Cara buat Struktur Organisasi menggunakan Ms Word dan Exel dengan cepat

Cara buat Struktur Organisasi menggunakan Ms Word dan Exel dengan cepat

Cara buat Struktur Organisasi menggunakan Ms Word dan Exel dengan cepat

Struktur Organisasi sebuah susunan yang terhubung antara bagian yang satu dengan bagian lainnya dalam menjalankan sebuah organisasi baik di sebuah Perusahaan atau pembentukan di masyarakat. Susunan yang dibuat mulai Pemimpin tertinggin hingga paling terendah di dalam sebuah perkumpulan. Lalu bagaimana cara membuat Struktur agar mudah dibaca oleh semua orang dan cepat membuatnya.

Mastimon.com kali ini akan berbagi tips dan cara cepat membuat Struktur Organisasi menggunakan Microsoft Office Word dan Ms Exel. Sebenarnya untuk membuat sebuah diagram anda bisa menggunakan Ms Office Visio tetapi banyak orang tidak bisa mengoperasikannya. Yang biasa digunakan dalam pekerjaan dan bisa dibuat dalam waktu cepat adalah menggunakan Exel dan Word.

Baca juga : Cara menggunakan satu Ms Exel ada 2 lembar kerja berdampingan

Fitur yang di berikan word dan exel sebenarnya sama untuk kita membuat sebuah susunan struktur organisasi. Jadi jika anda bisa membuatnya pada salah satu aplikasi ini pasti anda bisa menggunakannya semua. Jika menggunakan Ms Exel sebenarnya lebih mudah dan banyak Variasi yang bisa kita buat. Berikut ini adalah tutorial singkat cara membuat Struktur Organisasi dengan cepat.

Membuat Struktur Organisasi dengan Ms Word

Langkah 1 : Silahkan anda buka Ms Word dan klik Insert pada menu bar. Selanjutnya pilih SmartArt seperti lingkaran merah pada gambar dibawah ini.

Langkah 2 : Silahkan anda pilih jenis Struktur yang anda ingginkan. Ada jenis List, Process, Cyde, Hierarchy, Relationship, Matrix dan Pyramid. Struktur yang biasa di pakai biasanya jenis Hierarchy, pilih bentuknya di samping kanan dan klik OK.

Langkah 3 : Silahkan isi masing masing Namanya maka struktur akan terbentuk dengan sendirinya. Jika anda menggunakan di word untuk pengaturannya sedikit sulit apabila di dalam struktur terdapat banyak bagian atau Departemen. Anda bisa mencoba menggunakan Ms Exel dibawah ini.

Membuat Struktur Organisasi dengan Ms Exel

Langkah 1 : Menu di Ms Exel tidak jauh berbeda dengan Ms Word pada saat membuat sebuah Struktur Organisasi. Bedanya hanya di pengaturan tampilan pada saat di cetak. Pilih Insert >> SmartArt >> maka akan tampil sama dengan Ms. Word.

Langkah 2 : Kita akan menggunakan cara lain jika menggunakan Ms Exel yaitu memanfaatkan fungsi garis. Cara ini sedikit ribet karena kita harus membuat garis garis supaya terbentuk sebuah susunan Struktur Organisasi. Bagi anda yang bisa mengoperasikan Ms Exel pasti mudah, lihat gambar dibawah ini.

Langkah 3 : Lihat setiap garis di Ms Exel, atur satu persatu dengan cara menuliskan terlebih dahulu nama nama yang ada di dalam struktur. Jika inggin menambahkan kolom tinggal anda blog dan Insert maka akan bertambah satu kolom.

Langkah 4 : Berikut ini adalah tampilan tanpa garis di Ms.Exel dan hasil cetaknya juga bagus. Untuk pengaturan besar kecilnya pada media cetak bisa kita atur. Misal menggunakan kertas A3, Kwarto (A4) dan Legal (F4).

Lihat juga : Cara rubah file Word 2010, 2007 ke versi Word 97-2003 Dokumen

Bagaimana, cukup mudah bukan membuat Struktur Organisasi menggunakan aplikasi Ms Exel. Jika membuat yang simpel dengan sedikit Departemen anda bisa menggunakan Aplikasi Ms Word. Cara ini sudah sering saya buat saat masih bekerja di perusahaan Perkayuan dan Tambang Batubara. Selain bisa untuk membuat Struktur Organisasi HRD, Produksi, Logistik, Plan Engineering bisa juga untuk membuat Organisasi di Masyarakat.