Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara mengatasi HP LAG saat main Game

Kegiatan main game sangat disukai oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak anak, anak remaja, anak muda sampai dengan orang dewasa. Namun, seringkali yang menjadi hambatannya adalah kondisi LAG atau error tiba tiba ditengah permainan. Hasilnya, Anda menjadi kesal dan tidak menikmati permainan di HP Androidatau Smartphone tersebut. Lantas bagaimana cara mengatasinya dengan ampuh?

Memang pada awal membeli sebuah ponsel pintar Anda tidak akan menemui permasalahan LAG. Namun, tahukah Anda? seiring waktu berjalan Handphone Anda akan mengalami penurunan kinerja sehingga menimbulkan berbagai keluhan mulai dari perangkat lama lama terasa lambat, loading lama bahkan timbul patah patah saat bermain game.

Hal ini berlaku untuk game online maupun game offline yang sebenarnya memerlukan dukungan dari perangkat yang mumpuni. Namun, jangan khawatir jika HP Smartphone Anda termasuk perangkat lama dan sering LAG. Ada beberapa solusi praktis dan mudah untuk Anda lakukan sebagai penanganan terbaik. Ini juga merupakan tips dan trik dalam menjaga kesehatan HP Android Anda dengan baik. Mari simak sebagai berikut :

10 Cara mengatasi HP LAG saat main Game

1. Menghapus file yang tidak penting

Fileyang menumpuk bisa memberatkan kinerja Handphone. Padahal ruang kosong di dalam HP Android atau Smartphone sangat bermanfaat untuk kesehatan perangkat tersebut. Seberapapunfileyang ingin Anda simpan, patut diperhatikan untuk selalu menyisakan ruang kosong. Khususnya jika Anda hanya menyimpan file yang tidak penting, harap dihapus saja, karena hal tersebut hanya memberatkan saja sehingga akan terjadi LAG atau error.

Biasanya file tidak penting tersebut berada di folder download atau juga bluetooth yang merupakan aktivitas terima dan kirim file. Selain itu, file lainnya bisa temukan dicache video online dan offlinemaps. Untuk membuat ruangan lebih lega, Anda bisa menghapus pesan di media sosial seperti Whatsapp, line, messenger, SMS dan lain lain yang tidak penting.

2. Menghapus aplikasi tidak digunakan

Kemungkinan Anda mempunyai satu atau dua aplikasi yang jarang digunakan atau bahkan tidak dipakai. Nah, selain menghapus file tidak penting, Anda bisa mengosongkan ruangan dengan menghapus atau menonaktifkan aplikasi yang tidak terpakai. Sebelum menghapus, Anda bisa memastikan di dalamnya apakah menyimpan file atau data penting atau tidak. Anda bisa membackupnya terlebih dulu.

3. Membersihkan Cache

Tahukah Anda? Hampir semua aplikasi yang Anda gunakan menghasilkan cache yang digunakan untuk berbagai kebutuhan. Normalnya beberapa aplikasi bisa secara otomatis menghapus cache lama sehingga tidak menjadi besar. Tapi tidak dengan aplikasi lainnya yang tidak berjalan normal, sehingga Anda perlu secara manual membersihkan cache tersebut. Menghapus cache sendiri karena tidak mengganggu data utama yang ingin Anda simpan.

4. Menggunakan alat bantu aplikasi pembersih

Selain menggunakan berbagai cara yang Anda lakukan sendiri secara manual pada poin sebelumnya, Anda juga bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk membantu menjaga kesehatan HP Android atau smartphone Anda yakni memanfaatkan alat bantu aplikasi pembersih secara khusus. Sekarang ada banyak aplikasi yang bisa dengan canggih membersihkan sampah djAndroid dengan otomatis. Beberapa yang direkomendasikan adalah Ccleaner, Clean master, The cleaner dll.

