Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Silabus? Pahami Pengertian, Manfaat Beserta Komponennya yang Perlu Diketahui

Mastimon.com - Sebagai seorang guru, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Silabus bukan? Ya, silabus sendiri merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang wajib dimiliki oleh seorang guru. Perannya begitu penting untuk seorang guru bisa menjalankan kegiatan pembelajaran dengan tepat. Lantas, yang menjadi pertanyaan adalah apa itu silabus? Nah, kita akan belajar memahami pengertian, manfaat beserta komponennya yang perlu kita ketahui.

Dijaman sekarang, meskipun silabus ini cukup penting, nyatanya banyak guru belum memahami atau mengerti sepenuhnya bagaimana membuat silabus secara sistematis yang bermanfaat untuk memudahkan dalam pencapaian kompetensi dasar di pendidikan. Apakah Anda seorang guru? atau tenaga pendidik? atau sebagai orang yang saat ini sedang bekerja dalam dunia pendidikan?

Pastikan Anda mengetahui dan memahami informasi dasar mengenai silabus ini. Karena ini akan sangat bermanfaat untuk proses pembelajaran yang baik dan sukses. Khususnya sebelum melaksanakan proses pembelajaran dikelas, guru harus memiliki perangkat pembelajaran. Dan hal ini sudah disusun berdasarkan Permendikbud No.22 tahun 2016.

Nah, tanpa basa basi lagi, mari kita bahas apa itu silabus, pengertian, manfaat beserta komponennya yang perlu Anda ketahui pada informasi di bawah ini. Yuk mari kita simak.

Apa itu Silabus? Pahami Pengertian, Manfaat Beserta Komponennya yang Perlu Diketahui


Pengertian Silabus

Silabus memiliki pengertian sebagai suatu komponen perangkat pembelajaran yang dibuat oleh pihak guru sesuai dengan mata pelajaran yang diambil dan dengan tema tertentu. Biasanya silabus mencangkup garis besar atau ringkasan materi pelajaran. Terdapat juga penjabaran lebih lanjut terkait kemampuan dasar dan standar kompetensi yang ingin dicapai atau dipelajari oleh para siswa dan siswi sesuai prosedur pembelajaran.

Nah, penjabaran dari rancangan silabus ini akan dikembangkan dalam bentuk RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibandingkan dengan silabus sistem penerapannya lebih singkat. Jadi dari pernyataan ini kita bisa simpulkan kalau silabus adalah rancangan program pembelajaran yang berfungsi sebagai acuan untuk pengembangan RPP dan untuk mencapai kompetensi dasar.

Manfaat Silabus

Manfaat silabus tidak hanya untuk mempermudah seorang guru dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pengajar. Namun, ada sederetan manfaat yang bisa di dapat dari penerapan Silabus ini. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Sebagai pedoman untuk mengembangkan berbagai tahapan pembelajaran sehingga bisa berjalan secara teratur dan sistematis. Mulai dari perencanaan, mengelola aktivitas atau semua kegiatan pembelajaran sampai dengan memberikan penilaian.
  2. Memudahkan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang kerap kita sebut dengan RPP sebagai tindak pembelajaran lebih lanjut.
  3. Silabus berperan penting untuk memberikan manfaat dalam kegiatan belajar secara klasikal, kelompok kecil maupun pembelajaran mandiri atau yang dilakukan secara individual.
  4. Silabus digunakan oleh para guru sebagai sarana untuk memetakan indikator pencapaian semua siswa dan siswi.

Komponen Pengembangan Silabus

Bagi sekolah yang menerapkan kurikulum 2013, maka komponen yang harus diketahui beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Identifikasi berisi identitas yakni nama satuan atau lembaga, bidang study atau mata pelajaran, serta tingkat, derajat, atau kelas.
  • Standar kompetensi berisi acuan tentang pengetahuan, keterampilan serta sikap yang harus dimiliki oleh seorang siswa atau siswi dalam melaksanakan atau mengerjakan tugas sesuai dengan apa yang sudah ditentukan.
  • Kompetensi dasar berisi pengetahuan, sikap dan keterampilan dimana hal ini bersumber dari kompetensi inti yang masing masing peserta didik harus menguasainya.
  • Materi pokok berisi gambaran mengenai kompetensi utama. Dikelompokkan dalam aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik untuk mencapai soft skill dan hard skill.
  • Kegiatan belajar berisi rangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan oleh peserta didik secara berurutan sampai mencapai kompetensi dasar. Dalam hal ini peserta didik akan mendapatkan pengalaman belajar yang melibatkan fisik maupun emosi dimana ada interaksi antara para siswa dan siswi, pendidik dengan peserta didik, dengan lingkungan, dan berbagai sumber belajar lainnya dengan tujuan mencapai kompetensi.
  • Indikator berisi keterangan atau sebagai petunjuk yang bermanfaat sebagai tolak ukur untuk penguasaan peserta didik.
  • Alokasi waktu berisi perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk para siswa bisa menguasai kompetensi dasar.
  • Sumber/bahan/alat berisi rujukan, objek, atau bahan yang digunakan selama kegiatan pembelajaran. Bisa media tercetak maupun elektronik. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang apa itu silabus, memahami pengertian, manfaat beserta komponennya yang perlu Anda ketahui. Apakah sampai sini Anda sudah memahami seputar tentang silabus? Yuk perlengkapi semakin banyak pengetahuan Anda dengan informasi seputar pendidikan terbaru di Daringekonomi.com

Informasi mengenai pendidikan sangat penting untuk diketahui khususnya untuk para siswa siswi di sekolah. Semakin banyak informasi yang di dapat, maka semakin banyak pula pengetahuan yang bisa dimanfaatkan sekarang maupun untuk kehidupan di masa mendatang. Apalagi di jaman yang serba canggih ini, wadah informasi dan pengetahuan harus terus ada dan disalurkan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.