Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis Olahraga dapat Menghilangkan Stress yang Bisa Dicoba

Mastimon.com - Belakangan ini sering mengalami suatu tekanan atau stress? Sebagaimana yang kita tahu stress memiliki banyak dampak negatif yang patut kita waspadai. Terutama adalah bisa mengganggu kesehatan seseorang. Oleh sebab itu, jangan anggap sepele stress yang Anda alami. Cobalah beberapa jenis olahraga yang ampuh dapat menghilangkan stress yang bisa Anda coba dirumah.

Stress bisa menyebabkan adanya penurunan daya tahan tubuh, tekanan darah tinggi bahkan gangguan pencernaan. Saat stress kita juga bisa menjadi lebih mudah sakit. Anda pasti tidak mau mengalami dampak stress tersebut bukan? sebelum terlambat, mulailah dengan beberapa cara alami yang memang bisa membuat pikiran Anda terasa lebih baik meskipun berada di bawah tekanan.

Sebenarnya untuk mengatasi stres tidaklah terlalu sulit kok. Anda hanya perlu tahu informasi secara tepat yang menyebutkan beberapa kegiatan yang ampuh menyembuhkan stress. Ya, ini adalah olahraga. Olahraga yang bagus dan tepat bisa membuat Anda merasa lebih baik dan menyeimbangkan kesehatan mental Anda supaya bisa mengurangi stress.

Tahukah Anda, jenis olahraga seperti apa yang dapat menghilangkan stress yang perlu Anda coba? Yuk lihat informasinya di bawah ini.

10 Jenis Olahraga dapat Menghilangkan Stress yang Bisa Dicoba


1. Jalan Kaki

Olahraga pertama yang paling mudah dilakukan adalah berjalan kaki. Ya, meskipun termasuk jenis olahraga yang simple namun, olahraga ini cocok bagi Anda yang baru memulai untuk mengupayakan hidup sehat. Gerakann kaki yang berulang selama jalan kaki mampu meredakan ketegangan otot, meningkatkan sistem pernapasan dan menenangkan sistem saraf.

2. Yoga

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan olahraga Yoga. Ya, olahraga yang satu ini sudah terkenal bisa menghilangkan stress loh. Ada berbagai postur atau gerakan yoga yang mampu meningkatkan kekuatan tubuh sekaligus pikiran. Semakin lama Anda latihan Yoga maka Anda akan semakin merasakan khasiatnya untuk kesehatan.

3. Aerobik

Siapa yang sudah pernah mencoba jenis olahraga yang satu ini? Aerobik sendiri menjadi salah satu cara untuk mengelola stress dengan baik. Untuk melakukannya Anda disarankan untuk rutin minimal 5 kali seminggu untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal. Anda akan menerima sensasi positif di dalam tubuh setelah rutin melakukannya.

4. Dance atau Menari

Khususnya untuk Anda yang menyukai kegiatan menari bisa menjadikan kegiatan ini sebagai olahraga favorit loh. Tahukah Anda, tari sendiri mempunyai banyak sekali manfaat secara mental, fisik dan emosional. Dimana setiap jenis gerakan tarian bisa meningkatkan detak jantung lalu terlebih lagi jika Anda melakukannya secara berkelompok, maka akan meningkatkan rasa kebersamaan.

5. Tennis

Selanjutnya olahraga yang sayang dilewatkan adalah olahraga tennis. Olahraga yang satu ini sudah populer untuk menyehatkan pikiran dan mental seseorang. Selain itu, tenis juga akan meningkatkan ikatan jalinan Anda dengan orang lain atau pasangan bermain tennis lebih harmonis. Olahraga sejenisnya yang juga direkomendasikan adalah bulu tangkis, voli, basket, sepak bola dan masih banyak lagi.

6. Tai Chi

Sekilas kalau kita perhatikan olahraga Tai Chi memang mirip dengan Yoga. Namun Tai Chi secara khusus memiliki manfaat untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks karena menggunakan teknik pernapasan dalam. Seni bela diri dari China ini memiliki tujuan untuk menenangkan pikiran serta mempersiapkan tubuh untuk siap menghadapi tekanan yang besar.

7. KickBoxing

Tahu jenis olaharaga yang satu ini? Olahraga yang satu ini melibatkan berbagai pukulan dan juga tendangan. Kalau Anda melakukan olahraga ini secara teratur maka manfaatnya akan meningkatkan kelenturan tubuh sekaligus keseimbangan kordinasi tubuh loh. Selain iyu, menurut sebuah studi penelitian menyebutkan kalau kickboxing dapat mengurangi tingkat kecemasan, depresi dan kemarahan setelah selesai berolahraga.

8. Pilates

Jenis olahraga lain yang bisa Anda coba adalah Pilates. Dengan meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan fleksibilitas tubuh dan daya tahan, pilates membantu mengurangi tingkat stress pada diri seseorang. Tahukah Anda, selain mampu mengurangi stres, olahraga pilates juga mampu mengurangi nyeri dibagian punggung dan leher.

9. Rekreasi

Rekreasi termasuk salah satu jenis kegiatan olahraga yang sifatnya menghibur. Ada banyak sekali jenis olahraga rekreasi yang dapat dicoba, mulai dari sepak bola, bola voli, renang, badminton, tenis dan masih banyak lagi. Beberapa jenis olahraga ringan dapat mengatasi stress dengan baik karena sifatnya tidak terlalu lelah serta tidak membuat adrenalin meningkat.

10. Latihan Interval

Terakhir dalam daftar ini adalah latihan interval. Latihan ini merupakan jenis latihan gabungan yang layak untuk dicoba. Misalnya dengan melakukan sprint sebanyak 2030 detik lalu disambung dengan jalan kaki selama 6090 detik. Hal ini dapat menyesuaikan dengan kemampuan fisik Anda. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang beberapa jenis olahraga yang dapat menghilangkan stress yang bisa Anda coba. Karena ada banyak pilihan, Anda bisa memilih jenis olahraga tertentu yang sesuai dengan kebutuhan dan Anda sukai. Dapatkan berbagai informasi update lainnya terkait kesehatan, lifestyle, teknologi dan masih banyak lagi di plauge.net

Jangan remehkan gejala stress yang mungkin Anda alami, sebab kesehatan pikiran juga sama pentingnya dengan kesehatan tubuh. Lakukan rutin olahraga dan imbangi dengan pola hidup sehat lainnya seperti makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan lain sebagainya. Dengan demikian, Anda akan turut menjaga kesehatan pikiran dan tubuh dengan baik. Semoga bermanfaat.