Hasil sidang Ahok sementara sampai hari ini 3 Januari 2017 | 16 Saksi dihadirkan

Hasil sidang Ahok sementara sampai hari ini 3 Januari 2017 | 16 Saksi dihadirkan

Hasil sidang Ahok sementara sampai hari ini 3 Januari 2017 | 16 Saksi dihadirkan

Sidang perkara yang di alami Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sudah memasuki sidang keempat dimana masing masing pelapor dan terlapor sudah menyampaikan semua materi di Persidangan. Pada hari ini 03/01/2017 kembali Sidang Perkara Ahok tentang penistaan agama digelar untuk mendengarkan keterangan saksi. Seperti diberitakan bahwa : Sidang Ahok ke 4 digelar tanggal 3 Januari 2017 menghadirkan 16 saksi, banyak juga ya !!! jadi bagaimana hasil sidang ahok pada pagi ini, terus pantau dan ikuti perkembangannya di mastimon.com.

Jelang Sidang Ahok di Gedung Kementan, 2 Kelompok Massa Berkumpul

Terdakwa Basuki Tjahja Purnama (Ahok) akan menjalani sidang dengan agenda mendengarkan keterangan saksi dari jaksa. Jelang sidang, massa pendukung dari dua belah pihak yang berperkara di sidang telah berkumpul di depan gedung Kementerian Pertanian (Kementan).

Pantuan detikcom, Senin (3/1/2017) pukul 5.45 WIB, dua massa yang terdiri kelompok pro-Ahok dan massa yang berasal dari GNPF MUI telah datang. Massa pro-Ahok terlihat mengenakan baju kotak-kotak. Sementara massa GNPF MUI banyak yang mengenakan baju berwarna putih.

Massa pro-Ahok berada di sebelah kiri gedung dan massa GNPF berada di sebelah kanan. Kedua massa ini dipisahkan kendaraan barracuda dan kendaraan kepolisian. Pemisahan ini dilakukan agar kedua kelompok tidak bertemu.

Persidangan Ahok rencananya akan digelar di auditorium Kementan, Jalan RM Harsono, Jakarta Selatan. Sidang akan dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Sementara itu, arus lalu lintas dari Mampang menuju Ragunan yang melintasi depan gedung Kementan telah ditutup oleh pihak kepolisian. Hanya jalur TransJakarta yang masih beroperasi. Ratusan anggota polisi juga terlihat berjaga-jaga dan penjagaan ketat dilakukan di sekitar gedung Kementan.

Hingga saat ini, akses menuju lokasi sidang belum dibuka oleh polisi. Hanya orang orang yang mengenakan name tag yang boleh memasuki ruang sidang.

Sebelumnya, Kapolres Jakarta Selatan Kombes Iwan Kurniawan mengatakan pelaksanaan demonstrasi hanya akan diperbolehkan di bagian depan Gedung Kementan. Pihaknya juga telah mengatur pihak-pihak yang akan melakukan demonstrasi, termasuk orang-orang yang akan diperbolehkan masuk ke dalam ruang sidang.

"Yang masuk sudah diatur. Bagi yang memiliki name tag (tanda nama) itu sudah bisa masuk ke dalam gedung, kami akan koordinir semua dan malam hari ini seluruh kegiatan pengamanan baik itu peralatan dan persiapan pengamanan kita lakukan terutama ruangan sidang sudah kita lakukan sterilisasi," terangnya.

"Kita sudah amankan tidak ada yang bisa masuk dan kita buka pukul 08.00 WIB," tambahnya.

Iwan menyebutkan kapasitas yang dapat ditampung di dalam ruang sidang berjumlah 80 orang. Dari jumlah itu, kedua kelompok massa akan mendapatkan kursi jika memiliki name tag.

"Begitu juga yang di luar, di luar dibuat sistem pengamanan sama. Masing-masing pihak ada areanya sendiri dan nanti akan dipisahkan dengan personel pengamanan," kata Iwan.

Habiburokhman: Kesaksian Novel cs Via YouTube Tetap Bernilai

Ketua FPI DKI Jakarta Novel Bamukmin bersaksi dalam sidang kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Meski pengacara Ahok mengkritik para saksi dari pihak jaksa pagi ini tak melihat langsung pidato kontroversial Ahok pada 27 September lalu, pihak pengacara Novel menilai kesaksian lewat YouTube tak kalah dengan kesaksian langsung.

