Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak Manfaat Training Karyawan bagi Suatu Perusahaan dan Cara Melakukannya

Mastimon.com - Apa itu training pekerjaan? Apa manfaatnya bagi karyawan atau bagi perusahaan itu sendiri? Dan bagaimana cara melakukannya? Bagi Anda yang baru memulai memasuki dunia pekerjaan, pasti kemungkinan besar akan menemui istilah “Training”. Sebagian besar orang ada juga yang bertanya tanya sebenarnya seberapa penting sih adanya program training untuk karyawan?

Namun sebelum menjawab lebih jauh terkait training di suatu perusahaan, apakah Anda sudah tahu arti dari training itu sendiri? Training adalah kata lain dari pelatihan dimana ada suatu proses untuk mengajar karyawan. Tujuannya adalah supaya karyawan mendapatkan kemampuan dan pengetahuan dasar yang dibutuhkannya untuk melakukan bagian pekerjaan atau sesuai job description.

Bukankah masa pelatihan ini hanya membuang buang waktu saja? Khususnya jika perusahaan bergerak dibidang bisnis yang mengejar target profit keuntungan? Bukankah sebaiknya seorang karyawan yang direkrut oleh pihak HRD sudah harus langsung memenuhi syarat mampu bekerja sesuai pekerjaan tersebut? Mengapa harus ada training atau pelatihan lagi dalam suatu perusahaan? Adakah manfaatnya?

Nah, sebagai berikut kita akan cari tahu terkait manfaat training atau pelatihan itu sendiri bagi suatu perusahaan dan metode apa saja yang biasa dilakukan untuk melakukan pelatihan tersebut. Mari simak.

Simak Manfaat Training Karyawan bagi Suatu Perusahaan dan Cara Melakukannya


Training atau pelatihan kerja bukan hanya sekedar proses pelatihan biasa. Namun manfaatnya sangat penting sekali. Darimana kita bisa tahu kalau manfaatnya sangat penting? Anda bisa lihat dan pertimbangkan manfaat positif dari diadakannya program pelatihan kerja bagi karyawan baru sebelum menjalankan tugasnya dalam suatu perusahaan. Beberapa keuntungannya adalah sebagai berikut :

1. Menciptakan skil yang dibutuhkan karyawan

Adanya training atau pelatihan karyawan dapat membantu karyawan itu sendiri untuk menciptakan skil yang dibutuhkannya dalam menyelesaikan pekerjaan. Khususnya jika karyawan sebelumnya tidak memiliki pengalaman atau pengetahuan yang cukup terkait pekerjaan yang akan dia emban.

Sehingga adanya pelatihan akan berguna untuk memperluas pengetahuan karyawan. Setelah pelatihan, karyawan diharapkan sudah mampu untuk bekerja sama dan saling mengisi dengan karyawan lain dalam menyelesaikan tugas apapun yang diberikan secara efesien.

2. Meningkatkan kinerja karyawan dalam bekerja

Tanpa disadari karyawan yang mengikuti training atau pelatihan kerja akan diasah keterampilannya sehingga membuat produktivitasnya dalam bekerja akan semakin meningkat. Selain itu, dari program ini karyawan juga akan semakin fasih dalam melakukan pekerjaannya sesuai dengan prosedur yang diinginkan perusahaan. Sehingga karyawan bisa menjadi lebih percaya diri dan merasa lebih baik.

3. Menciptakan reputasi baik bagi perusahaan

Tahukah Anda, sebuah perusahaan yang mau mendidik karyawannya melalui program pelatihan akan terlihat jauh lebih menarik bagi calon karyawan perusahaan loh. Dengan kata lain program training ini mampu menciptakan reputasi yang baik bagi perusahaan tersebut. Sehingga kemungkinan bisa menjadi opsi utama yang dipilih oleh para karyawan dengan skil tinggi.

