-->

10 Khasiat Daun Sirih Hijau untuk Kesehatan

Sirih merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat dan khasiat dalam kehidupan manusia. Tak heran daun sirih hijau sendiri sudah dimanfaatkan menjadi berbagai olahan produk untuk berbagai kepentingan. Misalnya untuk kesehatan, kecantikan, produktivitas dan masih banyak lagi. Hal ini dikarenakan daun sirih memiliki keunggulan yakni kaya akan kandungan baik.

Zat zat di dalam daun sirih yang utama adalah kandungan tannin, saponin, eugenol dan masih banyak lagi berbagai jenis minyak essensial lainnya. Zat tersebut menjadikan daun sirih kaya manfaat. Khususnya dalam bidang kesehatan daun sirih disebut sebagai obat tradisional dengan sifat anti inflamasi, anti septik serta pendingin kulit.

Apabila Anda mengonsumsi dengan cara makan atau minum air rebusan daun sirih, segera Anda bisa merasakan khasiatnya untuk kesehatan organ organ tubuh. Baik dalam hal kesehatan tubuh, kulit dan juga wajah. Tapi timbul pertanyaan, bagaimana cara memanfaatkan daun sirih untuk kesehatan? Atau apa saja kelebihan dari daun sirih mencangkup khasiatnya dalam menjaga kesehatan atau mengobati penyakit?

Anda bisa dapatkan jawaban secara lengkap pada pembahasan dibawah ini meliputi 10 khasiat daun sirih hijau bagi kesehatan tubuh manusia. Silahkan disimak. Baca : Cara memutihkan Mata Merah.

10 Khasiat daun sirih hijau untuk kesehatan

1. Mencegah penyakit kanker

Daun sirih memiliki kandungan antioksidan eugenol yang memiliki peranan penting di dalam tubuh kita. Misalnya jika Anda merebus daun sirih hijau maupun merah, maka air rebusan tersebut bisa sebagai alat untuk memerangi radikal bebas yang secara tidak kita sadari ada disekitar kita. Khususnya zat baik dalam daun sirih ini akan mencegah radikal bebas yang merupakan pemicu penyakit kanker bagi penderita diabetes tipe 2.

2. Menurunkan gula darah

Para peneliti telah melaporkan bahwa apabila kita mengonsumsi air rebusan daun sirih atau dengan cara lainnya seperti mengeringkan daun sirih lalu dihancurkan menjadi bubuk, dapat memberikan manfaat yakni menurunkan gula darah khususnya bagi orang orang yang baru terdiagnosis menderita diabetes tipe 2. Namun, apabila Anda sebelumnya sudah menjalani pengobatan diabetes oleh dokter, sebaiknya pemanfaatan daun sirih ini dikonsultasikan terlebih dahulu.

3. Menurunkan kolesterol

Salah satu manfaat daun sirih yang paling populer adalah menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Hal ini dikarenakan daun sirih memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Sebagaimana yang sudah kita sebutkan diatas bahwa daun sirih bermanfaat untuk menangkal radikal bebas oleh zat antioksidan eugenol yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit kronis.

Nah, salah satu penyakit yang berbahaya tersebut adalah kadar kolesterol atau lemak jahat yang bisa menyebabkan penyakit lainnya seperti stroke, penyakit jantung, kardiovaskular dan lain sebagainya. Sebaliknya, kandungan dari daun sirih hijau dan merah akan meningkatkan jumlah kolesterol baik. Baca : Cara menghilangkan Bau Badan.

4. Mempercepat penyembuhan luka bakar

Daun sirih merupakan tanaman anti septik yang sangat luar biasa, siapa sangka tanaman yang satu ini bisa dijadikan sebagai obat luka bakar yang ampuh. Umumnya orang yang mengalami luka bakar  akan mengalami juga stress oksidatif yang lumayan tinggi didalam dirinya. Nah, stres ini menghambat proses penyembuhan luka tersebut.

Dengan daun sirih yang kaya akan antioksidan, maka akan bekerja secara optimal untuk mempercepat penyembuhan luka bakar. Daun sirih akan memberikan perlindungan ganda terhadap kuman sehingga akan menghambat infeksi. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan polifenol.

5. Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting. Selain dari segi kesehatan juga dari segi penampilan. Mulut dan gigi yang sehat bisa menunjang penampilan yang optimal. Daun sirih merupakan salah satu bahan herbal yang bisa membantu dalam hal menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Misalnya dengan mengunyah daun sirih atau berkumur menggunakan air rebusannya maka bisa menghambat adanya pertumbuhan bakteri pada mulut. Tidak hanya itu saja, daun sirih berkhasiat dalam mencegah timbulnya gigi berlubang. Bagaiaman caranya? Akan ada perlawanan terhadap asam yang dihasilkan oleh bakteri.

6. Mengobati mimisan

Sejak dulu, daun sirih sudah dikenal sebagai obat untuk mengobati mimisan. Bagaimana bisa? Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan tannin yang ada dalam daun sirih mampu mempercepat respon tubuh terhadap penyembuhan luka. Manfaat ini berkaitan dengan proses penyembuhan luka bakar.

Menurut sebuah penelitian juga menemukan bahwa daun sirih ini juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada manusia. Sehingga apabila immun sudah kuat, semakin cepat pula luka atau peradangan yang terjadi sembuh.

7. Menjaga saluran pencernaan

Baik daun sirih hijau maupun merah ternyata dalam fungsinya juga dapat meningkatkan produksi lendir sehingga bisa membantu melindungi saluran pencernaan. Lendir ini memiliki peranan penting untuk mencegah terjadinya luka di dinding usus maupun lambung yang mungkin saja terjadi karena berbagai faktor.

Selain itu, menariknya daun sirih juga berperan dalam meningkatkan metabolisme pada saluran cerna sehingga akan mengoptimalkan proses pencernaan lebih baik lagi. Dalam proses pengunyahan makanan juga daun sirih akan meningkatkan produksi air liur sehingga makanan yang dikunyah akan lebih mudah dicerna.

8. Membantu menurunkan depresi

Beberapa riset sudah membuktikan bahwa daun sirih ini mampu mengendalikan gejala atau ciri ciri depresi yang bisa dialami oleh siapa saja. Misalnya sebuah riset menyatakan bahwa dengan mengunyah daun sirih atau meminum rebusannya bisa memicu otak kita untuk memproduksi hormon bahagia bernama serotonin dalam jumlah lebih banyak.

9. Mengobati radang prostat

Daun sirih bisa dijadikan sebagai obat alternatif untuk mengatasi permasalahan peradangan prostat. Adanya kandungan satonin dan saponin bisa membantu dalam memperbaiki adanya kerusakan sel sel pada kalenjar prostat supaya pada akhirnya bisa kembali berfungsi seperti biasanya. Cara pemanfaatannya pun cukup mudah diman Anda hanya perlu merebus 3 sampai 5 lembar daun sirih. Air rebusannya tersebut bisa dikonsumsi 3 kali dalam sehari.

10. Meningkatkan energi

Mengunyah daun sirih ditambah dengan biji pinang secara khusus bisa meningkatkan energi yang ada di dalam tubuh. Biji pinang sendiri memiliki kandungan zat aktif yang cara kerjanya mirip dengan alkohol, nikotin dan kafein yakni sama sama merangsang hormon adrenalin. Peningkatan hormon inilah yang akan membuat Anda lebih fokus, waspada dan berenergi.

Inilah informasi terbaru yang disajikan mencangkup manfaat dari daun sirih hijau yang sudah populer dalam bidang kesehatan. Baik daun sirih hijau maupun daun sirih merah sama sama mempunyai keunggulan yang tidak bisa disepelekan. Air rebusan daun sirih sejak zaman dulu kala bahkan dipercaya sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah penyakit. Inggin baca tips khasilat daun sirih lainnya silahkan baca KHASIAT KEHIDUPAN.

Hal ini didukung oleh penelitian canggih dijaman sekarang yang turut membuktikan khasiatnya. Seperti uraian diatas, jika Anda memiliki masalah kesehatan yang disebutkan Anda bisa menjadikan daun sirih sebagai pengobatan tradisional yang paling berkhasiat. Tentunya selalu konsumsi dengan cara yang benar seperti konsumsi sewajarnya dan bila perlu konsultasi kepada dokter kepercayaan Anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel