Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Makanan untuk penderita TIPES agar cepat sembuh

Khusus untuk tipes, bagian tubuh yang mengalami gangguan terutama terfokus pada saluran cerna, khususnya usus halus. Oleh sebab itu, ada banyak anjuran dan pantangan makanan untuk penderita tipes. Selain obat-obatan yang dianjurkan dokter. Apa saja makanan yang tepat untuk penderita tipes? Simak selengkapnya berikut ini.


Prinsip Memilih Makanan untuk Penderita Tipes. Makanan berkalori tinggi merupakan jenis makanan yang paling direkomendasikan bagi para penderita tipes. Mengapa? karena makanan berkalori tinggi mampu diolah dengan cepat oleh tubuh menjadi energi sekaligus membantu berat badan agar tetap stabil.

Selain itu, konsumsi pula jenis makanan yang kaya protein dan berserat halus. Hindari makanan yang mengandung serat tinggi, makanan pedas, dan berlemak karena sulit dicerna dan dapat mengiritasi usus yang sudah meradang. Baca juga : Memahami Jus untuk Kesehatan dan Berat Badan.

Berikut anjuran makanan untuk penderita tipes agar sembuh lebih cepat :

1. Bubur

Bubur merupakan salah satu makanan untuk penderita tipes yang paling banyak direkomendasikan. Mengingat teksturnya yang halus dan mudah dicerna sehingga tidak memberatkan kerja sistem pencernaan, terutama usus.

Agar lebih menggugah selera, sajikan bubur dengan kaldu ayam, kecap manis, kacang kedelai dan sedikit suwiran dada ayam rebus. Baca juga : 7 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan.

2. Nasi

Apabila penderita kurang selera dengan menu bubur yang disajikan, maka tak ada salahnya untuk mengonsumsi nasi. Nasi merupakan jenis karbohidrat sederhana yang tentunya memiliki kalori tinggi sehingga dapat memberikan energi instan bagi penderita agar lebih kuat dalam melawan penyakit tipes.

Ada baiknya nasi yang akan disajikan memiliki tekstur yang lebih lembut dari biasanya. Disarankan untuk mengolahnya menjadi nasi tim yang berisi kaldu ayam, telur rebus, jamur merang, bawang putih dan bawang bombay, jahe serta dada ayam yang di potong dadu agar mendapatkan gizi yang lengkap.

3. Kentang Tumbuk

Kentang tumbuk atau mashed potato sangat pas bila disajikan sebagai menu makanan untuk penderita tipes. Di dalam kentang tumbuk terdapat beberapa nutrisi atau gizi penting yang bisa didapatkan dari bahan dasarnya seperti susu, beberapa sayuran dan rempah serta dari kentang sendiri yang mengandung karbohidrat tinggi.

4. Puding

Agar menu makanan penderita tipes lebih bervariasi, masukkan puding ke dalamnya. Puding memiliki tekstur yang lembut serta mudah dicerna. Kandungan gula pada puding juga dapat dijadikan sumber tenaga, terlebih bila puding diolah dengan susu dan campuran buah seperti cranberry atau alpukat. Selain dapat mengundang nafsu makan, nutrisnya pun sangat bermanfaat bagi penderita.

5. Ikan

Ikan kaya akan kandungan protein hewani yang sangat mudah dicerna dan mampu mendongkrak energi. Beberapa ikan laut seperti salmon, tuna dan makarel kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan, sehingga akan sangat berpengaruh terhadap pemulihan kesehatan penderita tipes.

Olah lah ikan dengan cara di rebus, di tim atau di pepes dengan tambahan beberapa rempah-rempah agar nutrisinya semakin lengkap. Baca juga : Tips cepat sembuhkan bayi dari PILEK dengan daun SIRIH.

6. Telur

Telur dikenal sebagai salah satu sumber protein yang sangat tinggi. Bukan itu saja, telur juga merupakan sumber makanan yang padat gizi, diantaranya seperti kalsium, mineral, zat besi, asam amino esensial dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai kandungannya tersebut, maka tak heran apabila telur termasuk salah satu makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita tipes. Sebelum disajikan, telur dapat di olah dengan cara di rebus, di dadar atau di orak arik dengan campuran sedikit minyak zaitun atau minyak wijen.

