-->

5 Makanan Khas Sumatera Barat paling enak dan unik

Padang adalah Ibu Kota dari Provinsi Sumatera Barat. Nah, jika membahas soal wisata kuliner kota Padang, Anda pasti sudah sangat kenal dengan Rendang. Bagaimana tidak, makanan ini masuk dalam daftar makanan terbaik di dunia loh. Nah, sebenarnya tidak hanya rendang saja, masih banyak lagi makanan khas dari Sumatera Barat ini yang terkenal paling enak dan unik.

Jenis masakan seperti apa yang Anda sukai? Olahan masakan daging, nasi, cemilan dan jajanan atau aneka minuman khas padang? Semua jenis makanan ini bisa Anda temukan di kota Padang karena sangat banyak ragamnya. Jika Anda adalah seorang pecinta kuliner, sangat direkomendasikan untuk menyantap makanan yang lezat dan nikmat dari daerah daerah di Indonesia ini termasuk kota Padang.

Biasanya masakan khas dari Povinsi Sumatera Barat memiliki cita rasa yang pedas, sangat cocok juga untuk Anda yang menggemari makanan nikmat dengan kepedasannya ini. Tapi bukan hanya rasa pedas, makanan lain dari kota Padang juga memiliki sensasi rasa lainnya yang tidak akan kalah menggoda. Apa saja nama makanan khas dari Kota Padang tersebut? Nah selengkapnya kita akan membahasnya satu persatu di bawah ini. Yuk perhatikan.

5 Makanan Khas Sumatera Barat paling enak dan unik

1. Palai Rinuak

Palai Rinuak adalah kuliner masakan pertama yang kita ulas. Pernahkah Anda mencicipi makanan khas di Minangkabau ini? Palai Rinuak sendiri adalah pepes ikan rinuak yang adalah ikan kecil kecil, uniknya jenis ikan ini hanya di temukan di Danau Minangkabau saja. Sekilas jika Anda memperhatikan bentuk ikannya maka akan menyerupai teri medan yang umumnya memang sangat cocok dijadikan pepes.

Di dalam palai rinuak, Anda bisa merasakan perpaduan yang apik antara ikan rinuak yang dibumbui dengan parutan kelapa. Selanjutnya dibungkus menggunakan daun pisang lalu dibakar. Inilah mungkin salah satu alasannya kenapa Palai Rinuak memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat. Anda bisa menikmati Palai Rinuak bersama dengan nasi hangat. 

2. Sala Lauak

Sala Lauak adalah khas makanan Sumatera Barat selanjutnya. Lebih spesifik asalnya adalah dari Pariaman. Tahukah Anda, makanan yang satu ini tidak akan kalah enak sama aneka makanan lainnya loh. Rasa yang ditawarkannya adalah dengan sensasi yang gurih sehingga bikin nagih. Proses pembuatannya sendiri adalah dari adonan tepung dan ikan yang sebelumnya sudah digiling dengan halus dan dibentuk bulat pipih.

Adonan tersebut nantinya akan digoreng sampai dengan matang. Nah, sebenarnya ada dua jenis untuk makanan ini. Jika Sala lauak adalah berbentuk bulat dan dibuat dengan ikan asin dengan tekstur yang sedikit keras. Maka Sala lunak biasanya berbentuk lebih pipih dan bahan utamanya dari ikan stuhuak. Gurihnya kuliner ini pasti bikin Anda ketagihan deh!

3. Gulai Itiak Lado Mudo

Gulai adalah makanan olahan yang sangat populer karena memang isinya memiliki banyak macam dan bervariasi. Masing masing daerah punya ciri khas dalam menyajikan Gulai. Padang punya masakan khas bernama Gulai Itiak Lado Mudo. Masakan ini memanfaatkan daging bebek sebagai bahan daging utamanya. Cocok sekali nih, jika Anda menyukai cita rasa yang diberikan dari daging bebek.

Gulai Itiak Lado Mudo memiliki sensasi cita rasa yang pedas dan gurih sehingga pasti akan menggugah selera nih. Apalagi untuk bumbu nya sendiri dibuat dari beraneka ragam rempah rempah yang lumayan lengkap, inilah sebabnya kenapa Gulai Itiak Lado Mudo memiliki cita rasa yang sangat istimewa.

4. Nasi Kapau

Nah, para penyuka Kuliner dengan bahan utama nasi, wajib nih untuk menyantap masakan khas padang bernama Nasi Kapau ini. Makanan ini menyajikan nasi, lauk pauk dan sambal dalam satu porsinya. Nah, lauk pauknya terdiri dari gulai ikan, gulai cangcang, tulang dan daging kerbau, gulai sayur nangka, cubadak, gulai ayam, dendeng daging dan masih banyak lagi. Anda bisa pilih nih sesuai selera.

Untuk menemukan makanan ini, umumnya bisa dijumpai pedagang nasi kapau di daerah pasar bawah. Atau lebih spesifik ada di di Rumah Makan Nasi Kapau yang berada di Jalan Kamang Magek, Kapau, Agam, provinsi Sumatera Barat. 

5. Teh Talua

Pernahkah Anda mendengar atau bahkan menikmati yang namanya Teh Talua? Teh Talua merupakan salah satu jenis minuman khas Sumatera Barat yang sangat nikmat. Cita rasa minuman hangat ini, tidak hanya nikmat tetapi juga memberikan kesehatan bagi tubuh kita loh. Nama lain dari minuman ini adalah teh telur. Campuran untuk membuatnya adalah dari telur kampung , rempah serta tambahan jeruk nipis.

Sekilas kalau Anda lihat penampilannya akan seperti dalgona coffe. Namun, untuk membuatnya sendiri akan sangat menantang loh. Teh telur ini harus dikocok dengan teknik tertentu untuk menghasilkan busa dengan warna yang berbeda antara bawah dan atas. Unik sekali bukan? 

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas daftar menu makanan sebagai khas masakan dari kota Padang, Sumatera Barat. Manakah menu favorit Anda? Bakalan susah nih untuk memilih salah satunya, mungkin akan menjadi beberapa masakan andalan saat berkunjung ke kota Padang. Ingin tahu informasi seputar kuliner daerah dan international terbaru yuk lihat di gajebz.com

Jika Anda ingin menikmati aneka masakan yang disebutkan atau jenis masakan lainnya khas dari kota Padang, tidak perlu repot repot berkunjung ke daerahnya. Sebab banyak dari warung makan atau restoran yang menyajikan makanan khas daerah ini loh. Anda juga menikmati ragam kuliner dari daerah lainnya seperti kuliner masakan Jakarta, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Medan, Samarinda dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel