10 Penyebab Wanita susah Hamil dan cara Mengatasinya

Memiliki anak setelah menikah sudah menjadi impian kebanyakan pasangan suami dan istri. Namun, tidak semua beruntung dan segera dikaruniai sang buah hati. Beberapa wanita mengalami masalah susah hamil. Ada yang menunggu kehamilan sampai jangka waktu yang lama. Sebenarnya, ada beberapa faktor penyebab seorang perempuan kesulitan untuk hamil. Setelah mengetahui penyebabnya, barulah Anda bisa mencari cara mengatasinya secara tepat.

Setiap orang memiliki tanggapan yang berbeda. Ada yang cepat hamil dan lama hamil membuat banyak pasangan hanya menebak nebak dan akhirnya terkecoh akan mitos kesuburan yang belum pernah dipastikan kebenarannya. Menurut para ahli dalam bidang ini penyebab susah mengandung ada beberapa faktor dari luar maupun dalam yang mempengaruhi.

Pasangan suami istri kemungkinan secara tidak sadar melakukan berbagai hal yang bisa menghambat proses kehamilan. Ada yang bahkan sudah menjadikannya sebagai kebiasaan. Yang lain lagi tidak menjalani pola hidup sehat. Padahal hal hal inilah yang menjadi cara cepat hamil. Untuk itu, sebaiknya Anda mencari tahu informasi selengkapnya terkait penyebab wanita susah hamil yang banyak dialami sekarang beserta tips dan trik terbaikmenanganinya. Mari simak.

Penyebab Wanita susah Hamil dan cara Mengatasinya

1. Obesitas

Masalah obesitas atau kelebihan berat badan memang bisa menimbulkan banyak sekali problem lain. Mulai dari berbagai penyakit berbahaya sampai dengan menghambat proses kehamilan. Bagaimana bisa? Tahukah Anda? Sebesar 30 persen dalam kasus ketidaksuburan adalah mereka mengalami obesitas. Pola makan yang buruk memicu obesitas yang akhirnya menyulitkan pasangan suami istri untuk segera memiliki anak.

Bagaimana solusinya? Pertama tama Anda harus memfokuskan kesehatan Anda terlebih dahulu. Caranya dengan memperhatikan pola makan yang baik. Sebenarnya tidak ada pola makan khusus, yang terpenting adalah Anda bisa mengendalikan makanan yang Anda konsumsi supaya tidak menyebabkan obesitas.

2. Sering atau tidaknya berhubungan suami istri

Terlalu jarang dalam berhubungan suami istri akan membuat kemungkinan kecil untuk pembuahan. Apabila Anda sedang merencanakan untuk memiliki momongan, sebaiknya Anda bersama pasangan melakukan hubungan seks 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Ada yang berkomentar bahwa hubungan pasutri bisa dilakukan setiap hari supaya cepat hamil. Namun, Anda perlu tahu bahwa adakriteria tersendiri untuk menunjukkan frekuenzi hubungan seksual yang tepat dan ideal tadi.

3. Penyakit organ reproduksi

Penyakit organ reproduksi kerap menjadi permasalahan yang membuat beberapa pasangan suami istri susah memiliki anak. Penyakit dalam organ reproduksi ada banyak jenisnya mulai dari tersumbatnya tuba falopi, sel telur nampak lebih kecil dan tidak matang, Endometriosis, PCOS dan lain sebagainya. Untuk mengetahuinya, Anda perlu memeriksakan kondisi kesehatan Anda kedokter.

4. Pernah menunda kehamilan

Penyebab sulit hamil berikutnya yang bisa jadi menghambat proses kehamilan wanita adalah dari riwayat sebelumnya yakni pernah menunda kehamilan. Namun, hal ini sendiri tergantung berdasarkan alat kontrasepsi yang digunakan ketika itu. Jika Anda sebelumnya menggunakan kontrasepsi jenis burrier atau penghambat seperti halnya kondom dan  spiral, maka tidak berpotensi membuat susah hamil.

Namun, berbeda apabila Anda menggunakan alat kontrasepsi jangka panjang, khususnya alat suntik. Cara ini akan memengaruhi siklus menstruasi wanita dan dikemudian hari dapat membuat wanita tersebut susah hamil.

