Cara menampilkan gambar icon Blog utama saat di share ke Whatsapp

Cara menampilkan gambar icon Blog utama saat di share ke Whatsapp

Cara menampilkan gambar icon Blog utama saat di share ke Whatsapp

Share link blog/web utama ke media sosial WA (Whatsapp) tapi mengapa gambar iconnya tidak tampil. Mungkin sebagian orang menyepelekan ini tetapi ini juga merupakan salah satu keprofesionalan sebuah blog. Jika di share ada gambarnya maka orang yang melihatnya akan tertarik untuk mengkliknya.

Setiap template blog/web berbeda beda karena ada kode tertentu yang harus di pasang. Jika kita menggunakan template Kompi Ajaib gambar icon saat di share sudah pasti tampil. Berbeda dengan template VioMagz milih Mas Sugeng ini. Saya mencoba share ke Group WA tapi gambar blognya tidak muncul.

Baca juga : Conteng Chat WA tetap abu abu atau tidak biru saat sudah di baca

Setelah di cek ternyata ada beberapa Kode HTML yang belum di pasang. Jika ini sobat abaikan juga tidak berpengaruh di search engine tapi berpengaruh terhadap reaksi orang saat di share ke Whatsapp. Tutorial ini sengaja saya publish karena banyak sekali yang bertanya dan ini juga sebagai simpanan materi blogging disini.

Kode HTML untuk menampilkan Gambar Icon saat link Blog/WEB di share ke WA (Whatsapp)

Langkah 1 : Silahkan sobat carai kode <head> lalu letakkan kode ini tepat dibawahnya.

<meta content='URL LOGO BLOG' property='og:image'/>

Langkah 2 : Cari kide berikut ini : <div class='post hentry' itemprop='blogPost' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/BlogPosting'>. Jika sudah dapat letakkan kode berikut tepat dibawahnya.

<div itemprop='image' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ImageObject'>
  <meta content='URL LOGO BLOG' itemprop='url'/>
 </div>

Sumber : KodeJarwo.com

Sobat bisa bandingkan sebelum di letakkan kode tersebut dengan setelah di masukkan. Jika sudah berhasil maka gambar akan tampil dengan sempurna. Seperti contoh share WA berikut ini.

Share WA blog VioMagz.com

Share WA blog LaguRohani.id

Kedua blog di atas sama sama menggunakan Template Premium Vio Magz tetapi saat di share ke Whatsapp berbeda tampilannya. Blog LaguRohani.id sudah di tambahkan kode di atas maka icon gambar blog bisa tampil. Silahkan sobat coba sendiri dan lihat hasilnya, apabila tidak tampil silahkan berikan komentar di bawah.

Baca juga : Cara buat tulisan Berwarna, Dicoret, Tebal, Miring dan terbalik di WA (WhatsApp)

Cara sederhana menampilkan gambar blog saat di bagikan ke Whatsapp di atas cukup mudah. Permasalahan ini terkadang kita yang tidak paham saat akan mencari tutorialnya di Google. Banyak judul yang di buat susah dipahami oleh para pemula blogger. Disini sobat bisa dapatkan semuanya jadi jika masalah tutorial blog silahkan ajukan pertanyaan, terimakasih.
Buka Komentar