Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Nilai Rata rata Menggunakan Rumus di Excel yang Mudah

Mastimon.com - Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan Microsoft Excel yang biasa digunakan dalam berbagai urusan perkantoran ataupun instansi lainnya. Khususnya dalam hal mengolah data, software yang satu ini sudah menjadi andalan. Salah satu fungsinya yang paling umum digunakan adalah menghitung rata rata data. Tahukah Anda, bagaimana cara menghitung nilai rata rata menggunakan rumus Excel yang mudah?

Ya, berbeda dengan microsoft word sebagai pengolah kata, microsoft excel berfungsi sebagai pengolah angka yang paling canggih. Dengan menggunakan microsoft excel, bisa membantu kita untuk visualisasi data, mengurutkan data secara lengkap, menghitung jumlah data, termasuk bagaimana menghitung nilai rata rata secara otomatis dengan mudah dan cepat.

Bahkan, dalam hal menghitung nilai rata rata pada data Excel tidak membutuhkan cara yang rumit atau sulit. Anda bisa membuat berbagai data sesuai dengan keinginan, mulai dari daftar keuangan, mengelola grafik, daftar hadir, data penjualan dan masih banyak lagi. Caranya bisa sangat mudah, jika Anda tahu tutorial Excel atau rumus apa yang digunakan untuk fungsi mencari nilai rata rata data.

Nah, sebagai berikut, kita akan cari tahu cara menghitung nilai rata rata menggunakan rumus di Excel yang mudah dan bisa langsung Anda coba. Yuk simak.

Cara Menghitung Nilai Rata rata Menggunakan Rumus di Excel yang Mudah


Rumus rata rata adalah rumus yang digunakan untuk fungsi menghitung jumlah nilai dalam sekelompok data yang dibagi dengan banyaknya data yang tersedia. Jika dilakukan secara manual kemungkinan akan sedikit rumit dan membutuhkan waktu lama, apalagi kalau datanya banyak. Namun, rumus di Excel ini secara otomatis akan mencari nilai rata rata dengan mudah.

Menggunakan Rumus Fungsi AVERAGE

Average adalah rumus yang digunakan untuk menghitung nilai rata rata dari sekelompok data. Nah, dalam rumus rata rata excel dikenal dengan istilah sintaksis atau cara penulisan fungsi excel tersebut. Nah, untuk fungsi excel tersebut memiliki penulisan contoh =AVERAGE(A1:A20)
  • Average adalah nama dari fungsi untuk meghitung nilai rata rata data
  • A1 memaksudkan angka pertama yang wajib diisi karena merupakan referensi sel atau rentang yang akan dihitung berapa nilai rata ratanya.
  • A20 memaksudkan batas akhir angka atau sel yang akan dihitng nilai rata rata nya.
Dengan kata lain rumus tersebut berarti menghitung nilai rata rata dari kolom A1 sampai dengan A20.

Nah, langsung saja cara menggunakan Average untuk menghitung nilai rata rata adalah seperti berikut ini :
  1. Masuk ke halaman atau lembar kerja Microsoft Excel
  2. Buatlah data sesuai dengan kebutuhan Anda atau data yang akan dicari nilai rata rata nya.
  3. Setelah memiliki data, letakkan kursos di salah satu kolom tempat untuk melihat hasil nilai rata rata.
  4. Kemudian ketikkan rumus =AVERAGE(Klik semua nilai yang akan dijumlahkan kemudian beri tanda kurung.
  5. Jangan lupa tekan enter pada keyboard, maka akan langsung diperlihatkan hasil rata rata nilai yang di dapat dari data.
  6. Selesai
Inilah rumus Average pada satu sel atau pada sel A. Namun bagaimana cara menghitung nilai rata rata dengan data angka yang berada di sel berbeda. Misalnya berada pada kisaran sel A1 dan G1, maka cara menghitung nilai rata ratanya adalah sebagai berikut :
  1. Buka data yang akan dicari nilai rata ratanya.
  2. Arahkan kursur dan letakkan pada satu sel untuk menuliskan rumus dan melihat hasil nilai rata rata.
  3. Ketikkan rumus Average di sel tersebut dengan cara penulisan =AVERAGE(A1:G1)
  4. Lalu, klik enter pada keyboard, maka akan diperlihatkan hasil nilai rata rata dari sel A1 sampai G1.

Mudah sekali bukan? Nah, untuk lebih memahami arti dari menghitung rata rata ini, Anda juga bisa menggunakan cara manual. Caranya adalah dengan menjumlahkan satu persatu angkanya dengan tanda tambah (+). Kemudian setelah diketahui jumlahnya, berikutnya tinggal membagi dengan banyaknya data atau sel dengan tanda garis miring (/).

Contoh manual :

Kita mau menghitung rata rata dari angka 15, 20,25 dan 30. Maka, cara menghitung nilai rata rata excel secara manual adalah seperti ini :
  1. Buka lembar kerja Microsoft Excel.
  2. Lalu masukkan data angka pada sel, misalnya di sel A1, A2, A3, dan A4.
  3. Jika sudah tempatkan kursor di sel atau tempat untuk melihat hasil. Tuliskan rumus =(A1+A2+A3=A4)/4
  4. Terakhir tekan enter pada keyboard, maka hasil nilai rata rata dari kolom A1, A2, A3, dan A4 dengan angka angka tersebut akan keluar yakni 17,5.

Tentu lebih repot jika menggunakan cara manual bukan? Nah, biasanya sebagian orang yang belum mengenal fungsi rumus AVERAGE akan menghitung manual seperti itu. Bagaimana menurut Anda, manakah cara yang lebih praktis untuk menghitung nilai rata rata di microsoft excel?

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang cara menghitung nilai rata rata menggunakan rumus di Excel yang mudah. Di microsoft excel ada banyak sekali formula atau rumus dengan fungsi nya masing masing untuk mengolah data. Nah, untuk menghitung nilai rata rata data Anda bisa menggunakan rumus dan tutorial tersebut. Lihat juga informasi terbaru lainnya mulai dari berbagai tutorial, beasiswa dan lowongan update di kitadaftar.com

Jika sudah mengenal dan paham bagaimana cara memanfaatkan setiap fungsi di microsoft excel, Anda bisa merasakan sendiri kelebihan dan kemudahannya dalam mengolah data. Ini hanya salah satu dari banyaknya tutorial yang perlu Anda ketahui jika ingin jago excel dan mahir dalam mengoperasikannya untuk membuat dan mengolah data. Semoga bermanfaat.