Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat Mail Merge di Microsoft Word dengan mudah

Belajar Ms Office terbilang tidak ada habisnya. Dengan perbaikan dan pembaharuan bentuk dan susunan menu dalam Microsoft Office membuat anda ketingalan jika tidak mengikuti Produk Microsoft Office yang terbaru. Ms Office terdiri dari Microsoft Office Acces, Microsoft Office Exel, Microsoft Office Word, Microsoft Office Power Point, Microsoft Office Publisher, Microsoft Office Outlook dll.

Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana sih membuat Mail Merge dalam Ms Word dengan mudah. Pada dasarnya semua Ms Word 2003, Ms Word 2007, Ms Word 2010 dan mungkin ada Ms Word 2016 dan 2017 adalah sama, hanya saja berbeda penempatan di menu. Tutorial ini saya menggunakan Ms Office Word 2007 jadi bagi sahabat yang mengunakan Ms Word 2007 pasti sama tampilannya.

Lihat Juga : Cara rubah file Word 2010, 2007 ke versi Word 97-2003 Dokumen

Para pekerja kantoran, Staff Administrasi utamanya pasti mengunakan Aplikasi ini maka anda sebagai seorang Staff Administrasi wajib bisa mengoperasikan Mail Marge. Jika menguasai keahlian ini maka banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan secara singkat. Bahkan berdasarkan pengalaman saya bisa di buat Report atau Laporan dengan cepat saat di ekspor ke Ms Exel.

Mail Merge adalah Fasilitas yang ada di Microsoft Office Word yang di gunakan untuk menulis surat ke beberapa orang tetapi tetap dengan isi surat yang sama. Contohnya seperti penulisan Nama dan Alamat di setiap Amplop tujuan yang berbeda. Dengan ini akan lebih mempermudahkan kita membuat database Nama atau Database Cuti Karyawan, Kontrak Karyawan dll.

Pekerjaan saya saat ini sebagai staff HRD di Perusahaan Batu Bara, karena dengan manpower yang sedikit saya harus memaksimalkan Semua Pekerjaan dengan baik. Salah satu yang saya lakukan adalah membuat Database Cuti, Kontrak Karyawan, SK Karyawan dan surat surat lainya dengan menggunakan Ms Word yang conek atau ngelink dengan Ms Acces.

Cara Membuat Mail Merge dengan Mudah

- Buka Microsoft Office Word
- Klik Mailings pada menu di atas
- Klik Star Mail Merge pada menu di atas
- Klik Step by Step Mail Merge pada menu di atas
- Klik Next : Starting Document di samping kanan bawah
- Conteng Use The Current Document di kanan atas
- Klik Next Select Recipients di samping kanan bawah
- Conteng Type a new list di samping kanan atas
- Klik Create dibawahnya
- Yang lebih Cepat : Klik Select Recipients di atas
- Klik Type new list
- Sama bukan tampilannya
- Tampilan New Address List klik Customize Columns

- Akan tanpil Customize Address List
https://www.mastimon.com/2018/03/cara-buat-pasfoto-ukuran-2x3-3x4-dan.html

- Edit semua Field Names berdasarkan kebutuhan
- Jika sudah Klik New Entry dan isi datanya

- Klik OK dan Simpan Database Acess anda
- Jangan Lupa simpan juga File Word di Folder yang sama
- Selesai

Cara mengoperasikan Mail Merge di Ms Word dengan cepat

- Buka File Ms Word yang sudah anda simpan tadi

- Klik Yes untuk mengconeckan dengan Databae Ms Acess
- Klik Mailings dan terlihat menu aktif semua

- Klik Edit Receipent List
- Klik Data Source yang ada di bawah
- Klik Edit
- Lembar Pengimputan bisa di tambahkan
- Selesai

Baca Juga : Cara buat Struktur Organisasi menggunakan Ms Word dan Exel dengan cepat

Dengan pengunaan Mail Merge maka anda akan di mudahkan dalam setiap pekerjaan dalam pembuatan laporan dari File tersebut. Cukup anda membuka Database di File Acess maka anda bisa mengcopy seluruh data ke Ms Exel dan buatlah laporan sesuai kebutuhan dengan cepat. Mudah bukan cara membuatnya, Selamat Mencoba dan apabila mengalami Kesulitan silahkan isi di Kolom komentar nanti saya akan coba bantu.

Anda bisa juga belajar Ms Office terbaru yaitu yang versi 2013. Fiturnya sedikit berbeda tetapi caranya sama jadi silahkan anda sesuaikan. Jika inggin belajar lebih lanjut silahkan berkunjung ke situs andrikkusniawan.com. Teruslah belajar karena ilmu tidak mengenal usia dan perkembangan Teknologi semakin menuntut kita untuk mengetahuinya, Terimakasih.