Inilah cara Screenshot Panjang di Android tanpa Aplikasi

Inilah cara Screenshot Panjang di Android tanpa Aplikasi

Inilah cara Screenshot Panjang di Android tanpa Aplikasi

Memiliki Smartphone dengan fasilitas yang super lengkap dan cangih adalah sesuatu yang menyenangkan. Semua aktifitas bisa kita lakukan hanya dengan Handphone Android pintar ini. Baru baru ini saya di kagetkan dengan adanya tampilan Screenshot panjang dari status atau tulisan seseorang tanpa terpotong. SS Panjang ini memudahkan pembaca tanpa harus melihat tulisan pada gambar berikutnya.

Tidak semua merek Handphone dapat melakukan SS (Screenshoot) panjang tanpa bantuan aplikasi. Hanya beberapa tipe HP Androis saja yang bisa melakukan ini. Pada artikel ini saya mencoba memberikan tutorial Screenshot tanpa aplikasi menggunakan Xiaomi. Jika sobat menggunakan smartphone ini silahkan dicoba dengan tahapan di bawah ini.


Mengambil gambar panjang dengan cara di screenshot ini biasanya mengambil percakapan di Whatsapp, Facebook, BBM, Instagram ataupun di internet. Tulisan tentang Tutorial, Cerita lucu, Berita tertentu, Cerita Romantis juga bisa anda SS dan bagikan. Tetapi perlu di inggat, jangan asal ambil atau membagikan percakapan sobat karena bisa menjadi masalah dengan sahabat anda jika terjadi salah paham.

Sejak merilis MiUI 8 handphone Xiaomi sudah bisa mengambil scroll screenshot atau screenshot panjang tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dengan fasilitas ini maka memudahkan para penggunannya tanpa harus menginstal aplikasi di Play Store. Lalu bagaimana cara lengkapnya supaya hasil gambarnya terang dan mudah di baca, berikut ini cara lengkap yang bisa anda ikuti.

Cara Screenshot Panjang di Android tanpa Aplikasi di HP Xiaomi :
  • Langkah 1 : Buka percakapan atau tulisan panjang yang inggin anda Screenshot seperti percakapan di WA atau SMS.
  • Langkah 2 : Tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan maka akan ada thumbnail hasil screenshot yang menggantung pada pojok kanan layar smartphone Xiaomi sobat. Klik gambar tersebut maka akan muncul tampilan.
  • Langkah 3 : Pilih atau klik Scroll kemudian gulung layar sampai pada bagian yang ingin di capture lalu jika sudah klik Done.
  • Langkah 4 : Lihat hasilnya seperti gambar di bawah ini.
Sumber : juraganblog.com

Cukup panjang ya tulisan yang bisa di Screenshot dan hasilnyapun cukup bagus masih bisa dibaca. Dengan cara ini kita tidak perlu menyimpan gambar dengan jumlah banyak, cukup satu gambar saja. Untuk smartphone lain seperti Samsung, Oppo, Advan, Nokia, Motorola jika tidak bisa tanpa aplikasi maka perlu anda menggunakan aplikasi pihak ketiga supaya bisa juga.

Cara Screenshot status atau percakapan Panjang dengan Aplikasi Android :
  • Silahkan sobat instal dulu aplikasi Scroll Capture di Play Store.
  • Buka halaman web atau percakapan yang inggin di screenshoot lalu tekan Capture.
  • File SS dalam bentuk gambar JPG atau PNG tersimpan di folder Screenshot memori sobat.

Itulah cara Screenshot Panjang di Android tanpa Aplikasi atau bisa juga dengan Aplikasi. Silahkan sobat coba sendiri dan lihat hasilnya. Mungkin untuk Screenshoot biasa sobat sudah bisa mengoperasikannya bukan... Cukup menekan tombol Power dan tombol di tenggah bawah maka secara otomatis gambar tersimpan. Seelamat mencoba dan jika masih ada yang kurang jelas sobat bisa bertanya di kolom komentar.
Buka Komentar