4. Karyawan menjadi lebih berinovasi

Karyawan yang mendapatkan pelatihan yang dibutuhkan untuk meningkatkan keterampilannya secara konsisten akan sekaligus menumbuhkan sisi kreativitasnya. Dengan kata lain, karyawan akan lebih kreatif dan mandiri. Hasilnya dalam pekerjaannya, karyawan bisa mengatasi setiap tantangan atau kesulitan dari pekerjaan yang dia kerjakan.

Cara Melakukan Program Pelatihan Karyawan

Program pelatihan kerja dalam sebuah perusahaan di jaman sekarang ini tidak hanya dilakukan dengan satu metode saja melainkan sudah ada berbagai metode pelaksanaan training perusahaan yang dapat dilakukan. Pelatihan ini bisa dilakukan baik secara online ataupun offline atau secara langsung. Apa saja metode pelatihan karyawan yang bisa diterapkan dalam sebuah perusahaan? Begini diantaranya :

1. Metode studi kasus

Metode pelatihan yang satu ini bisa membantu karyawan untuk belajar tentang masalah yang mungkin terjadi dalam ruang lingkup pekerjaannya tersebut. Jika karyawan dapat belajar dan mengetahui berbagai masalah dalam pekerjaan dan solusi nya, insting mereka bisa lebih cepat terasah. Metode studi kasus menjadi pilihan yang bagus dengan topik yang terfokus.

2. Metode pelatihan instruktur

Metode ini umumnya sudah menjadi jenis pelatihan karyawan tradisional yang terjadi di dalam ruang kelas. Dalam hal ini, instruktur akan membantu dalam menjawab setiap pertanyaan karyawan dengan memberikan solusi nya. Jadi, dengan menjalankan metode ini memungkinkan instruktur yang terampil dalam mencocokkan gaya pelatihan dan tingkat pelatihan yang sesuai dengan karyawan tersebut.

3. Metode pelatihan langsung

Pelatihan secara langsung bertujuan untuk membantu para karyawan untuk mulai menyesuaikan diri mereka dengan profesi pekerjaan yang akan mereka ambil. Karena pelatihan ini dilakukan langsung di tempat kerja sehingga mereka bisa merasakan secara langsung proses pekerjaan yang mereka perlu lakukan dan berbagai tugas tugas yang perlu diselesaikan.

4. Metode Role-Playing

Dalam hal ini, karyawan akan belajar melihat permasalahan dari sudut pandang yang berbeda karena metode ini secara khusus akan meminta karyawan untuk bekerja sama layaknya seperti posisinya. Dengan adanya metode ini diharapkan karyawan nantinya bisa mengambil solusi yang paling tepat untuk mengatasi sebuah permasalahan.

5. Metode diskusi dan kegiatan berkelompok

Biasanya pelatihan ini akan sangat cocok untuk jenis pekerjaan dengan tantangan kompleks yang membutuhkan adanya kerjasama atau pendekatan kolaboratif. Adanya diskusi dan kegiatan kelompok memberikan pelatihan yang lebih optimal karena memungkinkan banyak karyawan bisa berlatih sekaligus dalam lingkungan yang lebih sesuai. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang manfaat training karyawan bagi suatu perusahaan dan cara melakukannya. Dari sini kita bisa paham kalau sebenarnya proses training itu penting dan merupakan upaya pengembangan sumber daya manusia yang mampu mengemban karirnya dengan baik. Ingin tahu informasi lainnya secara lengkap seputar dunia Human Resource dan peran HR silahkan lihat di dedimuliadi.com

Meskipun sebagian perusahaan ada saja yang tidak menerapkan sistem training atau pelatihan kerja tersebut, namun kita bisa ingat juga bahwa setiap perusahaan punya ketentuan dan program sendiri yang tidak lepas dari pertimbangan dan perencanaan yang matang dari pihak HRD nya. Namun, jika perusahaan memilih mengadakan proses training, maka metode pelaksanaan yang digunakan juga menjadi poin yang penting. Semoga bermanfaat.