Satu instansi pendidikan pasti membutuhkan lebih dari satu stempel. Jika anda bisa mempromosikan ke instansi pendidikan, maka prospek stempel ini sangatlah besar.

Sekarang kembali coba hitung berapa jumlah lembaga pemerintahan yang anda di kota anda? Dispenda, Dukcapil, Diskes, Diskominfo, Dinkop, Dinas PU, Dispora, Dishub, Disper, Dis Industri, Dinas Perumahan, Dinsos, Dinas Tenaga Kerja, dan sebagainya. Disetiap lembaga pemerintahan pasti memiliki kepala dinas, bendahara, divisi-divisi yang membutuhkan stempel. Maka ini adalah prospek usaha stempel anda.

Belum lagi jumlah desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten / kota, semuanya membutuhkan stempel untuk kegiatan hari-hari. Maka peluang nya sangat besar untuk usaha ini.

Kemudian, setiap badan usaha seperti PT, CV, UD, bahkan katering makanan pun membutuhkan stempel untuk kegiatan usaha mereka. Badan usaha membutuhkan stempel ketika mereka melakukan pembelian atau penjualan.

Masih banyak lagi peluang anda untuk menjajakan jasa cetak stempel ini. Bisa kita simpulkan, prospek usaha cetak stempel sangat besar dan menjanjikan.

2. Apa perbedaan Stempel Flash & Runaflek?

Dalam usaha stempel, paling tidak anda harus mengetahui dua jenis stempel, yakni stempel Flash & Runaflek.

Stempel Flash berasal dari kata flash, yang artinya, stempel ini dibuat dengan cara di flash (jepretan cahaya). Stempel Flash dibuat dengan mesin khusus yang mampu menghasilkan flash.

Ini adalah contoh stempel flash yang sering kita lihat :


Stempel flash memiliki keunggulan yakni memiliki sifat praktis, anda tidak perlu membawa stampad karena tinta stempel sudah ada pada busa stempel. Selain itu, harga stempel flash relatif lebih mahal dibanding stempel runaflek, kisaran Rp. 70.000 / pcs.

Sedangkan stempel Runaflek berasal dari jenis karet yang digunakan. Merek karet untuk stempel ini adalah Runaflek, stempel ini bisa dibuat hanya dengan bantuan sinar matahari, anda tidak perlu mesin khusus.

Ini adalah contoh stempel runaflek :


Dari segi pembuatan, stempel ini lebih sulit dibuat dibanding stempel flash. Karena untuk membuat stempel ini anda perlu jam terbang lebih agar bisa membuat stempel ini.

Stempel flash memiliki keunggulan disisi keawetan dan murah. Stempel runaflek akan bertahan sangat lama dan susah untuk rusak, kemudian harga dari stempel runaflek juga relatif murah, yakni kisaran Rp. 30.000 per pcs.

Dari penjelasan diatas, setidaknya kita sudah mendapati berberapa perbedaan mendasar dari jenis stempel ini. Mulai dari cara pembuatan, keunggulan, kelemahan, dan harga sudah berbeda.

3. Mesin Stempel yang Bagus

Untuk usaha stempel, ada paling tidak ada mesin-mesin yang anda perlukan, yakni mesin stempel flash. Mesin stempel yang saya maksud adalah mesin seperti ini:



Mesin stempel yang tersebar di Indonesia saat ini mayoritas adalah mesin impor dari China dan mesin lokal. Sebenarnya, mesin stempel adalah salah satu mesin yang sukar untuk Rusak.

Mesin stempel jika digunakan dengan baik dan benar, mesin anda bisa awet hingga tahunan. Mesin yang saya gunakan sendiri sudah bertahan hingga 5 tahun.

Ada berberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli mesin stempel. Seperti kesediaan sparepart, bahan stempel dan service center. Untuk di Indonesia sendiri, mesin import sangat susah sekali untuk ditemui Sparepart nya, berbeda dengan mesin lokal yang lebih mudah mencari sparepartnya.

Kemudian, kesediaan service center mesin impor sangat jarang di Indonesia, sedangkan mesin lokal buatan Indonesia pasti selalu memiliki kesediaan service center.

Saya rekomendasikan anda melihat salah satu vendor penyedia mesin stempel di Semarang, Lihat spesifikasi mesin stempel, harga, dan paket usaha stempel di Artikel berikut ini : Jual Mesin Stempel dan Paket Usaha Stempel.

Penutup, demikian artikel tentang peluang usaha cetak stempel yang saya buat dan bisa anda jadikan pertimbangan untuk disandingkan dengan usaha percetakan anda lainnya. Terima kasih, Salam cetak!
Buka Komentar