5. Menggunakan jaringan 4G atau Wifi

Apalabila Anda memiliki kegemaran terhadap bermain game yang membutuhkan kinerja optimal. Khususnya game online, cobalah untuk menggunakan jaringan 4G atau wifi. Terkadang masalah LAG bisa terjadi bukan hanya dari faktor perangkat. Melainkan juga dari faktor jaringan internet yang lambat. Dengan demikian Anda harus memastikan bahwa jaringan internet Anda kuat dan tidak lemot.

6. Selalu Mengupdate Game

Sebagaimana yang kita tahu setiap perangkat aplikasi yang Anda gunakan harus diperbaharui secara berkala. HP Android canggih sekarang sudah mampu mengupdate aplikasi secara otomatis, mungkin termasuk juga aplikasi permainan Anda. Namun, alangkah lebih baik Anda mengecek sendiri apakah Anda sudah menjalankan game versi update atau belum. Jika belum, silahkan untuk mengupdate game secara manual.

7. Mematikan aplikasi bekerja di latar belakang

Dewasa ini ada saja orang yang tidak memperhatikan aplikasi berjalan dilatar belakang yang bisa memberatkan kondisi perangkat bekerja terlalu keras. Banyak aplikasi yang aktif dalam waktu bersamaan akan membuat HP Anda cepat panas dan akhirnya lambat. Oleh sebab itu, segera setelah aplikasi Anda sudah tidak digunakan, jangan biarkan tetap aktif. Lebih baik tutup saja.

8. Hindari Charging sambil bermain

Charging atau mengisi daya adalah kegiatan perawatan HP atau perangkat yang wajib dilakukan supaya bisa bertahan lama. Namun, hal ini jangan sampai membuat Anda mengisi daya sambil bermain karena mungkin lagi seru serunya. HP Anda perlu istirahat penuh pada saat mengisi daya. Hawa panas pada saat mencharging bisa memperlambat kinerja Handphone Anda, jika masih dimainkan.

9. Merestart Game

Sudah mengikuti berbagai cara diatas tapi masih terjadi lagging juga? Nah, kalau begitu solusi lainnya adalah langsung merestart game tersebut. Dengan melakukan restart ini bisa meringankan performa ponsel Anda sehingga kemungkinan lag bisa teratasi. Pertama tama Anda bisa mendiamkan HP selama 10 menit atau lebih untuk beristirahat total. Apabila dirasa sudah cukup, Anda bisa coba untuk memainkannya kembali.

10. Mengganti Handphone

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan sensasi bermain game di HP Smartphone yang seru dan menyenangkan tanpa LAG adalah dengan mengganti HP Anda tersebut. Terutama jika Anda sudah melakukan semua hal diatas namun, masih saja terjadi LAG. Hal ini terjadi kemungkinan dari ponsel Anda sendiri yang memiliki batasan atau spesifikasiyang tidak mumpuni untuk bermain game.

Apabila Anda ingin mengganti HP baru sebaiknya pilih perangkat canggih yang memiliki cukup spesifikasi untuk mendukung bermain game. Dalam hal ini tidak perlu mencari ponsel pintar yang mahal. Sudah banyak sekarang tipe atau merek HP canggih untuk bermain game dengan dibanderol harga murah atau terjangkau.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas berbagai poin terkait langkah langkah mengatasi ponsel sering error dan lemot. Terutama pada saat bermain game yang membutuhkan kinerja kecepatan yang optimal. Anda bisa pilih beberapa tips untuk diterapkan sebagai solusi sesuai dengan kebutuhan atau kondisi HP Android Anda. Ada banyak tips Android yang bisa anda baca di situs tekno-tips.com.

Tidak hanya untuk HP Android atau Smartphone, teknik mengatasi LAG ini beberapa diantaranya bisa Anda lakukan untuk menangani jenis perangkat elektronik lainnya seperti halnya LAG pada laptop, komputer, tab, iPad, tablet atau yang lainnya. Dalam hal ini yang paling penting dalam metode menghindari error di perangkat adalah perawatan rutin dan perlakuan yang sehat terhadap perangkat. Semoga bermanfaat.