Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Mencari Provider Aplikasi Absensi Terbaik

Apakah saat ini perusahaan Anda sedang memiliki rencana untuk mengimplementasikan aplikasi absensi? Bagaimana, apakah Anda sudah mengetahui apa saja fitur yang perlu jadi pertimbangan dan bagaimana tips memilih provider terbaik? Jika belum, mari simak artikel di bawah ini!

Fitur yang Perlu Dipertimbangkan dalam Aplikasi Absensi


Anda memasuki era di mana saat ini vendor aplikasi absensi menawarkan berbagai fitur menarik kepada para calon kliennya.

Tapi, apakah semua fitur menarik tersebut benar-benar perusahaan butuhkan? Jawabannya belum tentu. Jadi, fitur seperti apa yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih aplikasi absensi? Mari simak penjelasannya berikut ini!

1. Absensi Real-time

Fitur pertama yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih aplikasi absen adalah kemampuannya dalam mencatat kehadiran karyawan secara real-time, di mana pun mereka berada.

Dengan fitur satu ini karyawan akan merasa dimudahkan dalam melakukan pencatatan kehadiran. Perusahaan pun dimudahkan dalam melacak jam kerja karyawan.

2. Aksesbilitas Multi-platform

Kemampuan lainnya yang harus jadi pertimbangan dalam aplikasi absensi adalah mampu untuk diakses dari berbagai perangkat, seperti smartphone, tablet, dan komputer.

Ini memang terlihat sederhana tapi fitur yang seperti ini akan memudahkan karyawan untuk mencatat kehadiran mereka di mana pun mereka berada.

3. Pengajuan Cuti dan Izin

Kehadiran karyawan tidak hanya mengenai clock-in dan clock-out. Tapi juga cuti dan izin yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan.

Maka dari itu, memiliki fitur pengajuan cuti dan izin adalah hal penting dalam aplikasi absen.

4. Pemantauan Lokasi Karyawan

Jika perusahaan Anda menerapkan sistem kerja hybrid atau Anda memiliki karyawan lapangan. Fitur pemantauan lokasi dengan GPS menjadi fitur penting yang perlu jadi pertimbangan ada di aplikasi absensi.

Hadirnya fitur ini akan membantu Anda mengetahui dimana lokasi karyawan saat mereka melakukan presensi.

Tips Memilih Aplikasi Absen Terbaik

Setelah Anda mengetahui fitur penting apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memilih aplikasi absensi, lalu bagaimanakah memilih aplikasi absen terbaik? Simak tipsnya berikut ini!

1. Identifikasi Kebutuhan

Langkah pertama adalah mengidentifikasi kebutuhan spesifik perusahaan Anda. Pertimbangkan hal-hal seperti:
  • Jumlah karyawan: Aplikasi absen online harus dapat menampung jumlah karyawan perusahaan Anda.
  • Lokasi karyawan: Apakah karyawan Anda bekerja di kantor, dari jarak jauh, atau di beberapa lokasi?

2. Evaluasi Ketersediaan Fitur

Tips berikutnya, coba tinjau segala fitur-fitur yang ditawarkan. Ketersediaan fitur ini sangat penting untuk memastikan bahwa aplikasi absen yang dipilih mampu untuk menjawab kebutuhan perusahaan.

Misalnya saja, aplikasi absen tersebut juga menyediakan ESS atau Employee Self Service yang memungkinkan karyawan secara mandiri mengelola data diri dan manajemen human resource-nya.

3. Baca Ulasan

Sebelum memilih aplikasi absen online, pastikan membaca ulasan-ulasan dari pengguna lain. Ini dapat membantu Anda mendapatkan gambaran tentang pro dan kontra dari setiap aplikasi.

4. Pertimbangkan Dukungan Pelanggan

Hal penting lainnya yang akan membantu Anda memilih aplikasi absen terbaik adalah dengan memastikan bahwa vendor menawarkan dukungan pelanggan yang baik. Anda harus dapat dengan mudah mendapatkan bantuan jika Anda mengalami masalah.

Nah, sekarang Anda telah mendapatkan informasi yang cukup untuk memilih aplikasi absensi dari provider terbaik!