-->

Inilah Kebiasaan buruk penyebab obesitas patut diketahui

Obesitas menjadi masalah kesehatan yang seringkali dialami oleh banyak orang dari berbagai latar belakang usia. Bukan hanya bagi para lansia, namun juga bisa berdampak bagi remaja dan anak anak jika mereka membiarkan berbagai kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan penyakit obesitas atau kelebihan berat badan. Untuk itu, Anda perlu tahu kebiasaan seperti apa yang perlu Anda hindari supaya terhindar dari ancaman obesitas. 

Kelebihan berat badan tidak hanya membuat seseorang tidak percaya diri, namun dapat beresiko menimbulkan masalah kesehatan yang lainnya. Salah satu penyakit yang bisa ditimbulkan karena obesitas adalah diabetes, stroke dan penyakit jantung. Mengingat bahwa kondisi obesitas ini merupakan akibat dari gaya hidup yang tidak sehat.

Cara antisipasi terbaik untuk menghindari risiko ini adalah menjaga pola hidup sehat. Sebisa mungkin untuk menghindari hal hal yang dapat memicu obesitas. Apa saja faktor penyebab obesitas? Ini termasuk kegiatan dalam kehidupan sehari hari. Mari kita lihat beberapa kebiasaan yang umumnya adalah hal hal yang menyebabkan obesitas.

Inilah Kebiasaan buruk penyebab obesitas patut diketahui


1. Kebiasaan ngemil

Kebiasaan buruk pertama yang disebutkan dalam daftar ini adalah kebiasaan ngemil. Kebiasaan ngemil yang dimaksud adalah makan makanan ringan dengan kadar gula berlebih dan cenderung tidak sehat jika dikonsumsi secara terus menerus. Barangkali penyebab yang satu ini tidak Anda adari sebagai salah satu pemicu obesitas dan kegemukan.

Kebiasaan ngemil juga umumnya menjadi salah satu faktor yang merusak program diet atau upaya menurunkan berat badan. Jika Anda tidak ingin mengalami obesitas sebagai puncak dampak kebiasaan buruk ini, maka sebaiknya secepatnya Anda perlu hindari. Boleh ngemil, asalkan sesuai porsi dan tidak berlebihan.

2. Suka makan dan minuman manis

Sebagian besar orang seringkali lebih menyukai makanan instan daripada memasak sendiri. Seperti halnya sekarang sudah banyak sekali makanan kemasan yang menjadi alternatif makanan dan minuman pilihan. Namun, tahukah Anda? Bahwa makanan dan minuman kemasan tersebut mengandung garam dan gula dengan kadar tinggi?

Bukan hanya itu saja, mengonsumsi makanan dan minuman manis ini berpotensi menyebabkan obesitas apabila dikonsumsi dalam taraf berlebih. Meskipun, sebagaimana yang kita tahu garam dsn gula juga kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh, tapi kalau jumlahnya berlebihan bisa memunculkan bahaya nya sendiri.

3. Jadwal makan yang tidak teratur

Selain dari segi banyaknya Anda mengonsumsi suatu makanan yang tidak sehat, kali ini Anda juga perlu menyoroti jadwal makan yang tidak teratur. Kebiasaan ini ternyata juga berpotensi memperburuk kondisi obesitas. Untuk mengatasi kebiasaan tidak baik ini sebaiknya mulailah dengan mengatur pola makan Anda.

4. Kekurangan minum air putih

Tahukah Anda bahwa tubuh kita sebenarnya membutuhkan asupan air mineral yang cukup yakni sekitar 2 sampai dengan 3 liter air minum dalam sehari loh. Air putih mempunyai peran yang sangat penting dalam segala proses yang ada di dalam tubuh. Untuk Anda yang sedang menjalankan diet sehat pun dianjurkan untuk mengonsumsi air putih secukupnya. Kondisi kekurangan asupan air mineral bisa membuat lemak tidak dapat dilarutkan dengan baik.

5. Kebiasaan tidur larut malam

Selain membutuhkan asupan air mineral yang cukup, tubuh juga memerlukan istirahat yang cukup. Setiap hari Anda penting untuk menciptakan tidur yang berkualitas. Walaupun kebutuhan tidur setiap orang adalah beda beda, namun umumnya Anda bisa mencukupi kebutuhan tidur yakni 7 sampai 8 jam istirahat. Jika kebutuhan tidur tidak tercukupi maka akan menimbulkan dampak negatif.

6. Mengonsumsi makanan tinggi kalori

Berikutnya yang juga menjadi salah satu faktor penyebab obesitas adalah mengonsumsi makanan tinggi kalori secara terus menerus. Khususnya apabila Anda juga jarang berolagraga, maka tidak akan mustahil potensi obesitas akan semakin besar. Kalori yang terus menumpuk akan menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya. Untuk mengatasinya tentu saja adalah dengan berolahraga serta mengonsumsi makanan yang rendah kalori.

7. Malas bergerak

Malas bergerak memiliki sebutan mager bagi anak jaman sekarang. Ini ungkapan yang sudah umum. Namun, tahukah Anda apa bahaya dari mager atau malas gerak ini? Kalau kita tahu gerak aktif bermanfaat dalam membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh, jadi enggan bergerak akan membuat kalori kalori yang masuk bertumpuk. Jadi sebaiknya hindari kebiasaan malas bergerak dam olahraga.

Demikianlah informasi lengkap yang dijelaskan kepada Anda terkait kebiasaan buruk penyebab obesitas mulai dari pola makan, kebiasaan tidur yang buruk, malas berolahraga dan lain sebagainya. Dengan memahami poin poin tersebut, Anda dihimbau untuk memperhatikan kebiasaan tersebut dan merubahnya. Yang awalnya menjalani kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan.

Anda tentunya setuju dengan ungkapan lebih baik mencegah daripada mengobati. Maka hal ini juga berarti Anda perlu menghindari kebiasaan buruk tersebut meskipun Anda menyukainya. Berbagai dampak buruk dari obesitas atau kelebihan berat badan bisa sangat fatal. Mari mulai dari sekarang untuk menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel