Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara melacak nomor hp orang lain tanpa diketahui

Nomor HP sudah menjadi kepemilikan yang wajib dimiliki oleh semua orang untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Namun, sebagian orang ada yang menyalahgunakannya untuk melakukan penipuan. Misalnya, nomor yang tidak dikenal tiba tiba menelepon atau mengirim pesan berupa link menawarkan kemenangan hadiah. Oleh karena itu, ada cara untuk melacak nomor hp orang lain tanpa diketahui oleh pemiliknya.

Hal ini penting untuk memastikan apakah nomor handphone tersebut dari orang yang memang Anda kenal atau bukan. Atau apakah nomor ponsel tersebut memang asli bukan nomor tipuan. Jangan khawatir, cara untuk mengetahui nomor hp baru adalah mudah. trik ini juga bisa dilakukan untuk melacak no hp yang hilang atau mengatasi permasalahan nomor kontak terhapus semua.

Anda bisa pilih metode melacak nomor mana yang ingin digunakan. Media bantuan yang dimanfaatkan adalah melacak nomor dengan email, WA web, Google Maps, Provider HP dan bagi para pengguna iPhone bisa menggunakan juga fitur Find My iPhone (iOS). Baik menggunakan cara melacak HP nomor orang lain dengan internet atau tanpa internet dan aplikasi, bisa Anda manfaatkan untuk pribadi.

Untuk cara melacak nomor hp orang lain selengkapnya, kita akan membahas secara detail pada tahapan sebagai berikut. Silahkan disimak.

Cara melacak nomor hp orang lain tanpa diketahui

1. Memanfaatkan Whatsapp Web

Cara melacak nomor hp yang pertama ini adalah menggunakan media sosial paling terkenal dan paling banyak digunakan. Siapa yang tidak memiliki whatsapp. Keberadaannya bahkan sudah menggantikan media sms dan telepon. Cara ini bisa Anda lakukan dengan tujuan untuk melacak nomor hp yang hilang. Langkah langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk melacak no hp lewat wa adalah dengan mengaktifkan whatsapp web bukan whatsapp aplikasi. Bisa menggunakan media komputer, PC atau laptop Anda untuk membuka Wa Web.
  • Setelah berhasil membuka akun whatsapp Anda melalui web, langkah selanjutnya adalah membuka pesan terakhir yang ingin Anda lacak dimana posisinya. Sebenarnya fungsi dari membuka pesan tersebut adalah untuk mendapatkan alamat IP dari orang tersebut. Jika pesan terakhir sudah memakan waktu beberapa hari sebelumnya, maka sebaiknya Anda mengajak orang lain untuk dijadikan teman mengirim pesan kembali.
  • Dengan cara diatas, Anda akan mendapatkan alamat IP seseorang dengan praktis serta tidak mengalami kesulitan apapun.
  • Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuka pesan terakhir pesan lalu menekan tombol  Ctrl+Alt+Del secara bersamaan pada keyboard. Maka berikutnya Anda akan masuk pada Task Manager.
  • Setelah itu, jangan lupa menekan tombol Windows+R secara bersamaan ketika Task Manager telah tampil. Berikutnya Anda bisa menekan cmd lalu Enter.
  • Ketika sudah muncul command prompt di layar komputer atau laptop, ketik netstat lalu Enter. Tujuannya adalah untuk mendapatkan IP sesuai keinginan Anda.
  • Setelah mendapatkan IP, jangan lupa catat alamat IP nya. Lalu tahap terakhir adalah dengan membuka jendela website baru. Website tersebut dibuka untuk menemukan cara mendapatkan IP seseorang yang sudah banyak diinternet.
  • Langkah terakhir adalah dengan memasukkan alamat IP yang sudah Anda dapatkan sebelumnya. 
  • Selesai. 

2. Memanfaatkan Google Maps Google Earth

Ada banyak sekali fitur yang disediakan oleh Google Maps yang bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Seperti layanan publik untuk mengetahui peta jalan raya, peta citra lewat satelit, panorama 360 derajat, perencanaan rute bepergian, kondisi lalu lintas dan lain sebagainya. Tahukah Anda ternyata, Google Maps juga bisa Anda gunakan untuk melacak nomor hp. Cara ini dilakukan dengan tahapan sebagai berikut.

  • Pertama, Anda perlu membuka aplikasi Google Maps untuk bisa melacak nomor. Untuk melacak nomor yang tidak aktif dapat memanfaatkan fitur “Google Earth” jangan lupa untuk menghubungkan koneksi internetnya secara online. Karena pemakaian kuota aplikasi Google Maps termasuk besar, silahkan untuk menghematnya dengan mengatur koneksi lewat internet berdasarkan time based atau waktu.
  • Kedua, ketika masuk pada aplikasi Google Maps maka Anda bisa masuk pada menu option. Disana masuklah di fitur daftar teman atau friend list. Nanti Anda bisa pilih add friend untuk menambahkan teman. Invite atau undang teman, tetangga, keluarga yang nomornya ingin dilacak. Pastikan bahwa nomor hp yang dilacak sudah menerima invite dari Anda.
  • Ketiga, sebagai langkah terakhir Anda bisa melacak target secara otomatis dengan mengetahui keberadaan nomor yang Anda lacak tadi. 

3. Memanfaatkan Google Maps Sharing lokasi

Selain cara diatas, masih ada cara lain untuk melacak nomor hp dengan menggunakan Google Maps yakni dengan sharing lokasi. Cara yang dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Pertama tama buka aplikasi Google Maps untuk membuka Handphone yang akan Anda lacak
  • Pilih tombol yang berada di menu ikon horizontal pada bagian pojok kiri atas. Selanjutnya pilih menu lokasi dan masuk kebagian halaman lokasi
  • Jangan lupa tekan tombol mulai di Google Maps tersebut
  • Setelah itu nanti akan ditampilkan berbagi lokasi selama kurun waktu 1 jam atau sampai dinonaktifkan. Berikutnya ada bisa klik yang lainnya.
  • Berikutnya Anda akan diminta mengisi nomor atau alamat email untuk melacak nomor HP. Isi dan kirim. Cara ini biasanya dilakukan oleh para penipu online.

4. Memanfaatkan fitur Find My iPhone (IOS)

Nah, berbeda dengan cara yang sudah disebutkan diatas, cara ini ditujukan untuk para pengguna IOS. Bagaimana caranya? Yuk simak penggunaan Find My iPhone dengan langkah sebagai berikut :

  • Melacak nomor hp dengan fitur Find My iPhone dimulai dengan menggunakan website webiCloud.
  • Lalu log ini dengan akun Apple Anda
  • Selanjutnya Anda sudah bisa membuka fitur Find My iPhone. Jika iPhone dalam posisi mati dan tidak tersambung internet, maka Anda harus menunggu iPhone kembali online.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang cara dan tips melacak nomor hp orang lain yang patut Anda ketahui. Khususnya apabila Anda sedang khawatir menerima pesan atau telepon dari orang yang tidak jelas, atau untuk kepentingan orang lain seperti melacak nomor ponsel teman lama, kenalan baru dan lain sebagainya. Informasi lainnya tentang teknologi, desain dan internet bisa lihat di abduweb.com

Perkembangan teknologi sudah semakin canggih. Jangan sampai, Anda tidak mengetahui cara cara praktis untuk mengatasi permasalahan umum yang kerap dialami seperti mengetahui nomor hp asli dan tipuan. Manfaatkan sebaik baiknya teknologi untuk kebutuhan Anda maupun membantu orang lain seperti menolong orang lain yang hp nya hilang atau melacak nomor tidak dikenal. Semoga bermanfaat.