-->

10 Tempat Wisata Bangka Belitung Terbaik yang cocok untuk Liburan

Sudahkah Anda merencanakan liburan Anda bersama keluarga, sahabat atau teman kantor? Tempat wisata mana yang bisa menjadi destinasi wisata favorit? Nah, bagi warga Bangka Belitung pasti sudah tidak asing lagi dengan nama tempat wisata terbaik di Bangka Belitung yang cocok untuk tujuan wisata liburan. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, sayang banget nih buat dilewatkan.

Bangka Belitung merupakan provinsi yang terdiri dari dua pulau utama. Pulau tersebut diberi nama Bangka dan Pulau Belitung. Meskipun Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, namun jangan salah, terdapat beberapa pantai yang indah serta kerukunan antar etnis. Pantai yang indah merupakan tujuan wisata yang menjadi daya tarik tersendiri.

Tidah hanya pantai, mari kita lihat berbagai wisata alam yang keren di Bangka Belitung meliputi wisata gunung, pulau, museum dan lain sebagainya. Tempat wisata ini lagi hits dikunjungi dan disukai oleh para wisatawan lokal maupun asing. Selengkapnya mari simak.

10 Tempat Wisata Bangka Belitung Terbaik yang cocok untuk Liburan

1. Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi yang berdekatan dengan kota Pangkal Pinang yaitu ibu kota provinsi Bangka Belitung, menyajikan kuliner terbaik yang bisa dicoba. Sambil menikmati pemandangan indahnya batu-batu karang yang berada di pinggiran Pantai, kita bisa menyantap hidangan seafood yang menggugah selera.

2. Gunung Menumbing


Memiliki ketinggian sekitar 355 meter di atas permukaan air laut, Gunung Menumbing menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung. Gunung Menumbing terletak Desa Air Belo, mentok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung. Daerah yang menjadi tempat bersejarah dimana Bung Karno dan Bung Hatta pernah diasingkan oleh Belanda pada tahun 1948-1949.

3. Pantai Tanjung Tinggi


Anda merupakan penggemar dari film Laskar Pelangi, nah disinilah salah satu tempat pembuatan filmnya loh. Wisata Pantai Tanjung Tinggi yang terletak di Desa Ciput, Kabupaten Belitung ini memilikipasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu terdapat juga batu-batu besar yang merupakan panorama yang indah nan menawan.

4. Pulau Batu Berlayar

Terdapat dua buah batu granit raksasa menjulang layaknya layar sebuah perahu, itulah Pulau Batu Berlayar. Tempat wisata yang terkenal karena dua buah raksasa itu, dapat ditempuh dengan waktu 15 menit dari pelabuhan Tanjung Kelayang untuk mencapai pulau ini.

5. Pantai Tikus

Pantai ini memiliki keindahan alam sangat indah dengan kuil - kuil yang berdiri didaerah perbukitan yang menambah keasrian yang cantik nan molek. Pantai Tikus ini merupakan tempat peribadatan masyarakat Tionghoa pada jaman dulu.
 
6. Pulau Lengkuas


Merupakan salah satu pulau kecil yang tidak hanya mempunyai keindahan pantai dengan pasir putihnya, tetapi nilai sejarah dimana terdapat mercusuar yang berumur ratusan tahun. Tahukah Anda bahwa Mercusuar yang sudah lama berdiri tersebut termasuk dalam peninggalan Belanda yang sudah dibangun sejak tahun 1882.

7. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang terletak di Sinar Baru, Sungai Liat Pulau Bangka. Merupakan salah satu pantai terindah di Indonesia, dengan panorama alam seperti batu granit besar yang indah. Juga panorama pantai yang indah dengan air laut yang jernih serta pasir pantai yang masih sangat bersih.

8. Museum Timah

Di Pulau Bangka ini juga terdapat Museum Timah, dimana daerah ini merupakan penghasil timah terbesar di Indonesia. Museum Timah ini merupakan satu - satunya yang ada di dunia. Mulai dari perkembangan sejarah industri pertambangan timah di Bangka Belitung, sampai proses penambangan dan berbagai jenis timah ditampilkan disini.

9. Danau Kaolin


Seperti halnya di Jawa Barat, wisata Danau Kaolin Pulau Belitung juga menyajikan kawah putih. Hanya kawah disini tidak berbau karena bukan dari kawah gunung vulkanik. Dengan pemandangan danau yang putih bersih, serta permukaan air danau yang berwarna biru indah berseri membuat panorama indah nan elok rupawan.

10. Bangka Botanical Garden

Berikutnya ada Ikon argowisata Bangka Belitung yang tidak kalah populer dengan destinasi wisata lainnya. Namanya adalah Bangka Botanical Garden. Letaknya bersebelahan dengan Pantai Pasir Padi.

Bangka Botanical Garden merupakan tempat argowisata dengan panorama alam indah nan sejuk dengan berbagai tampilan proses bertani dan berternak dengan baik dan benar. Asyik kan.

Nah, itulah tempat wisata di Bangka Belitung yang bisa dijadikan tujuan wisata pada saat berlibur. Semoga menjadi referensi ya dalam mempersiapkan liburan kita. Salam sehat dan sukses selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel