Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tak Cuma Buat Chatting, Telegram Juga Bisa Menghasilkan Uang

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang melalui sosial media, salah satunya melalui Telegram. Telegram adalah salah satu aplikasi chat yang menyediakan banyak fitur dan memiliki kegunaan untuk para penggunanya agar bisa beraktivitas sosial.


Anda bisa mendapatkan uang dengan mengetahui cara mendapatkan uang dari Telegram. Namun, bagaimana cara mendapatkannya? Lebih baik langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Kegunaan Telegram

Telegram memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan aplikasi Whatsapp, yaitu untuk mengirim pesan baik berupa teks, gambar, atau video. Selain itu, Telegram juga digunakan untuk membuat grup, komunitas, atau channel tertentu yang berbagi informasi.

Tidak hanya itu saja, biasanya Telegram juga dimanfaatkan untuk keperluan bisnis sebagai bentuk alat pendukung customer service. Jadi, akses pelanggan melalui suatu bisnis untuk menyampaikan keluhan dan pendapat akan lebih mudah dan cepat.

Telegram memiliki lebih banyak fitur dibanding dengan aplikasi chat lainnya. Misalnya seperti video profile, skin softening, filtered messages, mini thumbnails, atau file sharing. Selain itu, fitur-fitur di Telegram juga lebih mampu dan memudahkan pengguna untuk saling berkenalan dengan pengguna lain.

Telegram memiliki sifat yang lebih luas dan dapat menjangkau banyak pengguna dari berbagai daerah maupun negara. Sehingga, tak heran banyak orang yang menggunakan Telegram untuk keperluan bisnis.

Cara Mendapatkan Uang dari Telegram

Melalui aplikasi Telegram, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat selain informasi, salah satunya adalah uang. Namun, bagaimana cara untuk mendapatkannya? Terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari Telegram. Berikut merupakan ulasan lengkapnya.
 
1. Mengembangkan Channel

Pertama, cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari Telegram adalah dengan mengembangkan channel. Anda bisa membuat channel sendiri layaknya grup sosial media lain, lalu menawarkan kepada pengguna Telegram lainnya untuk bergabung ke dalam channel tersebut.

Apabila channel sudah dibangun dan memiliki banyak pengikut, maka Anda bisa mulai menawarkan berbagai produk atau jasa. Channel tersebut bisa Anda manfaatkan untuk wadah mempromosikan suatu produk/jasa, membagikan informasi, atau sebagai tempat sharing dengan pengguna lainnya mengenai suatu hal.
 
2. Mengembangkan Bot Telegram

Cara selanjutnya adalah dengan mengembangkan bot Telegram. Anda dapat memasang tarif untuk setiap pengguna yang memanfaatkan fitur premium yang Anda kembangkan.

Walaupun Telegram tidak akan memberikan hak royalty kepada pengembang, namun Anda tetap bisa mendapatkan uang di dalamnya. Jika bot Telegram yang sudah dibuat digunakan banyak pengguna, maka aka nada banyak orang yang tertarik untuk membeli fitur tersebut. Sehingga, Anda bisa memperoleh penghasilan.
 
3. Menerima Endorse

Endorse tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh sosial media lain seperti Instagram atau Tiktok. Telegram pun bisa Anda manfaatkan untuk menerima endorse. Beberapa brand biasanya lebih memilih Telegram untuk melakukan endorse dengan pengguna Telegram lain.

Nantinya suatu brand akan menawarkan kerja sama dalam bentuk endorse kepada pengguna yang sudah memiliki channel dengan banyak pengikut. Apabila Anda membuat channel tentang jual beli makanan maupun barang, maka Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan endorse.
 
4. Mengikuti Kuis

Cara selanjutnya adalah dengan mengikuti kuis. Anda yang senang berburu hadiah sangat cocok mengikuti kuis di Telegram untuk mendapatkan hadiah berupa uang. Anda hanya perlu bergabung ke dalam channel giveaway di Telegram agar bisa mendapatkan informasi mengenai kuis apa saja yang bisa Anda ikuti.

Cobalah cari channel giveaway yang aktif dan memiliki banyak pengikut. Biasanya channel yang aktif dan memiliki banyak pengikut sudah mempunyai reputasi yang bagus. Nantinya Anda akan mendapatkan berbagai informasi mengenai kuis dan hadiah yang bisa Anda peroleh.

Biasanya akan ada banyak channel penyedia kuis-kuis menarik yang bisa Anda temukan di Telegram. Cari saja channel penyedia kuis yang menawarkan hadiah menarik baik itu berupa uang maupun barang.
 
5. Menawarkan Jasa Pengelolaan Telegram

Cara terakhir yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan uang dari Telegram adalah dengan menawarkan jasa pengelolaan akun Telegram. Telegram merupakan sosial media yang membutuhkan pengelolaan secara tepat. Apalagi jka pemilik akun adalah seorang public figure, pebisnis, atau untuk kebutuhan organisasi.

Anda bisa memanfaatkan peluang yang satu ini untuk mendapatkan uang dengan cara menawarkan jasa pengelolaan akun Telegram. Namun, tentunya Anda membutuhkan skill dan kemampuan yang mumpuni mengenai aplikasi Telegram agar bisa mengelola akun Telegram dengan baik dan mempunyai performa yang bagus.

Apabila Anda mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang bagus akan aplikasi Telegram, maka Anda bisa mengelola akun dengan sangat baik. Selain itu, jika performanya bagus juga tentu Anda akan mendapatkan bonus dari hasil kerja Anda mengelola akun Telegram.

Itu dia penjelasan mengenai cara mendapatkan uang dari Telegram. Anda bisa menawarkan produk dari Bukalapak ke Telegram sebagai bentuk cara mendapatkan uang, menjadi affiliate, atau membantu menawarkan jasa.

Tidak hanya itu saja, saat melakukan aktivitas di Telegram, sebaiknya Anda juga tetap fokus mengembangkan akun Telegram Anda agar bisa mendapatkan lebih banyak pengikut aktif. Dengan begitu, Anda akan mudah untuk mempromosikan produk/jasa, menjadi affiliate, atau bahkan berjualan.