Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah alasan mengapa SEO penting untuk website bisnis

SEO adalah istilah yang sangat terkenal khususnya bagi para pemilik blog dan website. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimazition yang fungsinya adalah serangkaian upaya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan rank website di mesin pencari. Menurut Anda apakah kehadiran SEO ini penting? Anda bisa tahu jawabannya dengan menyimak alasan mengapa SEO sangat penting untuk blog dan website. 

Sebagian besar Anda mungkin sudah mengerti bahwa semakin tingginya rangking kemunculan blog atau website Anda dihalaman pencari, maka akan lebih mudah untuk mendatangkan visitor atau pengunjung bukan? Nah, ini adalah satu kelebihan dari SEO. Masih banyak lagi keunggulan yang perlu Anda ketahui untuk bisa membuat bisnis online Anda melalui blog atau website sukses.

Untuk mendapatkan semua keuntungan dari SEO, Anda perlu menerapkan teknik SEO terbaru yang biasanya selalu diperbaharui dari waktu ke waktu. Metode SEO yang Anda gunakan akan memberikan pengaruh yang cukup besar bagi kelancaran bisnis Anda. Untuk menjadi motivasi Anda untuk menerapkan teknik SEO ini, mari kita ulas beberapa alasan mengapa SEO sangat penting sebagai berikut.

Inilah alasan mengapa SEO penting untuk website bisnis


1. Informasi online lebih banyak dicari

Tidak diragukan lagi bahwa informasi yang tersedia di dalam internet lebih banyak dicari. Seringkali informasi yang didapat diinternet tersebut telah dijadikan sebagai suatu persepsi awal untuk pengunjung terhadap bisnis yang Anda tawarkan. Sebaliknya, banyak dari para konsumen yang potensial muncul setelah menemukan blog atau website Anda. 

Oleh sebab itu, sesuai fungsi dari SEO yang sudah kita bahas, untuk membuat konsumen atau pelanggan menemukan blog Anda diperlukan teknik SEO. Teknik SEO dalam website yang Anda kelola akan menemukan para konsumen yang potensial.

2. Meningkatkan traffic organik

Bukan suatu rahasia lagi bahwa pencarian organik yang dilakukan oleh para pembaca atau pengunjung adalah bersumber utama melalui lalu lintas situs web. Jika sudah demikian maka terjadinya peningkatan traffic organik tersebut akan memberikan suatu keuntungan yang begitu luar biasa. Bisa dikatakan ini adalah suatu cara sehat untuk mendapatkan visitor dengan aman.

Beberapa orang yang mengelola suatu blog atau website mungkin telah melakukan promosi melalui media sosial, dari satu orang ke orang lainnya, forum atau grup online dan lain sebagainya. Namun, tahukah Anda bahwa sumber traffic terbaik adalah melalui pencarian situs web.

3. Membangun kepercayaan pengunjung

Sebelum akhirnya mengambil langkah untuk mengelola suatu blog atau website, Anda perlu mempersiapkan diri dalam berbagai hal supaya nantinya situs Anda bisa dipercaya. Sebenarnya ada banyak faktor atau elemen yang mampu meningkatkan otoritas sebuah situs website, pertama yang paling penting adalah mampu menyediakan berbagai konten artikel yang dapat dipertanggungjawabkan.

Website SEO friendly pada umumnya akan menggunakan yang namanya backlink. Ini merupakan salah satu metode SEO Off Page dari sumber yang sifatnya kredibel. Namun, untuk itu membutuhkan waktu secara berkala untuk membangun kepercayaan pemgunjung melalui website tersebut. 

4. Memberikan pengalaman bagi para pengunjung

Pada prinsipnya, website tidak dirancang untuk mesin pencari, namun untuk para pembaca atau pengunjung. Oleh sebab itu, sifatnya bukan hanya disarankan untuk SEO friendly tetapi juga harus User friendly. Dengan demikian, sewaktu mengelola blog atau website Anda perlu pikirkan kenyamanan pengunjung saat membaca konten Anda. Pastikan bahwa mereka mendapatkan apa yang mereka cari dan butuhkan.

Anda tentu sudah tahu bahwa pengunjung datang bukan hanya untuk menghabiskan waktunya saja, melainkan untuk melihat informasi, produk ataupun jasa yang mereka butuhkan di dalam blog atau website Anda. Untuk memberikan pengalaman yang baik untuk para pengunjung salah satu caranya adalah dengan menyediakan konten yang berkualitas serta mampu landing page dengan cepat. Inilah mengapa penting SEO bagi website Anda.

5. Strategi jangka panjang

Walaupun selalu diperbaharui, metode SEO bisa Anda jadikan sebagai suatu strategi jangka panjang. Mengapa? Mengingat banyaknya manfaat yang baik dirasakan secara langsung maupun tidak langsung apabila menerapkan upaya penerapan pengoptimalan ini, Anda bisa menuai keuntungannya secara bertahap.

6. Memberikan peluang baru

Tahukah Anda? Salah satu manfaat dengan menggunakan teknik SEO adalah bisa meningkatkan brand awareness. Tidak hanya itu saja, pengoptimalan ini juga akan memberikan pengaruh baik lainnya. Beberapa diantaranya adalah kemampaun mengonversi pengunjung menjadi pelanggan.

Keuntungan ini pasti bukan hanya dibutuhkan bagi Anda yang mengelola website bisnis, tetapi juga bagi pengelola blog pribadi. Inilah juga yang melatarbelakangi mengapa penerapan SEO begitu penting untuk diperhatikan.

Uraian diatas adalah informasi lengkap yang membahas seputar jawaban dari pertanyaan mengapa SEO sangat penting untuk kesuksesan website atau blog. Sampai disini Anda sudah bisa memahami pengaruh SEO dalam bisnis online Anda tersebut. Tanpa adanya upaya untuk menerapkan teknik SEO, maka hasilnya tidak akan seperti apa yang diharapkan.

Dengan demikian, tidak ada salahnya jika Anda mempunyai tujuan untuk mendapatkan keuntungan sebanyak banyaknya dari blog dengan memahami dan mempraktekkan SEO pada saat mengelola blog atau website. Memahami bagaimana cara kerja SEO bukanlah suatu hal yang sulit, Anda hanya perlu upaya dan ketekunan dalam memaksimalkan beberapa teknik SEO. Semoga bermanfaat.