7. Dada Ayam

Dibandingkan daging sapi, daging ayam terutama bagian dada lebih rendah lemak dan memiliki serat yang lebih halus, sehingga lebih cocok dikonsumsi oleh penderita tipes. Dada ayam rebus yang di suwir atau di potong dadu dapat dijadikan pelengkap dari menu utama makanan untuk penderita tipes seperti bubur, nasi dan kentang tumbuk.

Satu porsi dada ayam mengandung protein sekitar 25 gram, kalori sebesar 170 Kkal dan ditambah dengan kandungan zat besinya yang mampu mencukupi 4% dari nilai harian zat besi yang direkomendasikan.

8. Pisang

Pisang berkhasiat dalam membantu meredakan gejala demam dan diare yang dialami oleh penderita tipes, berkat senyawa pektin didalamnya. Di samping itu, kandungan potasiumnya yang tinggi mampu menggantikan elektrolit tubuh yang hilang.

9. Cranberry

Buah cranberry merupakan jenis buah yang termasuk dalam keluarga beri-berian. Buah ini bersifat anti-bakteri berkat berbagai senyawa antioksidan dan nutrisi penting didalamnya, sehingga dapat diandalkan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Rasanya yang menyegarkan sangat cocok dikonsumsi baik secara langsung atau di olah menjadi jus cranberry yang menyehatkan. Baca Juga : Penyebab dan Pengobatan penyakit Sipilis pada Pria dan Wanita.

10. Alpukat

Buah yang satu ini tergolong salah satu superfood. Bagaimana tidak, berbekal kandungan serat, antioksidan, vitamin, mineral dan lemak baik didalamnya, buah alpukat seringkali direkomendasikan sebagai obat herbal untuk membantu mengobati berbagai penyakit, termasuk tipes.

Menambahkan alpukat ke dalam menu makanan untuk penderita tipes menjadi salah satu pilihan cerdas guna mempercepat penyembuhan.

11. Wortel

Wortel kaya akan kandungan beta-karoten yang tak hanya berdampak positif bagi kesehatan mata, namun mampu mempertahankan kekebalan tubuh sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan. Bahkan, kandungan falcarinol di dalam wortel kabarnya mampu melawan sel kanker terutama kanker usus.

Cobalah untuk mengolah sayuran satu ini dengan cara dipanggang, karena konon wortel panggang mengandung antioksidan yang lebih tinggi hingga 3 kali lipat dibandingkan dengan wortel mentah.

12. Buncis

Kandungan serat dalam buncis tidak terlalu tinggi sehingga tidak akan membebani kerja usus dan saluran cerna lainnya. Selain itu, buncis juga mampu meningkatkan imunitas karena merupakan sumber flavonoid dan karotenoid yang bertindak sebagai senyawa antioksidan.

13. Bayam

Bayam menjadi salah satu asupan penting yang tak bisa dikesampingkan kehadirannya. Sebab sayuran yang satu ini sarat akan zat besi, asam folat, vitamin K, vitamin C, lutein dan antioksidan yang kesemuanya memiliki andil besar dalam membantu mengatasi penyakit tipes.

Pilihlah bayam segar dengan daun yang masih muda, kemudian olah lah dengan cara direbus sebagai teman makan nasi tim atau kentang tumbuk.

14. Cengkeh

Cengkeh juga bermanfaat untuk mengobati tipes atau demam tifoid karena memiliki sifat antibakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab. Khasiatnya semakin bertambah, sebab cengkeh dapat membantu mengurangi muntah dan diare, yang merupakan dua gejala umum penyakit tipes.

Itulah 14 Makanan yang sangat bermanfaat buat anda sekalian yang sedang menderita sakit Tipes. Dengan mengkonsumsi secara rutin maka tingkat kesembuhan anda akan lebih besar. Anda juga bisa membaca beberapa Tips kesehatan di blog BangAdjie.Com. Semoga informasi ini bermanfaat dan anda cepat sembuh.