Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara buat daftar isi satu Label tertentu dalam Postingan Blog secara otomatis

Menampilkan judul postingan blog secara otomatis hanya untuk satu label pada postingan blog/web. Banyak orang inggin melihat daftar atau list satu jenis artikel tertentu untuk mempermudah pencarian. Sebenarnya sudah lengkap ada di sitemap atau klik saja label tertentu maka akan tampil daftar judulnya.

Jika klik label maka yang tampil "judul, gambar dan sedikit isi artikel". Sedangkan jika klik sitemap maka daftar isi akan tampil secara keseluruhan. Sebagian orang jika melihat terlalu banyak dan bercampur mereka malas untuk membacanya. Nah disini mastimon.com memberikan solusinya.

Selain mempermudah pengunjung melihat daftar judul untuk satu nice/jenis maka cara ini juga bisa mengundang visitor. Salah satu contoh kita buat judul artikel "Kumpulan tutorial Blogging mulai awal sampai bisa". Isinya sobat cukup membuat kata kata pengantar dan berikan kode HTML maka daftar judulnya akan tampil otomatis.

Baca juga : Cara ganti Warna, Ukuran dan Jenis Font di Post Body Blog melalui HTML

Bagaimana, apakah sobat tertarik untuk membuatnya, jika iya silahkan ikuti tutorial di bawah ini :

Langkah 1 : Silahkan buat artikelnya dulu dan untuk menambahkan daftar satu label silahkan copy kode HTML di bawah ini.

<script type="text/javascript"> var numposts = 100; var standardstyling = true; function showrecentposts(json) { for (var i = 0; i < numposts; i++) { var entry = json.feed.entry[i]; var posttitle = entry.title.$t; var posturl; if (i == json.feed.entry.length) break; for (var k = 0; k < entry.link.length; k++) { if (entry.link[k].rel == 'alternate') { posturl = entry.link[k].href; break; }} posttitle = posttitle.link(posturl); if (standardstyling) document.write('<li>'); document.write(posttitle);} if (standardstyling) document.write('</li>'); } </script>
<ul>
<h3>Tutorial Blogging</h3>
<script src="https://www.mastimon.com/feeds/posts/default/-/Tutorial%20Blogging?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=showrecentposts&amp;max-results=999"></script>
</ul>

Langkah 2 : Jangan lupa ganti URL Blog dan nama labelnya seperti contoh saya beri warna merah. Jika sudah masuk ke postingan pilih mode HTML dan paste kode tersebut.

Langkah 3 : Bisa juga sobat tambahkan di sidebar dengan cara pilih Layout >> Add a Gadget >> HTML/JavaScript. Paste dan klik Publish, lihat hasilnya maka daftar judul satu label akan tampil secara otomatis.

Berapapun artikel dibuat dengan menggunakan label tersebut maka akan bertambah terus tanpa harus kita edit manual. Cara ini cukup efektif supaya pengunjung betah dan merasa melihat artikel kita lengkap dengan satu kelompok. Silahkan sobat coba jika terjadi error atau tidak tampil silahkan tanya di kolom komentar.

Jika sobat inggin mencoba menampilkan beberapa label bisa gunakan kode HTML dibawah ini :

Untuk memasang beberapa label, sobat cukup tambahkan kode ini tepat dibawah kode di atas. Jangan lupa ganti Nama Label, Alamat Blog/WEB dan nama Labelnya.

<ul>
<h3>Nama Label</h3>
<script src="https://www.mastimon.com/feeds/posts/default/-/Label?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=showrecentposts&amp;max-results=999"></script>
</ul>

Baca juga : Cara memperbaiki Sitemap yang hilang atau blank di blogspot

Itulah sedikit tips dan trik dalam membuat sebuah postingan blog untuk menampilkan label tertentu. Kode ini bisa juga di gunakan pada widget sidebar atau daftar artikel di bawah blog. Supaya lebih menarik bisa tambahkan warna dan garis tepinya pada widget tersebut. Selamat mencoba dan semoga berhasil.