Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jamur Enoki untuk Asam Lambung: Kandungan dan 2 Manfaatnya

Mastimon.com - Dewasa ini, popularitas jamur enoki semakin meningkat karena sering disajikan pada hidangan berkuah, seperti shabu-shabu dan hotpot. Selain itu, jenis jamur ini aman untuk konsumsi dan memiliki banyak manfaat. Apakah jamur enoki untuk asam lambung aman?

Bagi penggemar shabu-shabu atau hidangan all you can eat (AYCE) pasti tidak asing dengan jamur enoki. Sebab, jamur ini seringkali menjadi bahan pangan yang masuk ke dalam kuah kaldu atau sisipan daging.

Jamur Enoki untuk Asam Lambung: Kandungan dan 2 Manfaatnya


Kandungan Jamur Enoki

Hal ini tentu saja karena rasanya yang nikmat dan mengandung segudang manfaat yang perlu untuk diketahui. Apa saja manfaat jamur enoki untuk kesehatan ini?

Sebelum mengulas manfaat jamur enoki untuk asam lambung dan kesehatan, tentu kita harus mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalamnya. Jamur enoki adalah jamur yang berbentuk panjang dan berwarna putih dengan bulatan di atasnya.

Asal dari jamur enoki ini adalah dari negara Tiongkok, Jepang, dan Korea. Oleh karenanya, kita sering menemukan jamur ini di dalam hidangan khas ketiga negara tersebut. Jamur enoki ini pastinya mengandung banyak nutrisi.

Dalam satu cangkir kecil jamur enoki bisa memberikan 5 gram karbohidrat, 1,7 gram protein, dan 0,2 gram lemak. Selain itu, masih ada kandungan serat pangan dan senyawa antioksidan yang tinggi di dalam jamur enoki.

Tidak hanya itu saja, jamur enoki juga mengandung berbagai vitamin dan mineral. Contohnya adalah vitamin B3, vitamin B1, vitamin, B2, vitamin B12, vitamin B6, fosfor, selenium, zat besi, zinc, dan juga tembaga.

Artinya, kandungan gizi jamur enoki ini begitu lengkap dan tinggi.

Manfaat Jamur Enoki untuk Asam Lambung

Berkat kandungan nutrisi di atas, tentu saja jamur enoki membawa banyak manfaat untuk kesehatan, khususnya bagi asam lambung. Apa saja kebaikan-kebaikan ini? Berikut ulasannya:

a. Sumber Serat yang Baik

Serat pangan merupakan suatu kebutuhan tubuh untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Berdasarkan sebuah studi, konsumsi makanan berserat tinggi bisa melindungi dari masalah pencernaan, seperti: sembelit, wasir, hingga asam lambung naik (GERD).

Sebab, serat pangan ini bisa berfungsi untuk melancarkan proses pencernaan dan menjadi makanan yang disukai probiotik. Oleh karena itu, mengonsumsi jamur enoki ini sangat baik untuk kesehatan, khususnya kesehatan pencernaan.

b. Tinggi Antioksidan

Kegunaan jamur enoki untuk asam lambung selanjutnya ada bisa menjadi sumber antioksidan. Walaupun bentuknya yang kecil, jamur enoki ternyata menyimpang banyak antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Berbagai jenis antioksidan dalam jamur enoki ini diantaranya: asam galat, katekin, caffeic acid, dan quercetin. Senyawa antioksidan ini bisa melawan reaksi oksidasi dalam tubuh yang salah satunya bisa menyebabkan lambung stress dan mengakibatkan asam lambung naik.

Manfaat Jamur Enoki untuk Kesehatan Tubuh Lainnya

Berbagai manfaat jamur ini tidak sebatas jamur enoki untuk asam lambung saja. Sebab, masih banyak khasiat jamur enoki lainnya yang perlu untuk kita ketahui. Berikut adalah beberapa manfaat jamur enoki untuk kesehatan:
  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  2. Cocok untuk menjadi makanan diet.
  3. Melindungi organ jantung.
  4. Kaya nutrisi.
  5. Bisa melawan penyakit kanker. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com
Itulah beberapa kebaikan jamur enoki untuk kesehatan. Tentu dalam mengatasi gangguan asam lambung ini tidak cukup dengan jamur enoki saja. Penderita juga membutuhkan makanan bergizi lainnya, contohnya sereal Nutriflakes.

Nutriflakes adalah sereal berbahan dasar umbi garut, yang secara empiris bisa mengatasi masalah asam lambung dan maag kronis.