Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Kalkulator untuk Hitung Jejak Karbon dan Fungsinya yang Harus Kamu Tahu

Mastimon.com - Tahukah Anda, banyak aktivitas harian yang kita lakukan setiap hari ternyata memiliki dampak terhadap lingkungan. Mulai dari polusi kendaraan, polusi pabrik, konsumsi listrik dan berbagai aktivitas lain mampu menghasilkan karbon sehingga memicunya terjadinya pemanasan global. Salah satu upaya untuk menekan emisi karbon tersebut adalah dengan hadirnya kalkulator jejak karbon di Indonesia.

Kalkulator jejak karbon adalah alat yang bisa digunakan untuk mengetahui jumlah emisi karbon. Anda bisa menghitung emisi untuk penggunaan peralatan elektronik, bahan bakar, kendaraan, listrik dan berbagai aktivitas lainnya. Nah, pernahkan Anda membayangkan bagaimana emisi dan jejak karbon dari berbagai aktivitas manusia sehari hari ternyata bisa dihitung? Ya, ini dilakukan baik untuk kegiatan sehari hari sampai dengan kegiatan operasional bisnis maupun industri loh.

Semakin tingginya jejak karbon atau jumlah karbon yang dihasilkan dari aktivitas manusia, maka akan semakin tinggi pula dampak negatifnya untuk bumi. Oleh sebab itu carbon trading mulai diterapkan di Indonesia sebagai strategi untuk menangani masalah emisi gas rumah kaca sekaligus memerangi pemanasan global.

Inilah Kalkulator untuk Hitung Jejak Karbon dan Fungsinya yang Harus Kamu Tahu


Kalau kalkulator jejak karbon berfungsi untuk menghitung atau mengetahui berapa banyaknya emisi karbon yang dihasilkan dari berbagai aktivitas atau kegiatan manusia sehari hari, maka carbon trading di Indonesia merupakan strategi yang digunakan untuk menangani emisi karbon tersebut. Konsep ini sendiri hadir sebagai salah satu upaya yang dilakukan untuk menurunkan emisi dan memerangi adanya pemanasan global dan segala dampaknya.

Tahukah Anda, carbon trading sendiri merupakan kegiatan atau aktivitas berupa jual beli karbon kredit. Dalam hal ini pihak pembeli menghasilkan emisi karbon yang telah melewati batas yang sudah ditetapkan. Apa tujuannya? Nah, skema ini mempunyai tujuan untuk meminimalkan jejak karbon bisnis sehingga bisa mencapai pengelolaan emisi yang dapat dikendalikan dengan lebih baik.

Dengan demikian latar belakang yang memicu munculnya sistem carbon trading ini bukan hanya sebagai solusi atau tanggapan yang diberikan terhadap krisis iklim yang terjadi, melainkan untuk manfaat yang lebih besar yakni juga sebagai strategi jangka panjang untuk menjaga keberlanjutan lingkungan global.

CXR atau singkatan dari Carbon X-change Rakyat telah menciptakan platform untuk membantu Anda dalam bidang perdagangan karbon ini dengan efesien. Dimana ia akan bergerak sebagai perantara antara pihak penjual dan pembeli. Dalam prosesnya CXR akan mengonversi dari proyek karbon yang terverifikasi menjadi token yang berikutnya akan bisa diperdagangkan. Maka, melalui CXR ini negara Indonesia sebenarnya dilihat dari kondisinya mempunyai potensi yang lebih besar dalam pasar karbon global sekaligus mampu menjaga keberlanjutan lingkungan.

Menariknya lagi, CXR telah bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia atau yang biasa kita kenal dengan singkatan BRI. Keduanya bekerjasama terkait dengan layanan finansial mereka. Sebagaimana yang kita tahu BRI adalah salah satu grup keuangan yang cukup besar di negara kita, Indonesia. Ia juga secara aktif turut mendukung inovasi yang berdampak positif kepada masyarakat dan lingkungan sehingga CXR BRI sangat cocok.

Patut diingat bahwa salah satu penyebab dari perubahan iklim dan suhu yang cukup ekstrem adalah adanya peningkatan pemanasan global. Sedangkan untuk pemanasan global dipengaruhi oleh meningkatnya konsentrasi emisi karbon pada atmosfer bumi. Jadi sudah seberapa banyak jejak karbon yang kamu hasilkan? Ini menjadi topik yang harus diperhatikan dengan serius dan segera ambil langkah langkah untuk mengurangi jejak karbon.

Uraian diatas membahas tentang kalkulator jejak karbon yang akan membantu Anda untuk menetapkan target pengurangan jejak karbon yang dihasilkan dari berbagai aktivitas atau kegiatan sehari hari yang dilakukan. Selanjutnya Anda bisa mengetahui cara penting untuk meminimalisir dampak negatif jejak karbon melalui carbon trading di Indonesia. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Sebagai kesimpulan, topik ini sudah menjadi suatu tantangan yang semakin serius dan telah menjadi perhatian utama bagi banyak negara khususnya negara kita, Indonesia. Oleh sebab itu, kita masing masing perlu mengetahui adanya sistem carbon trading ini yang tidak hanya meningkatkan profit bisnis namun untuk manfaat yang lebih baik lagi dalam mendukung pengurangan emisi. Semoga bermanfaat.