Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sup Ayam Air Kelapa Hidangan Unik yang Gurih Kaldunya Bikin Mau Nambah

Mastimon.com - Sewaktu admin pertama kali mendengar nama menu yang satu ini, admin sedikit bingung ada ternyata menu sup ayam air kelapa. Apakah Anda pernah mendengarnya atau bahkan memasak dan mencicipinya sebelumnya? Hidangan yang unik ini bisa menjadi salah satu menu masakan Anda hari ini. Menariknya, gurih dari kaldunya bisa bikin keluarga mau nambah lagi dan lagi. kira kira apa resep sup air kelapa ini ya?

Nah, sebelum kita membahas lebih jauh tentang resep sup ayam air kelapa, sedikit gambaran buat Anda yang belum familiar dengan menu yang satu ini. Jadi resep ini sendiri sebenarnya berasal dari salah satu menu masakan China. Dan masakan ini tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat, tetapi juga memberikan manfaat dalam hal kesehatan. Apalagi kita bisa membuatnya dengan mudah dari bahan yang sederhana loh.

Untuk bisa membuat hidangan sup ayam air kelapa, memang dibutuhkan beberapa bahan khusus, tapi Anda bisa mengolahnya dengan praktis dan sederhana. Nantinya Anda masih akan mendapatkan aroma dan gurih kaldunya yang nagih. Dari segi ayam juga kita bisa membuatnya menjadi sangat empuk. Oke, langsung saja tanpa basa basi lagi, yuk kita simak resep sup ayam air kelapa dan semua informasi yang Anda butuhkan disini.

Resep Sup Ayam Air Kelapa Hidangan Unik yang Gurih Kaldunya Bikin Mau Nambah



Bahan yang perlu dipersiapkan :
  • Daging ayam (bisa jenis ayam kampung atau ayam jago)
  • Lada hitam putih utuh atau yang bubuk
  • Jahe
  • Jamur Shiitake dan shimeji putih (bisa menggunakan yang kering sehingga bau nya lebih khas, bisa menggunakan jamur lain juga seperti enoki atau kuping kayu).
  • Air kelapa (Hydro coco).
  • Kecap asin, cabai Thailand dan bawang putih (untuk membuat saus celup)
  • Garam
  • Bunga sedap malam atau kim cam. Jika tidak ada, bahan ini bisa dilewati.
  • Selain bahan bahan diatas, Anda juga bisa menambahkan ginseng atau bahan sup ayam herbal. Atau Anda juga bisa menambah jujube atau goji berry.

Cara membuat :
  1. Pertama tama potong daging ayam sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya dipotong kecil kecil supaya rasanya akan lebih meresap dan daging ayam bisa masak lebih cepat dan merata.
  2. Tambahkan banyak garam ke daging ayam lalu dipijat. Tambahan banyak garam ini tidak hanya bermanfaat untuk menambah rasa tetapi juga akan bisa membersihkan ayam dengan lebih baik.
  3. Terus pijat pijat ayam, jika sudah selesai diamkan ayam tadi kurang lebih selama 10 menit.
  4. Iris tipis jahe.
  5. Iris juga jamur shiitake. Apabila Anda menggunakan shiitake kering, rendam terlebih dahulu supaya menjadi lunak. Kemudian peras airnya dan potong potong. Iris juga shimeji putih.
  6. Kemudian ambil bunga tuberose atau kim cam (sedap malam), ikat menjadi simpul supaya tidak hancur.
  7. Jangan lupa bilas kim cam terlebih dahulu sebelum menambahkannya ke dalam piring karena biasanya sangat asin.
  8. Setelah ayam selesai diistirahatkan selama 10 menit tadi, bilas kembali sampai bersih sehingga nanti rasanya tidak menjadi terlalu asin. Sisihkan.
  9. Selanjutnya, kita bisa mulai untuk membuat supnya. Rebus air di panci sampai mendidih.
  10. Masukkan air kelapa kedalam panci tersebut.
  11. Saat air mendidih, masukkan ayam yang sudah dibilas, lalu bahan lainnya seperti jahe, shimeji, shiitake, bunga sedap malam atau kim cam dan juga lada hitam putih
  12. Anda bisa tambahkan paprika. Supaya kuahnya lebih bening bisa gunakan paprika utuh, tapi Anda juga bisa mengunakan bubuk karena rasanya tidak akan berubah.
  13. Masak sampai matang dan jangan lupa cicipi. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang resep sup ayam air kelapa hidangan unik yang gurih kaldunya bikin mau nambah. Bagaimana menurut Anda, apakah resep diatas sulit untuk dilakukan? Atau termasuk mudah? Ini salah satu resep masakan enak yang direkomendasikan untuk Anda. Dapatkan berbagai resep masakan keluarga yang enak dan praktis lainnya di resepfrozenfoodkita.com

Bahan utama ayam yang digunakan dalam resep ini, adalah bahan makanan yang umum dan mungkin sudah seringkali kita olah. Jika Anda bosan mengolah daging ayam dengan resep yang itu itu saja, cobalah untuk membuatnya semakin menarik dengan berbagai hidangan unik seperti sup ayam air kelapa diatas. Dan ternyata masih banyak lagi berbagai resep mengolah daging ayam yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.