Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Arus Listrik dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari hari Masyarakat

Listrik sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang sekarang ini. Tanpa adanya listrik kehidupan bisa seolah seolah mati. Ya, semua orang membutuhkan listrik untuk bisa melakukan berbagai hal dalam kehidupan sehari hari. Lantas, apa itu arus listrik dan apa manfaat arus listrik dalam kehidupan sehari hari masyarakat dunia?

Coba bayangkan ketika arus listrik padam di daerah Anda selama beberapa jam saja, bagaimana perasaan Anda? Beberapa orang mungkin merasa hampa atau aktivitas yang seharusnya bisa dikerjakan dengan baik menjadi terhambat. Ini semua terjadi karena manusia sudah memiliki ketergantungan akan hadirnya listrik baik di lingkungan rumah atau tempat tinggal, tempat tempat umum, maupun lingkungan pekerjaan seperti kantor.

Kita mungkin saja tidak bisa membayangkan jika kita harus hidup di jaman dulu dimana pada saat itu belum ada listrik. Pasti kita harus berjuang keras untuk melakukan sesuatu. Ya, sejak pertama kali ditemukannya arus listrik oleh Michael Faraday, listrik sudah membawa perubahan yang sangat besar bagi masyarakat dunia termasuk kita secara pribadi.

Lantas, apa itu arus listrik? Dan bagaimana kehadirannya bisa mendatangkan manfaat dalam kehidupan sehari hari? Mari simak penjelasan terkait arus listrik selengkapnya pada uraian di bawah ini.

Mengenal Arus Listrik dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari hari Masyarakat


Apa itu Arus Listrik?

Arus listrik adalah suatu gelombang elektromagnetik atau dengan kata lain ini merupakan gelombang yang bisa menyebar meskipun tidak ada media perantara. Nah, gelombang elektromagnetik juga merupakan sebuah proses yang dapat terbentuk dari hasil perubahan medan magnet dan medan listrik yang terus menerus terjadi.

Cara Kerja Arus Listrik

Hasil dari proses perubahan medan magnet dan medan listrik yang terjadi tersebut menghasilkan arus yang kemudian kita kenal dengan sebutan arus listrik. Di daerah daerah besar misalnya, kita bisa dengan mudah menemui generator raksasa pada pusat pembangkit listrik, dari sinilah arus listrik dihasilkan. Nantinya arus listrik yang dihasilkan tersebut akan disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi atau juga dikenal dengan istilah sutet.

Dari sutet atau berupa jaringan jaringan kabel pada menara menara tinggi akan menuju ke gardu gardu penerima di berbagai wilayah atau daerah. Nah, dari gardu gardu penerima, arus listrik akan terus di salurkan ke tempat pemukiman warga atau rumah penduduk dan berbagai tempat tempat lainnya yang membutuhkan jangkauan aliran arus listrik seperti perusahaan, pabrik, rumah sakit, perhotelan, universitas, sekolah dan lain sebagainya.

Nah, arus listrik yang sudah diterima oleh setiap rumah selanjutnya akan disalurkan melalui kwh listrik dan diamankan oleh mcb di rumah kita lalu disalurkan lagi melalui instalasi rumah atau rangkaian kabel listrik di rumah kita.

Biasanya masyarakat menempatkan rangkaian kabel tersebut di atas plafon rumah sedemikian rupa kemudian dihubungkan ke tempat dudukan lampu atau dinding rumah untuk colokan listrik dan sakelar lalu menghubungkan berbagai alat elektronik yang digunakan.

Sebut saja beberapa peralatan elektronik yang membutuhkan aliran arus listrik adalah televisi, kulkas, kipas angin, lampu dan masih banyak lagi. Nah, rangkaian listrik yang ada dalam rumah rumah biasanya berupa rangkaian seri atau rangkaian paralel.

Apa itu Rangkaian Seri dan Paralel?

Rangkaian seri dan rangkaian paralel yang ada dirumah rumah merupakan jenis jenis instalasi listrik yang berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih komponen listrik sehingga bisa menjadi satu. Apa yang membedakan keduanya? Bisa diperhatikan kalau rangkaian seri disusun dengan sejajar atau bersambung sedangkan untuk rangkaian paralel disusun secara berderetan.

Supaya lebih memahaminya, Anda bisa lihat contoh rangkaian seri dimana adanya rangkaian baterai yang ada di sebuah senter ataupun lampu rumah yang apabila dinyalakan mereka akan bekerja secara bersama sama. Apabila terjadi kerusakan pada satu lampu, maka lampu lain juga ikut mati. Hal ini terjadi karena sumber listrik hanya ada satu kabel untuk menghidupkan semua rangkaian.

Sehingga manfaat rangkaian seri ini adalah mampu menghemat kabel atau pengantar listrik. Sedangkan untuk kelemahannya adalah jika satu kabel putus maka semua rangkaian kabel juga akan ikut putus. Berbeda halnya dengan rangkaian paralel.

Untuk rangkaian paralel ini diatur dengan bentuk bercabang atau bertingkat. Nah, dengan demikian rangkaian paralel memiliki perbedaan arus yang berbeda beda karena kuat arus yang diterima hambatan satu dengan hambatan lainnya berbeda. Dengan kata lain, rangkaian paralel adalah kebalikan dari rangkaian seri.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membantu kita mengenal arus listrik dan manfaatnya dalam kehidupan sehari hari masyarakat. Seringkali kita tidak menyadari akan manfaat listrik yang begitu besar ini, karena kita sudah terbiasa menggunakannya. Nah, mari perlengkapi pengetahuan Anda terkait informasi seputar teknik, mekanik, elektrik dan lain sebagainya di meopan.com

Tanpa adanya listrik, kita bisa merasakan banyak kesulitan untuk mengerjakan berbagai hal. Nah, mengingat listrik sangat penting, kita mau ingat untuk menggunakan listrik dengan bijaksana. Penggunaan listrik memang bermanfaat tapi jika digunakan dengan baik dan benar supaya bumi kita selalu terjaga. Semoga bermanfaat.