Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara memotret dengan HP Android supaya hasilnya Bagus

Mastimon.Com - Ingin punya keterampilan memotret yang bagus tapi tidak memiliki kamera canggih? Jangan ragu, di era yang canggih ini, kamera Android ataupun Smartphone sudah dilengkapi dengan spesifikasi kamera yang menunjang hasil foto yang bagus. Hanya saja, Anda perlu tahu cara dan tips memotret yang baik dan benar dengan HP Android untuk mendapatkan hasil foto layaknya menggunakan kamera.

Beberapa teknik fotografi di Smartphone perlu Anda pelajari termasuk cara setting kamera, cara ambil sudut pandang kamera, memperhatikan pencahayaan yang baik serta cara membidik gambar. Mekipun alat foto Anda terbatas dengan yang ada, Android dengan harga murah sekalipun sudah dirancang dengan mengedepankan kualitas kamera Android terbaik.

Untuk mendapatkan hasil jepretan terbaik seperti fotografer terkenal, cobalah terapkan metode dasar yang praktis di bawah ini. Caranya yang mudah bisa dengan cepat dipraktekkan oleh pemula sekalipun. Dengan cara ini juga Anda dapat meningkatkan skil atau kemampuan foto menggunakan HP Anda. Selengkapnya, mari simak informasi dan tipsnya berikut ini :

Cara memotret dengan HP Android supaya hasilnya Bagus

1. Bersihkan Lensa Kamera Android

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan kamera HP. Mengapa perlu dilakukan? Sebab tanpa disadari bisa saja tangan Anda yang berkeringat menyentuh lensa kamera utama di Smartphone Anda. Nah, noda minyak atau keringat tersebut pada akhirnya akan meninggalkan noda tipis di bagian lensa tanpa Anda sadari. Gunakan tisu bersih untuk membersihkan lensa kamera agar bersih dan tidak mengganggu hasil foto nantinya.

2. Pastikan Pencahayaannya Cukup

Pencahayaan adalah salah satu faktor utama sebuah foto dikatakan bagus atau tidak. Fotografi sendiri memiliki arti yang sesungguhnya yaitu “melukis dengan cahaya”. Oleh sebab itulah, cahaya merupakan komponen yang sangat penting dalam kegiatan memotret. Sebelum membidik pastikan bahwa dari segi pencahayaan objek cukup terang.

3. Menjaga Kestabilan Kamera

Hasil foto yang diabadikan akan jauh lebih bagus apabila kamera dapat terus di posisi stabil. Hal ini memaksudkan kamera tidak goyang atau ada getaran dari tangan saat memotret. Jika tidak stabil, tentu saja hasil foto akan buram dan tidak bisa fokus. Apabila tangan Anda memang tidak bisa stabil, cobalah untuk manfaatkan tripod atau tiang penyangga ponsel supaya kestabilan kamera akan lebih terjaga.

4. Dekati Objek Foto bukan di Zoom

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan pada saat memotret adalah menggunakan zoom pada objek yang lebih jauh. Menggunakan fitur zoom sebenarnya boleh saja, tapi hasil foto yang diambil bisa saja buram atau blur karena tingkat kefokusan gambar berkurang. Untuk mengatasi hal ini, cobalah posisikan jarak antara diri Anda dengan objek tidak begitu jauh sehingga Anda tidak perlu menggunakan zoom.

Baca Juga :

Memotret tanpa zoom akan terlihat lebih asli, tidak pecah dan jelas. Biar sajalah diri Anda yang mendekat ke objek untuk mencari posisi baik memotret dibandingkan menggunakan fitur memperbesar yang malah menurunkan kualitas foto.

5. Lakukan bidikan dari berbagai Angle

Sudut foto sering disebut juga dengan angle. Angle pemotretan bisa berpengaruh besar pada foto yang di hasilkan. Apabila Anda biasanya hanya memotret dari sudut yang biasa, hasil foto pun akan menjadi biasa saja. Cobaah untuk merubah gaya angle foto. Mungkin bisa lakukan dari berbagai angle atau sudut yang berbeda dan tidak biasa. Sudut foto yang beragam akan berguna untuk mendapatkan hasil foto dengan sentuhan yang berbeda dan unik.

6. Manfaatkan High Resolution

Sekarang ini, umumnya banyak kamera ponsel telah dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan Anda memilih resolusi gambar yang ingin Anda gunakan. Nah, untuk mendapatkan kualitas foto yang baik, mulailah dengan memilih resolusi yang paling tinggi sebelum memotret sebuah objek.

Namun, sebelum itu cobalah cek terlebih dahulu kapasitas memori ponsel Anda. Sebab pada umumnya semakin tinggi resolusi yang dipilih, maka semakin besar pula ukuran file dari hasil foto jepretan Anda tersebut.

7. Percantik lagi dengan Aplikasi Photo Editor

Hasil foto akan semakin keren apabila diberi sentuhan berbagai fiter yang cantik dan unik dari berbagai sumber. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi photoeditor yang dapat dengan mudah di download di Ponsel Anda. Selain memanfaatkan sentuhan filter, Anda bisa kembali menyempurnakan hasil potret dengan mengatur dalam mode contrast, brightness hingga cropping.

Namun, perlu diingat jangan terlalu berlebihan dalam mengedit foto Anda. Mengapa? Mengedit terlalu berlebihan dapat menghilangkan originalitas dari si foto. Ingatlah bahwa aplikasi seperti halnya photoeditor dipergunakan hanya untuk mempercantik bukan untuk mengubah.

8. Hindari Penggunaan Lampu Kilat

Hampir semua Android atau Smartphone memiliki yang namanya fitur lampu kilat atau flash. Namun, untuk kualitas hasil foto terbaik sebaiknya jangan gunakan flash ini. Bahkan, sebenarnya di kamera DSLR saja, lampu kilat hanya dipergunakan pada saat kondisi yang mendesak saja. Tahu kah Anda? Setiap foto pastinya akan nampak lebih baik jika cahaya yang digunakan adalah alami. Keberadaan fitur flash akan Anda butuhkan ketika akan memotret objek dalam kondisi gelap saja.

9. Aturan Pertiga

Aturan pertiga adalah trik selanjutnya dalam dunia fotografi. Fitur ini memungkinkan Anda memotret dengan hasil foto yang hebat. Nah, dalam aturan pertga ini Anda perlu memposisikan objek sejajar dengan jalur horizontal atau vertikal. Dengan kata lain, mata kita akan fokus pada gambar yang terbagi menjadi tiga, dimana subjeknya berada dibagian pusat foto tersebut.

10. Gunakan Mode HDR

HDR ini adalah mode yang terdapat pada sebagian besar kamera Android. Fungsinya sendiri adalah untuk mengambil foto dengan objek stasioner. Mode ini akan memastikan bahwa pencahayaan dan bayangan di dalam foto untuk diekspos secara merata.Mode ini juga sangat bermanfaat untuk digunakan pada kontras tinggi. Anda juga bisa menggabungan dua foto terbaik dalam satu foto untuk eksposur secara bersamaan.

Lihat Juga : makspedia.com | Blog informasi tentang Android

Inilah uraian secara lengkap seputar caranya Anda bisa memaksimalkan fungsi kamera HP dengan mengetahui trik mengambil foto yang bagus. Dengan usaha yang lebih disertai trik dan teknik Anda bisa mengambil foto yang kece.

Hasil foto tersebut bisa Anda bagikan di sosial media instagram, facebook, twitter, line, whatsapp dll. Kegiatan memfoto bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan apabila Anda tahu cara mengambil gambar atau foto yang bagus bukan?