RPP PKN kelas 7 semester 2 Kurikulum 2013 revisi 2018

RPP merupakan singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pengertiannya sendiri adalah Tahappenggambaranpengorganisasian atau prosedur  untuk tujuan mencapai kompetensi dasar yang kemudian ditetapkan dalam standar isi serta dijabarkan melalui silabus. Sebagai contoh adalah RPP PKN kelas 7 pada semester 2 kurikulum 2013 yang direvisi tahun 2018 banyak dicari sebagai rencana belajar yang baik.

Anda mungkin yang belum begitu memahami apa itu RPP, setidaknya harus tahu pentingnya RPP dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Khususnya untuk para guru, wali kelas, ataupun orang tua. Penyusunan RPP tidaklah mudah, namun harus menjalani proses yang matang. Rencana Pelaksanaan pembelajaran ini berlaku untuk semua mata pelajaran baik PKN, MTK, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS dan masih banyak lagi.

Khususnya pada pembahasan ini kita akan membahas terkait RPP untuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Sebagai salah satu bidang pendidikan yang utama dalam proses pembelajaran baik Sekolah Dasar (SD), SMP, SMA/SMK sederajat membuatnya patut menjadi pusat perhatian di setiap semester yakni 1 dan 2. Namun, selengkapnya pada uraian dibawahini kita akan menguraikan secara singkat RPP PKN untuk semester genap kurikulum 2013 revisi 2018. Mari cermati.

RPP PKN kelas 7 semester 2 Kurikulum 2013 revisi 2018

Sekilas tentang PKN atau yang juga kita kenal dengan Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu pelajaran wajib untuk sekolah maupun perguruan tinggi. PKN sudah mulai diajarkan dari kelas 1 Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan sampai dengan proses pembelajaran perkuliahan. Tidak hanya itu, PKN juga harus dipelajari baik dalam pendidikan tidak formal seperti sekolah kesetaraan, pesantren dan berbagai sekolah lainnya.

Sesuai dengan namanya yakni Pendidikan Kewarganegaraan memiliki lingkup pembelajaran yang membahas terkait seluruh aspek kehidupan sebagai salah satu warga negara Indonesia yang baik terhadap bangsa dan negaranya. Hal ini juga mencangkup hak hak apa saja yang patut diterima sebagai warga negara.

Baca Juga :

Untuk mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga negara tersebut, peserta didik harus mempelajari pendidikan kewarganegaraan ini. Terutama pada pembelajaran kelas 7 Semester 2, anak anak akan diberikan materi terkait hak dan kewajiban warga negara Indonesia secara detail dan spesifik. Selanjutnya, bagaimana bisa tumbuh rasa kecintaan kepada bangsa Indonesia, jika murid tidak mengetahui ideologi negaranya sendiri? Disinilah pentingnya untuk mempelajari PKN.

Penyusunan RPP untuk kelas 7 Semester 2 Kurikullum 2013 revisi tahun 2018 akan dijabarkan melalui materi pembelajaran PKN Kelas 7. Sebagai berikut adalah topik pembahasan bab perbab untuk RPP pelajaran PKN Kelas 7 selama semester genap :
  • Bab 1 : Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Ideologi atau Dasar Negara
  • Bab 2 : Norma dan Keadilan
  • Bab 3 : Perumusan dan Pengesahan UUD 1945
  • Bab 4 : Keberagaman suku, agama, ras dan antara golongangolongan di negara Indonesiayang menjunjung Bhinneka Tunggal Ika
  • Bab 5 : Kerjasama dalam seluruh bidang dan aspek dalam kehidupan
  • Bab 6 : Daerah daerah sebagai kerangka dalam NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)

Sedangkan untuk RPP pembelajaran PKN kelas 8 akan lebih kompleks sebagai berikut :
  • Bab 1 : Pancasila berlaku sebagai suatudasar bagi Negara Indonesia serta Pandangan Hidup dalam berbangsa dan bernegara
  • Bab 2 : Makna, fungsi dan kedudukan dariUndang Undang Dasar 1945 (UUD 1945)serta berbagai peraturan perundang undangan yang lainnya dalam cakupan sistem hukum Nasional di Negara Indonesia.
  • Bab 3 : Tata urutan dalam Perundang undangan sebagaisuatu sistem Hukum Nasional negara Indonesia.
  • Bab 4 : Arti dan makna memperingati HariKebangkitan Nasional Tahun 1908 yakni perjuangan untuk kemerdekaan Negara Kesatuan, Indonesia.
  • Bab 5 : Nilai dan semangat Sumpah Pemuda pada tahun 1928 dengan kebhinekaantunggal ika.
  • Bab 6 : Komitmen kebangsaan yang kolektif untuk semakin memperkuat NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Berbeda dengan pembelajaran kelas 7 dan 8, sebagai berikut adalah Pembelajaran PKN kelas 9 dalam pembahasan bab per bab yaitu :
  • Bab 1 : Dinamika yang terjadi dalam lingkungan masyarakat dan dengan praktik yang ideal terkait pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia dan sebagai pandangan hidup.
  • Bab 2 : Pokok pikiran dan isi alinea yang terkandung di dalam Undang Undang 1945
  • Bab 3 : Bentuk serta kedaulatan Negara Indonesia sesuai dengan Undang Undang Dasar 1945
  • Bab 4 : Prinsip kesatuan dalam keberagaman suku, ras, agama serta antar golongan yang berada dalam Bhineka Tunggal Ika
  • Bab 5 : Prinsip Harmoni untuk keberagaman Suku, ras, agama dan antar golongan yang berada dalam Bhinneka Tunggal Ika
  • Bab 6 : Konsep kecintaan pada tanah air, membela negara sebagai konteks NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan pembahasan materi pembelajaran PKN kelas 7, 8, dan 9 yang tertib, rapi dan terarah pembuatan RPP akan disesuaikan. Dewasa ini sudah banyak sekali informasi yang merangkum materi RPP pendidikan dalam berbagai perangkat pembelajaran. Yang lain masih dalam tahap proses. Lengkapi informasi rencana pembelajaran anak didik dengan menyeluruh sesuai dengan RPP yang ditetapkan dalam kurikulum 2013 revisi tahun 2018.

Lihat Juga : kherysuryawan.id | Blog informasi Pendidikan

Uraian diatas adalah informasi terbaru yang memberitahu Anda seputar RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk Pendidikan Kewarganegaraan kurikulum 2013 revisi 2018 khususnya bagian semester 2. Dengan memahami RPP secara lengkap Anda sudah bisa melihat ada tujuan dan fungsi baik dari RPP. Salah satu manfaatnya adalah memperlancar, mempermudah dan meningkatkan proses belajar mengajar.

Dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran secara profesional, berdaya guna dan sistematis, maka sang guru bisa melihat, mengamati serta menganalisis program pembelajaran yang tepat, logis dan terencana untuk para peserta didik. Semoga dengan uraian lengkap RPP PKN semester 2 sebagai informasi update turut membantu Anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel