Penyebab Kamera Hp Buram dan cara memperbaikinya

Ada berbagai penyebab kamera HP buram sehingga membuat tangkapan kamera kurang maksimal. Saat menemukan momen menyenangkan seperti bertemu teman lama, kadang kali anda ingin mengabadikan momen dengan kamera ponsel. Tentu menyebalkan sekali bukan jika memfoto dengan kamera hp namun hasilnya jelek? Anda harus mengecek kamera anda.

Layar HP Buram

Mungkin anda salah meletakkannya atau ceroboh dalam menyimpan ponsel sehingga kamera hp anda jadi buram dan menghasilkan poto yang tidak sesuai dengan keinginan anda. Berikut beberapa Penyebab Kamera pada handphone buram  yang mungkin terjadi pada ponsel anda.

Tutup Lensa Kamera Tergores

Kasus ini merupakan penyebab kamera hp buram yang paling sering terjadi. Kebanyakan orang kurang berhati-hati meletakkan ponsel dan akhirnya tergores saat meletakkannya di permukaan kasar. Permukaan kasar dapat menimbulkan goresan pada tutup lensa kamera ponsel anda dan mengakibatkan hasil jepretan foto jadi buram.

Cara memperbaikinya adalah anda dapat menggunakan silicon atau pelindung hp motomo. Namun, jika tutup lensa kamera sudah tergores, bisa diperbaiki dengan mengoleskan pasta gigi di depan lensa, kemudian gosok secara perlahan. Cara ini dapat menghilangkan goresan yang berukuran halus pada permukaan luar lensa.

Anda perlu menggunakan pasta gigi putih, bukan pasta gigi jenis gel untuk mendapatkan hasilnya. Apabila masih buram setelah digosok menggunakan pasta gigi, anda perlu mengganti penutup kamera. Anda dapat meminta pihak penyedia untuk membantu memasangkan. Jika anda akan memasang sendiri, anda harus mencongkel tutup lensa kamera menggunakan silet dengan hati-hati. Setelah lensa kamera terlepas, anda dapat menggantinya dengan tutup yang baru.

Debu yang Menempel pada Lensa

Penyebab kamera hp buram lainnya adalah adanya debu dan kotoran yang menempel di bagian luar lensa. Kasusnya hampir sama dengan penyebab sebelumnya yaitu karena ponsel diletakkan sembarangan, debu masuk dan menempel pada lensa dalam sehingga menyebabkan kotoran menumpuk pada lensa. hasil jepretan menjadi tidak maksimal dan buram.

Baca Juga :

Anda dapat memperbaikinya dengan membuka casing luar sehingga terlihat lensa dalam. Kemudian anda dapat menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkannya. tuangkan sedikit minyak kayu putih pada tisu lalu gosoklah lensa dalam untuk membersihkan debu dari permukaan lensa.

Lensa Kamera yang Berembun

Apabila anda sering meletakkan smartphone di tempat dengan kondisi yang terlalu lembap, tentu dapat membuat lensa berembun. Lebih parah lagi lensa anda ditumbuhi jamur. Dan ini pula yang menjadi penyebab kamera HP buram. Jika sudah begitu, maka pasti akan memengaruhi hasil poto yang diambil lewat kamera ponsel. Untuk mengatasi lensa yang berembun, segera matikan smartphone dan lepas baterainya.

Kemudian anda dapat mengeringkan ponsel dengan hair dryer pada kisi-kisi atau lubang di sisi kanan kiri ponsel agar suhunya stabil dan tidak berembun lagi. Anda juga dapat melepas tutup lensa anda dan mengelap lensa dengan minyak kayu putih jika lensa sudah ditumbuhi jamur.

Lebih baik anda menjaga ponsel anda dengan memberi casing yang cukup aman dan menutupi. Anda juga perlu memperhatikan saat meletakkan ponsel anda agar tidak berakibat buruk pada ponsel anda. Berbagai penyebab kamera ponsel buram yang disebutkan diatas adalah yang paling banyak dan umumnya terjadi.

Tentu kadang kala ada berbagai penyebab yang berbeda yang harus anda bawa dan konsultasikan ke tempat servis agar diberi penanganan yang tepat atau mengganti beberapa partisi. Karena itu, jagalah ponsel anda dari berbagai penyebab kamera HP buram dan berhati-hati dalam meletakkan ponsel anda agar tidak menggores atau terjadi kerusakan pada bagian ponsel.

Penulis : otoponsel.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel