Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadwal menulis di BLOG yang baik untuk Kesehatan dan banyak IDE

Selamat pagi sobat Blogger di seluruh tanah air Indonesia, apa kabarnya nich ??? Mudah mudahan sehat ya... Kesehatan merupakan dasar utama kita melakukan aktivitas dan menunjang lebih Produktif untuk membuat gagasan baru. Seperti saat ini yang saya tekuni di dunia blogger yang penuh dengan tuntutan untuk membuat IDE baru dalam sebuah tulisan.


Seorang blogger identik dengan aktifitas malam untuk menjalankan kegiatannya dan apakah itu baik untuk Kesehatan ? Malam hari adalah waktu yang tepat untuk membuat sebuah Tulisan karena ketenangan terdapat disana tetapi aktifitas malam cukup mempengaruhi kesehatan anda apabila tidak bisa mengatur waktu dengan baik.

Awal membangun blog mastimon.com pada waktu itu saya masih bekerja di Perusahaan Tambang Batu Bara dan aktivitas blogging saya lakukan pada malam hari. Karna asiknya membuat tulisan hingga lupa waktu sampai jam 12.00 malam. Besok paginya sungguh rasa malas untuk pergi bekerja timbul dan akhirnya membuat Konsentrasi Pekerjaan di dunia nyata tergangu.


Aktifitas inilah yang harus dirubah supaya Kesehatan anda lebih terjaga dan bisa terus menulis setiap hari dengan baik. Mungkin satu hari anda bisa membuat lebih dari 5 artikel tetapi apakah besok hari anda masih bisa membuat 5 artikel yang sama. Pertanyaan itu selalu ada dalam pikiran saya karena Konsistensi dalam menulis dibutuhkan supaya blog tetap stabil.

Mencoba menghubungi beberapa mastah Blogger yang ada di Internet dan Facebook. Seperti yang saya perhatikan di Group Facebook "BLOGGER INDONESIA" rata rata di sana masih banyak yang tahap belajar seperti saya jadi susah saya mendapatkan orang yang benar benar master disana. Ngak tau apakah mereka pura pura jadi Newbie semua ???

Akhirnya saya mendapatkan akun Facebook bang Max Manroe. Saya adalah salah satu pengemar beliau karena keramahannya dalam menjawab semua pertanyaan saya. Salah satu yang membangkitkan semangat saya ngeblog dan terus menulis adalah Cara dia membuat Tulisan Blog dengan menentukan waktunya.


Bang Max Manroe menyarankan saya untuk membuat Jadwal Menulis pada jam tertentu supaya keteraturan Postingan Blog tetap terjaga. Caranya bagaimana untuk seorang Blogger yang masih bekerja di Perusahaan dan yang sudah Full menjadi Penulis Blogger ??? Dari hasil percakapan kami maka saya membuat sebuah kesimpulan seperti dibawah ini.

Jadwal menulis BLOG untuk anda yang masih bekerja di Perusahaan.

Bagi anda yang masih bekerja pada sebuah Perusahaan Swasta ataupun Negri maka untuk tetap dapat menulis di blog secara rutin setiap hari anda bisa mengikuti Tips yang saya buat dibawah ini. Tips ini saya lakukan saat masih bekerja di Perusahaan Swasta dan terbukti Sukses menghantarkan saya untuk keluar dari Perusahaan tersebut.

Cara Pertama : Bekerja di Perusahaan antara jam 07.00 s/d 19.00. Gunakan Waktu menulis anda pada saat bangun Pagi yaitu pada Pukul 05.00 (Sekalian Sholat Subuh pagi umat Islam dan DOA Pagi bagi umat Kristen). Walaupun hanya mendapatkan satu artikel tetapi jika rutin anda lakukan maka cukup baik untuk Performa blog anda.

Cara Kedua : Gunakan waktu menulis pada Jam 21.00 s/d 22.00 (Malam). Cukup 1 jam saja anda lakukan dan jangan lebih dari itu karena besok pagi anda harus berangkat bekerja. Pada jam 19.30 s/d 21.00 Gunakan waktu untuk istirahat sejenak bersama keluarga. Yang masih Jomblo bisa santai menonton televisi terlebih dahulu.

Cara Ketiga : Menulis menggunakan Handphone Android adalah cara yang paling ampuh saya lakukan saat bekerja. Disaat jam Istirahat siang saya gunakan waktu tersebut untuk menulis dan terkadang ada waktu dimana kita tidak ada pekerjaan sehingga daripada ngerumpi dengan teman kerja lebih baik menulis artikel yang bermanfaat.

Jadwal menulis BLOG untuk anda yang FULL menulis di rumah

Jika anda sudah menjadi Full Time penulis Blogger maka jangan senang dulu jika tidak mengikuti aturan kesehatan. Seseorang yang sudah Full Time menjadi penulis terkadang menyepelekan sehingga berakibat Fatal untuk Blog dan Kesehatan Penulis itu sendiri. Merasa bebas jadi para penulis memilih bekerja pada malam hari.

Saya tidak akan berbicara tentang Kesehatan saat bergadang pada malam hari. Anda sudah dewasa dan pasti sudah mengerti akibat melakukan hal tersebut. Mungkin untuk jangka pendek akan baik baik saja tetapi untuk Jangka Panjang akan mempengaruhi kualitas tulisan di Blog anda, mengapa ? Karena Produktivitas anda sudah terkuras habis.


Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa Jadwal menulis di Blogger menentukan kualitas tulisan yang kita buat. Seperti yang dilakukan bang Max Manroe selalu enjoy dan terlihat sehat orangnya. Beliau melakukan Penjadwalan untuk menulis dan itu dilakukannya pada Siang Hari karena beliau sudah tidak bekerja di Perusahaan (Full Time di Internet).

Lihat saja artikel yang dibuat bang Max Manroe selalu konsisten dengan 2 artikel setiap harinya. Tips inilah yang memotivasi saya supaya dapat terus menulis dan tidak kehilangan IDE. Waktu yang tepat untuk menulis pada siang hari anda bisa melihat beberapa Tips yang saya lakukan dibawah ini. Cara ini masih saya lakukan sampai sekarang dan Puji Tuhan berhasil.

Cara Pertama : Bangun pagi seperti biasa jam 05.00 Pagi lakukan DOA Pagi atau Sholat Subuh terlebih dahulu. Pada pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk menulis karena Pikiran kita saat ini masih Fressh belum di isi oleh permasalahan dunia. Buat tulisan 1 atau 2 artikel saja sampai jam 10.00 Pagi. Selebihnya gunakan waktu untuk Keluarga dan bisa juga membuat aktifitas lain.

Cara Kedua : Jika di pagi hari anda malas untuk bangun pagi maka anda bisa mencoba menulis di Jam 13.00 s/d 17.00 Siang. Pagi hari anda bisa melakukan aktifitas lain seperti memelihara ayam, membersihkan rumah atau mempersiapkan si kecil untuk berangkat sekolah. Sedangkan sore sampai malam gunakan untuk Keluarga dan bersantai supaya Pikiran kita tetap Fresh untuk menulis esok hari.

Cara Ketiga : Ada beberapa orang yang hanya bisa memiliki ide pada malam hari jadi Jadwal menulisnya bisa anda buat pada pukul 19.00 s/d 23.00. Siang hari bisa melakukan aktifitas Promosi di media sosial Facebook, Instagram, Twitter menggunakan Handphone Android. Jangan melakukan penulisan blog lebih dari jam 23.00 karena itu tidak baik untuk kesehatan anda.

Cara Keempat : Menulis melalui Handphone Android saya lakukan saat sedang melakukan aktifitas jalan jalan di luar. Terkadang ide menulis itu muncul saat sedang menunggu antrian di Bank atau antrian saat mencetak sebuah Kalender di Percetakan. Saat itulah moment yang baik untuk membuat Judul artikel dan menulisnya. Jangan langsung Publikasikan karena biasanya menulis melalui HP banyak terjadi kesalahan Penulisan.

Sebenarnya jadi penulis Blogger itu Flexibel tidak ditentukan oleh waktu seperti orang bekerja di sebuah Perusahaan. Jadi anda bisa mengatur sedemikian rupa supaya tetap berjalan bersamaan dengan aktifitas lainnya. Pembuatan Jadwal menulis inilah yang akan membiasakan anda untuk terus berkarya. Percayalah IDE menulis itu muncul karena anda terbiasa melakukannya.