Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Riset Keyword yang Akurat dan Efektif untuk Meningkatkan Blog dan Website Anda

Mastimon.com - Penggunaan keyword atau kata kunci yang tepat pada suatu artikel atau blog sangatlah penting jika Anda ingin blog atau website Anda tersebut mendapatkan banyak pengunjung atau bahkan meningkatkan penjualan. Keyword yang akurat dan efektif bahkan bisa membuat blog atau website Anda bisa tembus halaman pertama Google. Lantas, bagaimana caranya?

Untuk bisa melakukannya, Anda tentu saja perlu melakukan riset keyword terlebih dahulu sebelum mengunggah suatu postingan atau artikel. Kegiatan riset kata kunci ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena bisa berpengaruh terhadap hasil yang diperoleh. Tapi banyak orang merasa, belajar blog dan riset keyword bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan khususnya buat para pemula.

Banyak pemula karena merasa kesulitan melakukan riset keyword, mereka akhirnya tidak begitu mempedulikan kata kunci pada artikel atau unggahan mereka. Padahal yang patut Anda ketahui adalah jangan sampai banyaknya konten yang sudah Anda buat, sudah dipublikasikan tapi akhirnya tidak menghasilkan apa apa.

Apabila sekarang Anda masih merasakan kekhawatiran tidak bisa melakukannya, Anda mungkin sudah mencoba tapi tetap saja tidak berhasil, jangan menyerah dulu. Sebagai berikut kita akan membahas apa saja yang bisa Anda lakukan terkait cara riset keyword yang akurat dan efektif untuk meningkatkan blog atau website Anda. Mari kita simak.

Cara Riset Keyword yang Akurat dan Efektif untuk Meningkatkan Blog dan Website Anda

1. Mengenal target pasar

Mengenali target pasar Anda sangat penting untuk bisa melakukan riset keyword. Anda perlu memetakan bagaimana target pasar. Teknik ini merupakan cara yang sederhana untuk mengidentifikasi niche topik yang disukai oleh para pengunjung atau pelanggan yang potensial. Kalau Anda sudah mengidentifikasi niche topik, Anda bisa dengan mudah menemukan keyword yang sesuai di postingan Anda,

Anda bisa mengidentifikasi target pasar dengan beberapa rincian target mulai dari jenis kelamin, usia, hobi dan minat, hal hal yang sering digumulkan orang, apa yang sedang orang orang ingin capai dan lain sebagainya.

2. Buatlah keyword yang relevan

Setelah mempelajari niche topik target pasar Anda dengan baik, berikutnya coba perlahan lahan membuat daftar istilah yang relevan dengan niche topik Anda tersebut. Sebagai contoh misalnya Anda membicarakan tentang “jual batik wanita”, maka Anda bisa membuat daftar kata kunci yang relevan dan banyak dicari seperti batik wanita, jual batik wanita murah, pakaian batik solo yang murah, batik wanita solo dan lain sebagainya.

3. Membuat daftar seed keyword

Setelah melakukan riset dan menemukan beberapa kata kunci atau keyword yang sekiranya relevan pada poin sebelumnya, selanjutnya Anda bisa coba untuk membuat seed keyword. Seed keyword ini sendiri maksudnya adalah kata kunci unggulan dari daftar keyword yang sudah Anda buat sebelumnya. 

Seed keyword inilah yang akan menjadi dasar riset keyword Anda. Seed keyword juga sering digunakan untuk istilah yang sering dicari oleh para audiens atau para pengunjung lewat Google.

4. Memanfaatkan keyword tools yang bagus

Cara riset keyword berikutnya adalah memanfaatkan keyword tools sebagai pendukung keyword research Anda. Sekarang sudah banyak sekali tools yang bisa Anda gunakan. Beberapa diantaranya adalah Ubersuggest, Planner, Google Keyword Planner, SEMrush, Ahrefs dan lain sebagainya. Anda bisa memilih mana yang menurut Anda nyaman untuk digunakan.

Penggunaan keyword tools sebaiknya dilakukan sebab dengan menggunakannya Anda dapat mengetahui berapa volume kesulitan yang bisa ditembus untuk bisa meningkatkan artikel atau postingan Anda di mesin pencari.

5. Mencari tahu tentang kompetitor

Tahukah Anda riset keyword saja tidak cukup, Anda juga perlu mencari tahu dan mengetahui kompetitor Anda. Ini penting juga jika Anda ingin mendapatkan peringkat atas dalam halaman pencarian Google. Dengan mencari tahu kompetitor Anda bisa lebih mudah mengetahui celah atau apa strategi SEO yang kuat yang bisa Anda gunakan.

Cara melakukannya adalah sewaktu Anda sedang melakukan riset keyword menggunakan keyword tools, coba perhatikan keyword difficultnya, semakin sedikit maka akan semakin besar juga peluang Anda untuk dapat masuk ke halaman pertama di Google. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang cara riset keyword yang akurat dan efektif untuk meningkatkan blog atau website Anda. Cara riset keyword untuk blog atau website ini perlu Anda pahami dan praktikkan. Seraya Anda terus praktikkan pada setiap postingan blog atau website Anda maka pasti Anda bisa merasakan hasilnya. Simak berbagai tips tentang blog di ngeblogonline.com

Untuk bisa berhasil dan merasakan manfaat dari penggunaan kata kunci atau keyword yang tepat dan akurat, tidak bisa hanya dilakukan selama beberapa kali tapi harus dilakukan secara rutin dan konsisten. Blog atau website yang berkembang tidak bisa di dapat secara instan tetapi melalui proses yang cukup. Jadi perlu ketekunan dan kesabaran juga dalam menjalaninya, tetap semangat dan semoga berhasil.