Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Situs belajar blogger gratis terbaru di tahun 2020

Belajar apapun bisa lebih mudah dengan menggunakan internet. Ada yang memanfaatkannya untuk meningkatkan skill atau kemampuan tertentu, memperoleh informasi yang luas, mengenalkan bisnis online dan masih banyak lagi yang lainnya. Salah satu bisnis online adalah blogger sebagai sebutan untuk penulis di internet. Di tahun 2020, telah tersedia deretan situs tempat belajar blogger terbaru dengan bimbingan lengkap dan gratis. 

Bagi para pemula atau orang orang yang awam terhadap keberadaan suatu situs website atau blog, tentunya akan merasa asing ketika mencoba menjalani sebagai penulis blogger. Pasalnya, meskipun kegiatan ngeblog termasuk mudah untuk dilakukan, nyatanya masih dibutuhkan berbagai cara, tips dan trik untuk bisa sukses dan menghasilkan uang dari blog.

Untuk itu, jika Anda mempunyai hobi menulis sekaligus ingin mendapatkan keuntungan dari blog, Anda bisa memanfaatkan teknologi internet itu juga untuk belajar seputar dunia blogger, wordpress, SEO dan istilah istilah lain yang akan Anda sering dengar. Situs website untuk belajar menulis online atau menjadi blogger akan membimbing Anda dari pemula sampai mahir. Situs terbaik apa saja yang bisa membantu Anda?

Sebagai berikut kita akan membahas daftar nama situs web tempat belajar blogging terbaru secara lengkap dan gratis. Mari simak.

10 Situs belajar blogger gratis terbaru di tahun 2020


1. Blog Buka Rahasia

Didirikan pada Desember tahun 2010 oleh Ahmad Khoirul Azmi, kini blog Buka Rahasia telah memiliki usia 10 tahun. Ini tentunya bukan waktu yang sedikit. Sebagai salah satu blog yang sudah lama dan memiliki pengalaman dalam dunia blogging maupun SEO, blog ini tidak diragukan lagi masuk dalam deretan situs tempat belajar blog terbaik.

Di dalam blog Buka Rahasia ini terdapat informasi yang lengkap mulai dari tips dan trik melakukan blogging serta teknik SEO yang baik dan benar. Tampilan yang sederhana pun akan lebih memudahkan Anda untuk mencari topik yang Anda butuhkan.

2. Blog Mas Sugeng

Situs yang satu ini sudah sangat terkenal di teling para blogger Indonesia. Sehingga tidak menutup kemungkinan situs blog Mas Sugeng juga akan sampai ditelinga Anda. Blog ini sesuai dengan namanya yakni dikelola oleh mas Sugeng. Di dalam situs ini sudah dikenal menyediakan berbagai template premium. Tidak lupa, yang terpenting telah tersedia lengkap panduan untuk ngeblog.

Bagi Anda yang baru memulai blog, informasi di dalamnya dapat membantu dari pengetahuan dasar loh. Selain itu, bahasa yang digunakan termasuk mudah dimengerti dan lengkap. Anda bisa berkunjung, belajar dan membeli template disini.

3. Blog Mastimon

Blog Mastimon adalah salah satu blog yang populer beberapa tahun belakangan ini. Meskipun demikian, situs ini masuk dalam daftar blog terbaik dalam menyajikan informasi seputar dunia blogging. Mas timon yang memiliki nama lengkap Timon Adiyoso selaku penulis berbagi tips dan trik ngeblog bahkan tersedia juga les privat blog.

Tidak hanya tersedia dalam bentuk tulisan article saja, untuk mendapatkan pembelajaran secara gratis Anda juga bisa mendapatkan berbagai video tutorial blogging gratis pada akun channel youtube yang dicantumkannya. Dengan demikian, informasinya sangat lengkap.

4. Blog Stuff

Selanjutnya ada situs blog Stuff yang direkomendasikan untuk Anda. Blog ini berisikan berbagI informasi tentang blog. Salah satunya adalah teknisi teknisi ngeblog dan SEO yang merupakan poin yang sangat penting dalam menjalankan bisnis sebagai seorang blogger. Namun, untuk sekarang ini blog Stuff akan lebih fokus bagi Anda yang ingin belajar Wordpress.

5. Blog Panduanim

Blog yang satu ini mengusung nama yang unik yakni Panduanim. Nah, nama ini sendiri sebenarnya diambil dari kata pandu atau istilah untuk memandu. Sesuai dengan fungsi blog ini yakni akan memandu Anda bagaimana caranya memulai blog. Tidak hanya sekedar membuat blog saja, Anda akan dibimbing untuk membuat artikel yang baik dan benar sehingga bisa bersaing di beranda google.

6. Blog Nyekrip

Nah, yang tidak kalah canggih lagi dalam menyediakan bahan bahan pembelajaran untuk para blogger pemula adalah Blog Nyekrip. Jika diamati, blog ini sepertinya lebih fokus terhadap wordpress dibandingkan dengan blogspot. Blog ini juga lebih spesifik membahas terkait pemrograman seperti HTML, CSS, JSS dan lain sebagainya. Bahasa yang digunakan cukup formal dan cocok untuk Anda yang ingin belajar pengkodean dan pemrograman.

7. Blog Niagahoster

Blog yang populer dan umumnya sudah banyak diketahui adalah blog Niagahoster. Blog ini sendiri merupakan perusahaan yang ada di Yogyakarta dan sudah mulai berdiri pada tahun 2013. Layanan yang diberikan sudah tidak diragukan lagi. Salah satu contohnya adalah layanan hosting terbaik di Indonesia yang bahkan sudah melayani sekitar 29 juta pelanggan dari 178 negara yang berbeda beda loh.

8. Blog Dewa web

Sudah bisa Anda tebak dari nama yang diusungnya yakni Dewa Web, topik di dalamnya membahas seputar website dan blog. Didirikan mulai tahun 2014 blog ini secara lengkap telah banyak mengulas tentang digital marketing, hosting, domain, dan lain sebagainya yang ada hubungannya dengan bisnis. Garis besarnya blog ini bertujuan membantu Anda untuk siap berbisnis online khususnya menggunakan website atau blog.

9. Blog Juragancipir

Berbeda dengan blog terbaik lainnya yang sudah kita bahas diatas, blog Juragancipir dikelola oleh seorang ibu rumah tangga. Namanya adalah Indri Lidiawati. Sejak tahun 2010, Indri Lidiawati telah membagikan berbagai macam materi berupa tips tips untuk ngeblog sampai hanya dengan diskusi ringan saja.

10. Blog Dolar

Situs tempat belajar blogger kali ini juga bisa Anda dapatkan di Blog Dolar. Situs yang sudah lama berdiri yakni dari tahun 2009 ini adalah buatan Herman Yudiono atau kerap disebut Kang Yudiono. Tidak hanya menyediakan panduan blog yang lengkap, tapi Anda juga akan menemukan motivasi yang pas buat Anda.

Uraian diatas adalah informasi update selengkapnya yang memberitahu Anda tentang rekomendasi situs belajar blogger gratis di tahun 2020. Situs terbaik dan populer tersebut direkomendasikan untuk Anda sebagai media pembelajaran terbaik yang bisa membawa Anda menjadi seorang blogger yang profesional dan terampil.

Daftar yang disajikan bukanlah berdasarkan paling populer atau terbaik, situs website yang disarankan untuk Anda bisa menjadi pilihan atau referensi Anda untuk memilih mana yang lebih cocok. Masing masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.