10 Umpan Mancing Ikan Air Tawar yang Bagus dan Ganas

Mastimon.Com - Mancing adalah salah satu kegiatan yang menghibur. Bagi kebanyakan orang bahkan sudah menganggapnya sebagai suatu kesukaan dan hobi. Nah, kegiatannya ini bisa dilakukan berdasarkan habitat dan jenis ikannya. Untuk bisa sukses memancing dan andal setidaknya  pemancing harus tahu umpan mancing seperti apa yang bagus dan ganas khususnya bagi ikan air tawar.

Biasanya sebagai pemancing pemula, mengetahui cara memancing jitu adalah yang terpenting. Apalagi umpan dengan cara biasa tidaklah cukup, jika demikian Anda perlu melatih kesabaran untuk bisa mendapatkan sasaran. Ada yang membuat umpan dari berbagai bahan campuran dan ramuan yang katanya sangat disukai ikan. Benarkah demikian?

Baik yang baru atau sudah lama menyukai kegiatan memancing, Mari cari tahu tips dan trik ampuh membuat umpan yang bagus. Dengan mencoba mencari informasi nya secara saksama Anda akan dibantu mendapatkan sensasi memancing yang seru dan menyenangkan. Selengkapnya simak uraian sebagai berikut :

Umpan Mancing Ikan air tawar yang Bagus dan Ganas
Lumut di Air

1. Lumut

Umpan yang pertama adalah lumut. Umumnya umpan yang satu ini lebih cocok untuk ikan nila. Selain karena mudah dalam pencarian, lumut juga bisa dikatakan sangat jitu untuk memancing keluarnya ikan nila dari persembunyiannya. Namun, untuk itu tidak semua jenis lumut dapat dimanfaatkan untuk memancing ikan nila yang liar.

Jenis lumut yang bagus adalah lumut yang biasa dijumpai di bebatuan, selokan dan sawah. Tahukah Anda jenis lumut ini akan mempunyai ciri tekstur yang begitu lembut dan berwarna hijau yang cerah sehingga membuat ikan nila liar sekalipun akan lebih tertarik untuk menghampiri.

2. Mie Instan

Pernah menggunakan mie instan sebelumnya untuk memancing? Tahukah Anda mie instan adalah salah satu produk umpan yang ampuh seperti untuk ikan nila. Umpan yang satu ini bisa Anda gunakan sebagai umpan utama atau hanya sebagai alternative apabila pakan utama ikan habis atau sulit untuk membeli atau mencarinya lagi. Bagaimana cara membuatnya?

Pertama Anda bisa siapkan kuning telur ayam, air hangat dan mie instan. Selanjutnya campur semua bahan. Air panas berfungsi untuk membuat mie lebih pulen sedangkan kuning telur adalah memberikan kesan bau amis dan sebagai daya tarik bagi ikan.

3. Cacing

Nah, kalau untuk jenis umpan yang satu ini mungkin Anda sudah tahu dan sering menggunakannya. Cacing adalah salah satu umpan yang ampuh pada umumnya. Khususnya ikan nila sangat menyukai yang namanya cacing. Ikan nila sendiri adalah termasuk dalam jenis ikan pemakan segala yang dapat memakan berbagai macam jenis umpan.

Baca Juga :

Untuk jenis cacing yang bisa dijadikan pilihan adalah cacing yang berasal dari sawah atau cacing air dan cacing dari pohon pisang busuk. Sedangkan untuk cacing tanah tidak banyak digunakan karena ciri teksturnya kurang mumpuni. Cacing tanah lebih alot dan ukuran yang besar.

4. Belalang

Selanjutnya yang masuk kategori umpan terbaik untuk ikan tawar adalah belalang. Belalang bisa digunakan dan ampuh untuk memancing ikan gabus. Selain ampuh untuk mendapatkan ikan incaran Anda, untuk mendapatkan belalang pun tidaklah terlalu sulit. Sebab hewan yang satu ini sangat mudah di dapatkan di persawahan, kebun, taman dan lain sebagainya.

5. Jangkrik

Kurang lengkap kalau pada pembahasan kali ini tidak ada jangkrik sebagai bahan utama pakan umpan untuk ikan pada saat memancing. Hewan yang umumnya memiliki suara yang merdu dikala sepi ini memang sudah tidak asing lagi. Umumnya jangkrik sudah digunakan untuk memancing ikan predator lainnya. Menggunakannya pun sangat mudah dimana hanya perlu mengaitkan ekor jangkrik pada mata kail pancing.

6. Ikan Wader

Apakah Anda tahu jenis ikan wader? Ini adalah salah satu kategori umpan bagus lainnya. Ikan ini bisa Anda temui di sungai dengan banyak jumlahnya. Ciri ciri yang menonjolnya adalah ukurannya yang kecil. Karena ukurannya inilah bisa membuat ikan predator menyukainya. Nah, hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menggunakan ikan wader adalah pastikan bahwa ikannya masih hidup.

Mengapa ikan wader harus tetap hidup saat menjadi umpan? Alasannya adalah karena ikan wader bisa berenang dan menarik perhatian dari si ikan predator tersebut untuk bisa dimangsa. Anda cukup mengaitkan mata kail ke punggung ikan wader saja.

7. Ulat daun pisang

Nah, ikan gabus biasanya suka dengan ulat daun pisang. Segera setelah Anda menggunakan ulat daun pisang ini, maka bisa dipastikan ikan gabus akan menghampiri pancingan Anda. Selain karena mudah di dapat, ulat jenis ini memiliki daya tarik tersendiri untuk para ikan ikan predator. Anda hanya perlu mengaitkan mata kail di bagian belakang ekornya, selanjutnya sudah siap digunakan.

8. Katak kecil

Katak kecil umumnya sering kali bisa di temui di lingkungan sekitar misalnya di sawah atau lingkungan dekat sungai. Tidak perlu jauh jauh mencari umpan yang jitu kalau ditempat Anda saja sudah banyak katak kecil. Hanya saja, jika ingin memanfaatkan katak sebagai umpan maka baik digunakan pada malam hari.

Untuk penggunaannya adalah dengan cara mengaitkan mata kail di bagian mulai belakang ekornya dan sifatnya menggantung. Jika bisa usahakan katak tersebut adalah masih hidup. Tujuannya supaya katak tersebut masih bisa bergerak dan menarik perhatian dari ikan ikan untuk memangsa si katak.

9. Anakan ikan mas

Ikan mas selain enak dimakan, karakteristik dan cirinya yang berwarna cerah memang adalah salah satu kekaguman untuk ikan mas. Nah, siapa sangka ikan mas kecil bisa dijadikan sebagai umpan yang ampuh dan jitu untuk memancing ikan predator lainnya yang besar. Carilah anak ikan mas lalu kaitkan kail ke tubuh si ikan. Kalau bisa kaitkan saja di bagian punggung sehingga hal ini memungkinkan si ikan tetap hidup dan masih bisa berenang bebas.

10. Umpan tiruan atau buatan

Nah, selain umpan ampuh lainnya yang sudah kita bahas di poin sebelumnya, umpan buatan atau tiruan tidak kalah ampuh untuk Anda jadikan sebagai pilihan. Meskipun hanya dikatakan sebagai umpan tiruan tapi memang tidak bisa diremehkan. Selain ampuh umpan ini termasuk dalam kategori umpan yang awet dan bisa dipakai lebih dari satu kali. Bentuknya yang mirip dengan asli akan menggoda ikan predator untuk segera menyambar.

Lihat Juga : Campurig | Informasi dan Pengetahuan

Inilah uraian singkat terkait bagaimana umpan yang Anda gunakan bisa menjadi daya tarik ampuh untuk para ikan agar segera menyerbu pancingan Anda. Jangan ragu untuk terapkan dan buktikan sendiri manfaatnya. Berbagai ramuan umpan yang dijelaskan sangat jitu dan layak dicoba.

Beberapa jenis ikan yang hidup di air tawar adalah ikan lele, gurame, patin, nila, mujair, mas dan masih banyak lagi. Habitatnya pun beragam ada yang di sungai, danau dan sumur. Silahkan pilih pemancingan mana yang cocok dan sesuai untuk Anda. Umpan mancing diatas secara keseluruhan sangat cocok untuk segala  jenis ikan yang disebutkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel