Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Sukses Jadi Reseller, Ini 8 Hal yang Harus Dihindari

Jika Anda ingin berjualan online tetapi tidak memiliki modal, menjadi reseller adalah solusinya. Meskipun tidak memerlukan modal, Anda perlu melakukan sejumlah langkah agar bisnis reseller berjalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan.

Demikian juga jika menjadi reseller produk Evermos, penting bagi Anda untuk mengetahui hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan. Apa saja di antaranya? Simak artikel berikut ini.

Ingin Sukses Jadi Reseller, Ini 8 Hal yang Harus Dihindari


1. Tidak Fokus

Meskipun ada banyak produk yang bisa Anda jual sebagai reseller, jangan memilih semuanya. Anda harus fokus pada satu atau beberapa produk yang dianggap potensial. Hal ini akan berkaitan dengan target pasar yang dituju atau metode promosi yang digunakan.

Meskipun awalnya terkesan sedikit, jika Anda menjual pada target yang tepat dengan metode yang benar, hasilnya pasti lebih memuaskan. Karena itu, usahakan untuk mempertimbangkan lebih dahulu produk apa yang sebaiknya dijual.

2. Salah Memilih Supplier

Salah satu kesalahan reseller adalah tidak mengambil produk dari supplier yang tepat. Akibatnya, barang yang dijual bisa jadi kurang berkualitas atau memiliki kekurangan. Selain itu, faktor perbedaan harga yang signifikan juga bisa berpengaruh terhadap jumlah keuntungan yang didapatkan.

Membeli barang dari supplier yang tidak tepat akan memengaruhi omset penjualan Anda. Bukan tidak mungkin, konsumen pun akan meluapkan kekecewaan terhadap Anda dan tidak mempercayai Anda pada waktu yang akan datang. Ini adalah kerugian besar yang berdampak jangka panjang.

3. Kurang Update Informasi

Seorang reseller wajib selalu memperbaharui informasi yang dimilikinya, terutama soal produk yang dijual. Jangan sampai, ada perubahan dari supplier yang tidak diketahui dan akhirnya berpengaruh terhadap bisnis Anda.

Sebagai contoh, jika tidak rutin memperbaharui soal harga produk dari supplier, Anda bisa rugi karena menjual terlalu murah. Informasi mengenai produk terbaru juga sangat penting. Dengan demikian, Anda bisa menjadi orang pertama yang menjual produk tersebut.

4. Tidak Melayani Pelanggan dengan Baik

Meskipun produk yang dijual bukan buatan sendiri, itu bukan alasan bagi Anda untuk tidak melayani pelanggan dengan baik. Di sini, Anda perlu memiliki sense of belonging sehingga bisa memperlakukan pelanggan dengan optimal. Apabila ada yang merasa kecewa karena produk maupun pelayanan yang diberikan, Anda juga ikut merasa rugi.

Cara melayani pelanggan sangat simpel, yaitu memenuhi kebutuhan mereka saat transaksi. Apabila ada masalah atau ketidakcocokan, Anda perlu menyelesaikannya dengan baik dan tuntas.

5. Melupakan Tahap Evaluasi

Jangan sampai Anda melupakan tahap evaluasi saat menjalankan bisnis reseller. Evaluasi mencakup hal-hal yang telah dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Beberapa hal yang perlu dievaluasi misalnya, jumlah penjualan, metode penjualan, dan produk yang dijual.

Jangan ragu untuk mengambil tindakan yang perlu apabila ada hal yang harus diperbaiki. Tindakan perbaikan tersebut berasal dari hasil evaluasi sehingga dampaknya pun optimal.

6. Kurang Aktif Promosi

Hal yang harus dihindari oleh reseller adalah kurang aktif melakukan promosi. Dalam bisnis ini, promosi merupakan motor yang menggerakkan penjualan. Semakin banyak melakukan promosi, semakin besar peluang penjualan yang Anda dapatkan.

Cara promosi juga bermacam-macam. Anda bisa memanfaatkan media sosial, baik gratis atau berbayar, untuk mempromosikan produk. Cara lain adalah meminta testimoni dari orang lain yang merasa puas dengan kualitas produk. Jadikan testimoni sebagai materi promosi yang natural dan menarik.

7. Menyepelekan Kompetitor

Jangan sampai Anda menyepelekan kompetitor, terutama yang menjual produk yang sama. Hal ini bisa mengakibatkan Anda lalai dalam menyusun strategi penjualan sehingga produk yang ditawarkan kurang laku. Sebaiknya, pantau kompetitor dan belajarlah menjadi reseller dengan cara yang lebih baik.

Nah, mana saja di antara hal tersebut yang pernah Anda lakukan ketika menjadi reseller? Mulai sekarang, usahakan untuk menghindarinya supaya bisnis yang sedang dikelola tidak berjalan di tempat tetapi terus berkembang.

Untuk menggali informasi lebih lanjut, klik evermos.com sebagai platform reseller dan dropshipper terpercaya. Ada beragam produk menarik dan penuh potensi, khususnya produk kebutuhan muslim, yang bisa dijual di sini. Saatnya mendapatkan hasil terbaik dari usaha Anda.