5. Usia yang tidak muda lagi

Seiring dengan terusnya bertambahnya usia seseorang, khususnya wanita maka akan mengalami penurunan fungsi secara bertahap. Termasuk kualitas dan kuantitas dari sel telur yang diproduksi okeh tubuh wanita tersebut. Umumnya penurunan fungsi tersebut mulai terjadi ketika wanita sudah menginjak usia 30an. Namun, ada juga yang baru mengalami penurunan di awal usia 40an. Oleh karena itu, sulit ditemukan wanita hamil usia 45 tahun keatas.

6. Stress

Faktor berikutnya adalah berbicara soal stress. Seorang wanita yang sedang dilanda stress bisa memghambat tubuhnya untuk segera mengandung. Hal ini membuktikan bahwa ketidaksuburan bukan hanya soal kondisi fisik tetapi juga menyangkut kondisi psikologisnya. Stress bisa mengganggu proses ovulasi pada tubuh wanita. Oleh sebab itu, seorang wanita yang ingin cepat hamil sebaiknya menghindari apapun yang menyebabkan stress. Nah saat anda Stress maka dapat dipastikan Susah Tidur dan itu mengurangi potensi kehamilan.

7. Prosedur medis atau obat tertentu

Wanita juga bisa kesulitan hamil, jika mungkin sebelumnya pernah menjalani prosedur kesehatan tertentu. Sebagai contoh adalah operasi pada rahim. Prosedur kesehatan seperti bisa saja meninggalkan jaringan parut sebagai suatu bekas luka yang kemudian akan memengaruhi proses kehamilan yang lambat.

8. Masalah pada kalenjar tiroid

Sewaktu kalenjar tiroid mengalami kondisi kurang aktif atau bahkan sangat aktif, maka hasilnya akan menimbulkan ketidakseimbangan hormon. Jika sudah demikian, maka akan membuat seorang wanita susah untuk hamil. Jadi cobalah memeriksakan kondisi kalenjar tiroid Anda. Khususnya jika Anda pernah mengalami keguguran, masalah pada kalenjar tiroid bisa menjadi salah satu penyebabnya.

9. Masalah ovulasi

Selanjutnya adalah masalah ovulasi yang bisa saja membuat seorang wanita susah untuk hamil. Kondisi ini bisa Anda lihat dari normal atau tidaknya siklus menstruasi wanita selama beberapa bulan baru baru ini. Baik melihat dari durasi lama waktu haid, volume darah sampai dengan jarak antar siklus haid. Gangguan pada masa ovulasi bisa terjadi sebagai suatu gejala juga dari kondisi medis tertentu. Cara mengatasinya adalah dengan memeriksakannya kepada dokter kepercayaan Anda.

10. Gaya hidup tidak sehat

Nah, faktor ini yang kerap sekali terjadi yakni baik pria dan wanita sama sama menerapkan gaya hidup yang tidak sehat. Aktivitas merokok, minuman beralkohol, diet yang tidak seimbang dan masih banyak lagi akan sangat mempengaruhi kesehatan Anda. Terutama pasangan suami istri yang ingin segera memiliki anak akan terhambat. Cara mengatasinya hanya satu yaitu suami dan istri harus menerapkan pola hidup sehat sekarang dan seterusnya. Perbaiki pola hidup lebih sehat akan membantu dalam proses kehamilan.

Ada beberapa kebiasaan Wanita yang menyebabkan sulitnya hamil. Beberapa poin sudah dijelaskan di atas dan anda bisa juga membacanya pada postingan 7 Kebiasaan Wanita sulit Hamil.

Uraian diatas adalah informasi lengkap dan update membahas terkait poin poin penting yang bisa menghambat proses kehamilan. Hal ini khususnya perlu diketahui oleh pasangan suami istri yang baru menikah dan belum memiliki banyak pengetahuan atau pengalaman terkait program kehamilan yang cepat. Setelah itu, periksakan segera diri Anda dan pasangan kedokter kandungan kepercayaan Anda untuk konsultasi lebih lanjut.

Informasi ini hanya sebagian kecil saran praktis untuk Anda dalam membantu mengatasi kesulitan hamil. Kondisi ini biasanya menyebabkan kekhawatiran para pasangan suami istri, setelah sekian lama menikah tapi belum memiliki anak. Coba cermati manakah dari poin tersebut yang bisa menjadi faktor penghambat Anda. Lakukan penanganan dengan tepat dan memeriksakan diri secara langsung ke dokter. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel