Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek 8 Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Rekomendasi Tempat Jual Madu Terpercaya Disini!

Manfaat madu bagi kesehatan rasanya tak perlu diragukan lagi. Manfaat ini tentu saja akan didapatkan jika Anda mengonsumsi madu asli. Namun sayangnya cukup sulit mencari madu asli atau murni di tempat jual madu.

Karenanya, jangan sampai Anda tergiur dengan harga jual madu yang murah dan akhirnya mendapat madu yang tidak berkualitas. Untuk itu mari cari tahu manfaat madu serta rekomendasi tempat jual madu yang terpercaya agar Anda tak salah pilih.

Ragam Manfaat Madu untuk Kesehatan


Madu kaya akan vitamin A, B kompleks, C, flavonoid, asam fenolik dan masih banyak lagi. Madu merupakan alternatif pemanis makanan dan minuman yang lebih sehat dan aman untuk penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Berikut ragam manfaat madu yang wajib Anda ketahui.

1. Kandungan Gizi Tinggi
Setiap 1000 gram madu mengandung 3.280 kalori yang setara dengan 50 butir telur, 5,575 liter susu, atau juga 1,680 kg daging. Kandungan gizi utama madu terbentuk dari aneka senyawa karbohidrat, sukrosa, gula fruktosa, dan dekstrin karbohidrat.

2. Membantu metabolisme tubuh
Madu mengandung asam organik yang terdiri dari asam glikolat, format, laktat, sitrat, asetat, oksalat, malat, dan asam tartarat yang sangat bermanfaat bagi metabolisme tubuh manusia.

3. Menangkal pengaruh buruk radikal bebas
Senyawa fitonutrien dan vitamin yang ada di dalam madu merupakan antioksidan alami seperti chrysin, pinobanksin, vitamin c, katalase dan pinocembrin.

Kandungan ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh yang disebabkan oleh oksidasi. Selain itu, asam laktat pada madu bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor.

4. Mencegah anemia
Madu kaya akan mineral seperti zat besi, tembaga, dan mangan. Zat besi merupakan bahan utama dalam pembentukan hemoglobin, warna dari madu dipengaruhi dari nektar bunga yang dihisap lebah, jika lebah banyak menghisap nektar bunga yang kaya akan mineral maka madu yang dihasilkan akan berwarna gelap.

5. Meningkatkan imun tubuh
Senyawa fitonutrien dalam madu juga bermanfaat untuk memperkuat sel-sel pertahanan tubuh, madu juga diketahui memiliki manfaat sebagai antibakteri dan antijamur.

6. Meredakan batuk
Rasa madu yang manis memicu produksi air liur untuk melembabkan tenggorokan yang kering dan rasa ingin batuk. Antioksidan dalam madu bermanfaat untuk meredakan peradangan yang bisa memicu batuk.

7. Mempercepat proses penyembuhan luka
Madu diketahui bermanfaat menyingkirkan jaringan yang mati, membunuh bakteri pada luka, dan merangsang regenerasi kulit baru untuk menutup luka. Jenis luka yang bisa disembuhkan dengan madu diantaranya lecet, luka bakar, dan diabetes.

8. Menjaga jantung tetap sehat
Madu bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan cara melancarkan aliran darah dan mencegah terbentuknya aterosklerosis, beberapa penelitian juga menemukan jika madu bisa menurunkan tekanan darah dan juga mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengkonsumsi Madu

Meski madu tergolong aman, madu tidak boleh diberikan pada bayi atau balita di bawah usia 1 tahun karena bisa menyebabkan botulisme atau keracunan.

Madu juga bisa memicu timbulnya alergi pada orang yang memiliki riwayat alergi terhadap serbuk sari.

Pengguna madu yang perlu diwaspadai adalah madu mad honey atau madu gila, madu ini memiliki rasa yang pahit karena berasal dari ekstraksi nektar bunga rhododendron. Madu pahit ini bisa menyebabkan keracunan seperti muntah, nyeri dada, diare, pingsan, hingga koma.

Rekomendasi Tempat Jual Madu Terpercaya

Agar lebih aman, sebaiknya beli madu yang sudah terdaftar di BPOM RI dan carilah tempat jual madu yang terpercaya.

Manfaat madu akan dirasakan jika Anda mengonsumsi madu asli dan berkualitas. Karenanya jika Anda sedang mencari tempat jual madu terpercaya Anda bisa langsung saja gunakan Sayurbox.

Sayurbox merupakan platform grocery online yang hanya menyediakan produk berkualitas termasuk madu asli yang sudah memiliki sertifikat BPOM dan MUI.

Tidak perlu repot keluar rumah, kini Anda cukup pesan madu yang Anda cari melalui smartphone dan dapatkan harga terbaik serta pengiriman kilat yang akan membawa Anda pada pengalaman berbelanja yang mengesankan. Langsung unduh aplikasinya di Play Store atau melalui website resmi di https://www.sayurbox.com/category/kesehatan-1-c49b120a/sub-category/kesehatan-honey-1-c64c2514

Semoga informasinya bermanfaat. Terima kasih