Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sinyal XL Hilang tiba tiba | berikut 5 cara mengatasinya dengan cepat

Cara mengatasi sinyal XL yang hilang. Selain tidak bisa Telpon, SMS, jaringan internetnya pun tidak bisa digunakan. Untuk mengatasi masalah tersebut seringkali pengguna smartphone menyalahkan Jaringan yang selalu mengalami gamguan. Masalah internet yang lemot atau tiba tiba hilang sebenarnya dikarenakan masalah masalah yang mudah dan sering anda lakukan.

Bagi anda yang setia menggunakan internet dengan kartu XL sudah pasti tidak inggin meninggalkan. Terlebih lagi Promo kuota internet XL selalu ada dan harganya terbilang murah. Tetapi ada yang menjadi masalah di saat asik browsing di google atau sedang menonton Vidio di Youtube tiba tiba jaringan hilang. Masalah ini sering terjadi di daerah pegunungan atau sedang berada di dalam gedung.

Internet XL bukan hanya di gunakan HP Android saja tetapi bisa juga digunakan untuk Modem dan di hubungkan ke komputer. Saat ini jaringan terbaik adalah Jaringan LTE (4G) dimana belum lama ini hadir. Sebelumnya yang menjadi idola adalah jaringan H+ atau 3G dan jika tidak ada bisa mengunakan jaringan 2G. Lalu bagaimana cara mengatasi jaringan internet XL yang tiba tiba hilang, berikut tips mengatasinya.

5 Cara mengatasi sinyal XL yang tiba tiba hilang dengan cepat

1. Restart, Mode Pesawat atau Matikan Jaringan Internet

Langkah pertama yang paling efektif untuk menampilkan sinyal XL lagi adalah melakukan Restart handphone anda. Jika anda tidak inggin melakukan itu bisa mencoba menggunakan Mode Pesawat lalu mengaktifkan kembali. Bisa juga mematikan jaringan internet dan saat anda aktifkan kembali maka Jaringan XL akan mencari jaringan baru.

Cara merestart smartphone pasti anda sudah tau bukan. Ada tombol untuk mematikan HP, tekan lama maka akan ada pilihan Restart (Mulai Lagi). Anda bisa juga memilih Daya Mati (Shut Down) tetapi untuk mengaktifkan kembali anda harus menekan lama tombol tadi. Untuk Mode Pesawat atau mematikan jaringan internet anda cukup mengusap layar HP dari atas maka akan ada pilihan di sana.

2. Memilih jaringan LTE (4G), 3G atau 2G

Melakukan pemilihan jaringan signal XL yang tepat sesuai di daerah anda adalah cara tepat untuk memaksimalkannya. Memang benar di saat anda memilih jaringan 4G (Otomatis) maka jika tidak ada jaringan tersebut akan turun ke jaringan 3G tetapi menggunakan cara ini terkadang loading internet menjadi lemot. Pemanfaatan jaringan terkuat di sekitar lokasi tidak bisa kita maksimalkan.

Jika di daerah anda susah saat menggunakan sinyal 4G maka gunakan sinyal 3G saja. Dengan begitu internet yang anda gunakan akan semakin baik. Untuk penyettingan silahkan anda masuk ke Pengaturan >> Jaringan Selular >> Mode Jaringan >> Pilih jaringan yang sesuai. Untuk saat ini menggunakan jaringan H+ atau 3G lebih baik karena pengguna lain rata rata menggunakan jaringan 4G.

3. Cek Kartu XL yang terpasang

Kartu XL bergeser dari posisinya sehingga smartphone anda tidak bisa membaca kartu tersebut. Kejadian ini jarang terjadi jika anda tidak membuka batrai atau menganti kartu. Untuk memastikan anda bisa coba memeriksanya, apakah katu terpasang dengan baik atau tidak. Bisa jadi kartu XL kurang masuk pada lubangnya, terbalik ataupun anda lupa memasang Kartunya.

Periksa juga apakah kartu XL anda sudah di registrasi atau belum. Bisa jadi anda lupa mendaftarkan kartu sehingga kartu anda di blokir. Untuk Registrasi kartu XL anda bisa mengikuti cara berikut ini :
  • Pelangan Baru : Ketik DAFTAR#NIK#nomorKK (harus sesuai dengan yang tertera pada KK) kirim ke 4444
  • Pelangan Lama : Ketik ULANG#NIK#nomorKK (harus sesuai dengan yang tertera pada KK) kirim ke 4444

Cek APN (Access Point Names)

Seperti penjelasan di situs xl.co.id tentang bagaimana cara mengatasi masalah jaringan internet ?.. Berikut ini langkah yang harus anda lakukan :
  • Android terdapat di Setting > Mobile Network > Access Point Names.
  • iOS terdapat di Setting > Cellular > Cellular Data Network : APN.
  • BB OS 10 terdapat di Setting > Network Connection > Mobile Network > APN.
  • Windows Phone terdapat di Settings > Cellular > Add APN.
  • Gunakan APN “internet” tanpa username & password.
  • Apabila belum ada, maka buat APN dengan nama : internet,
  • Username dan Password dikosongkan, lalu Save.

Buat Laporan ke Forum XL

Cara terakhir adalah membuat laporan ke Forum XL dengan cara mengirim No HP, Tipe Smartphone yang anda gunakan dan alamat lengkap tempat tinggal saat ini. Selanjutnya silahkan anda tunggu beberapa hari, biasanya maksimal 3 hari akan ada laporan hasilnya. Cara ini anda lakukan apabila 4 cara di atas tidak berhasil dan tidak ada tanda tanda sinyal XL muncul.

Itulah 5 trik jitu mengembalikan sinyal XL yang tiba tiba hilang atau jaringan internet XL menjadi lemot. Jikapun tidak ada solusi dari cara di atas maka Kartu XL wajib anda ganti atau HP Android anda yang mengalami kerusakan. Bawa HP anda ke Counter terdekat apakah komponen sinyal HP dalam kondisi baik atau tidak. Selamat mencoba semoga berhasil dan jika belum jelas silahkan bertanya di kolom komentar.