"Argumentasi penasihat hukum Ahok sangat tidak tepat. Kesaksian Habib Novel cs via YouTube tetap sangat bernilai," kata pengacara Novel, Habiburokhman, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/1/2017).

Dia menilai argumentasi pihak pengacara Ahok yang meremehkan kesaksian via video hanyalah argumentasi yang diulang-ulang. Kenyataannya, rekaman video itu justru di-upload oleh Pemerintah Provinsi DKI, dan itu adalah video resmi.

"Kesaksian tersebut tetap bernilai karena video yang menjadi acuan Habib Novel adalah hasil rekaman yang di-upload di Pemprov DKI Jakarta secara resmi, yang saat ini juga sudah dijadikan sebagai barang bukti. Jadi ada kesesuaian keterangan Habib Novel dengan alat bukti rekaman," tutur Habiburokhman.

Apalagi tak ada pemotongan adegan di video itu. Habiburokhman menilai apa yang disampaikan Ahok di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, kala itu bisa dengan mudah dipahami oleh keenam saksi yang hadir dalam sidang hari ini.

"Yang terpenting, Ahok sendiri tidak pernah membantah isi pidato yang beredar di YouTube tersebut. Selama ini Ahok hanya menyatakan tidak bermaksud menodai agama," ujar politikus Partai Gerindra ini. news.detik.com

Usai Sidang, Ahok Sesumbar Hendak Penjarakan Habib Novel

Usai persidangan bahwa apabila sampai kesaksian Habib Novel Bamukmin itu palsu, Ahok meminta agar Habib Novel dipenjarakan selama 7 tahun. Ahok mengatakan, di dalam persidangan dugaan kasus penistaan agama yang keempat kalinya itu, dia sempat tertawa saat tahu adanya kesalahan data diri salah satu saksi, yakni saksi Habib Novel Bamukmin. Padahal, semua data diri itu sudah ditandatangani saksi dan dianggap benar adanya.

"Ada saksi yang malu kerja di pizza hut tapi sengaja diubah jadi fitza hets (tulisannya). Dia bilangnya tak memperhatikan," ujarnya, usai sidang di Auditorium Kementan, Jaksel, Selasa (3/1/2017).

Menurutnya, dia berfikir Habib Novel mengubah data diri tempatnya bekerja itu karena Novel merasa malu bekerja di Pizza Hut. Sebab, Pizza Hut milik perusahaan Amerika sehingga sengaja ditulis Fitza hets.

Adapun Ahok menambahkan, adapun soal keterangan Habib Novel yang mengaku-aku menerima telepon dari warga Kepulauan Seribu pada 27 September 2016 lalu dan bercerita pada Habib Novel, kalau pidatonya itu disebut warga Kepulauan Seribu menistakan agama. Dia pun akan mengajukan ke provider telepon untuk melacak kebenarannya.

Pelacakan itu untuk membuktikan apakah benar warga Kepulauan Seribu itu berkata Ahok telah menistakan agama. Sebab, Habib Novel mengaku di persidangan kalau percakapan dan pesan soal curhatan warga Kepulauan Seribu itu telah dihapus.

"Ini saksi atas nama Habib Novel dan menuduh saya membunuh 2 anak buahnya juga. Kalau ketahuan kesaksiannya itu palsu, saya harap dia dipenjara 7 tahun," tuturnya.

Sidang dugaan kasus penistaan agama yang keempat kalinya itu telah selesai digelar di Auditorim Kementan. Sidang akan dilanjutkan kembali dengan agenda masih mendengarkan saksi dari pelapor yang tak hadir di persidangan kali ini. Rencananya, sidang kelima itu digelar pada 10 Januari 2017 mendatang. metro.sindonews.com

Hasil sidang ahok pagi ini hasil sidang ahok siang ini hasil sidang ahok sore ini hasil sidang ahok malam ini hasil akhir sidang ahok hasil sementara sidang ahok 3 des 2017 sidang ahok 3/1/2017 sidang ahok 03/01/2017 sidang ahok 3-1-2017. Ahok apakah di penjara atau Ahok bebas dari jeratan perkara penistaan agama ini, simpan Link ini karena akan kami update terus hasil sidang ahok dari berbagai sumber.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar