10 Cara menidurkan Bayi yang baru lahir dan Rewel

Seorang bayi memiliki pola tidur yang berbeda apabila dibandingkan dengan orang dewasa. Dimana ia lebih membutuhkan banyak waktu untuk beristirahat agar otaknya tersebut bisa berkembang secara maksimal. Namun, ada kalanya bayi yang baru lahir susah untuk tidur bahkan cenderung menangis dan rewel. Inilah yang membuat beberapa orang tua bingung dalam menidurkan buah hatinya tersebut. Oleh sebab itu Ibu maupun Ayah sebenarnya harus tahu cara dan trik ampuh untuk menidurkan bayi yang cepat dan mudah.


Dampak bayi kurang tidur sendiri bisa jadi berbahaya. Misalnya tumbuh kembang si bayi menjadi lambat dan berakibat pada segi psikis nya. Hal ini juga nantinya akan menimbulkan sulit berkonsentrasi, perilaku yang implusif dan menurunnya kemampuan untuk merespon. Sebagai orang tua, tentunya tidak ingin mengalami hal demikian bukan? Oleh sebab itu orang tua akan berupaya untuk bisa menidurkan si kecil bagaimanapun caranya supaya kuota tidur si bayi terpenuhi.

Biasanya setiap bayi memiliki kebiasaan yang berbeda –beda. Mungkin sang Ayah atau ibu akan bingung menentukan cara menidurkannya dengan baik dan benar. Misalnya, beberapa orang tua mencari informasi seperti cara menidurkan bayi di siang hari maupun malam hari, menidurkan bayi baik usia 1 atau 3 bulan tanpa harus digendong danmengapa bayi menjadi gusar dan gelisah ketika akan tidur. Yang lain lagi lebih spesifik mencari tahu tentang cara menidurkan bayi menurut islam yang benar. Ada juga yang menggunakan media seperti tisue. Sebenarnya apa saja cara yang paling ampuh?

Ada berbagai macam cara yang bisa diterapkan untuk itu. Namun, sebelum itu sebaiknya Anda perlu cari tahu lebih spesifik seputar berapa lama bayi harus tidur? Dan apa saja faktor penyebab dari bayi susah tidur bahkan cenderung sulit dan rewel? Umumnya ada beberapa kemungkinan yang bisa Anda minimalisir gangguan tersebut. Semua perlakuan dan kebutuhan tidur sang bayi, tentu saja disesuaikan dengan usia nya. Untuk membantu agar si kecil cepat tidur dan tidak menangis, silahkan untuk simak tips jitu nya di bawah ini.

Cara menidurkan Bayi yang baru lahir dan Rewel

1. Membiasakan bayi tidur dengan jadwal yang sama

Rutinitas bayi yang konsisten dalam hal waktu jam tidur akan membuatnya belajar tidur dengan cepat. Bayi sendiri sangat menyukai rutinitas tidur yang konsisten. Ini akan memberikan sinyal kepada si kecil untuk tidur dengan tepat waktu. Ketika tiba saatnya sinyal tidur diberikan, misalnya menyusu sebelum tidur, bayi secara berkala bisa mengikuti pola tersebut. Rutinitas bayi sebelum tidur juga perlu disesuaikan. Misalnya lakukan pemijatan ringan, mandikan dengan air hangat, gunakan pakaian dan popok yang bersih. Lalu bisa berikan musik yang lembut dan pelukan hangat. Ini akan membuat bayi tenang dan cepat tidur.

2. Memainkan Suara White Noise

Umumnya ada saja waktunya bayi terbangun karena beberapa gangguan, maka solusinya adalah dengan menggunakan suara White Noise. Apa itu? Suara White Noise ini adalah jenis suara atau musik yang dikombinasikan dengan berbagai frekuensi. White Noise ini sendiri adalah suara yang mirip dengan suara sewaktu ia berada dalam rahim. Dengan suara yang ia kenal, berirama dan diulang –ulang akan membantunya tidur lebih lama karena meminimalisir adanya suara orang berbicara, pintu yang terbuka atau aktivitas yang lainnya.

3. Memberi makan bayi secara tepat waktu

Tidak banyak orang tua yang berfikir bahwa memberi makan secara tepat waktu dengan cepat tidur saling berkaitan satu sama lain. Sebenarnya ini mempengaruhi kualitas tidur si bayi supaya lebih nyaman dalam tidurnya. Nah, kebanyakan bayi akan cepat tidur ketika malam hari karena waktu makannya yang tepat. Oleh sebab itu orang tua perlu memastikan waktu yang bagus untuk bayi makan supaya tidurnya nyenyak dan tidak bangun karena kelaparan. Untuk waktu yang bagus sebagai saran praktis adalah 30 menit sebelum waktu tidur si bayi.

4. Mengatur suhu ruangan yang cocok

Sebagai orang dewasa, tentunya Anda tidak bisa tidur dengan suhu yang terlalu dingin atau panas. Hal ini juga berlaku untuk seorang bayi. Maka, untuk solusinya cobalah untuk Anda menciptakan suhu di kamar tidur dengan suhu kelembapan yang pas dan tepat untuk menempatkan bayi tidur secara nyenyak. Umumnya suhu kamar dianggap ideal adalah 21 sampai 22 derajat celcius dengan kelembapan yang relatif kurang lebih 50 persen. Hindari meletakkan bayi denga kondisi hangat seperti habis berjemur ke tempat tidur yang dingin. Sebab, si kecil tidak menyukai perubahan suhu yang drastis.

5. Mengatur aktivitas bayi di siang hari

Bayi yang aktif pada waktu siang hari akan meningkatkan kualitas tidurnya di malam hari nya. Oleh sebab itu, sang ibu perlu memastikan bahwa si buah hati tidak akan sampai lelah dalam bermain. Atau jangan sampai Anda membawanya terlalu banyak bermain dan mengobrol. Terlalu beraktivitas dapat membuat si bayi akan susah tidur ketika malam harinya. Pastikan juga untuk tidur siang si bayi secara teratur, hendaknya juga tidur siang tidak melebihi 3 jam /harinya dan tidak juga terlalu dekat dengan waktu tidur malamnya.

6. Langsung menidurkan ketika bayi mulai mengantuk

Banyak dari orang tua bisa saja membuat kesalahan dalam menidurkan buah hatinya tersebut. Ada yang menimangnya terlebih dahulu kemudian meletakkannya di atas ranjang. Tahukah Anda? Hal ini sebenarnya dapat membuat si bayi cepat bangun dan susah untuk tidur lagi. Mengapa? Karena ia akan menjadi tidak terbiasa untuk tidur sendiri tanpa ditimang dulu. Jadi lebih baik, ketika bayi sudah mengantuk, langsung letakkan bayi pada box tempat tidurnya. Mungkin menurut Anda kurang masuk akal, tapi dengan demikian bayi akan terbantu untuk mempunyai kemampuan untuk tidur sendiri tanpa harus dibantu oleh ibu atau ayahnya.

7. Menggunakan bantuan empeng

Dibandingkan dengan menimang dan menyusui bayi ketika akan tidur, sebaiknya Anda mempertimbangkan langkah praktis untuk menggunakan bantuan empeng untuk menidurkan si bayi dengan cepat. Adanya gerakan secara periodik pada mulut si kecil akan membuat bayi merasa tenang dengan mudah dan cepat. Selain itu manfaatnya, dengan menggunakan empeng selama bayi tidur akan mengurangi angka kematian bayi karena tidak bisa bernafas lantaran lubang hidungnya tertimpa oleh payudara sang ibu.

Baca Juga :

Ibu bisa menyediakan empeng pada usia 3 sampai 4 minggu. Apabila saatnya bayi tidur nyenyak dan empeng terlepas, ibu tidak perlu memasukkannya kembali. Lama –kelamaan bayi secara perlahan akan tidur tanpa empengnya. Jangan lupa untuk selalu mencuci dan mensterilkan setiap hari pada empeng untuk menghindari kuman yang masih menempel pada ujungnya. Selain itu, alangkah lebih baik untuk mengganti empengnya secara teratur.

8. Gunakan Ranjang yang terpisah

Menghindari tidur ditempat yang sama dengan si bayi dapat membantunya untuk belajar tidur sendiri dari sejak belia. Kelihatannya memang tidak membuat si bayi nyaman dan bahkan ibu pastinya ingin selalu tidur di samping si buah hati. Namun pada tempat tidur yang berbeda akan memastikan keslamatan bayi ketika ibu secara tidak sadar menutup hidung si bayi dengan payudara. Ibu bisa menyediakan ranjang tidur bayi sendiri dalam kamar, jadi bayi bisa aman dengan tempat tidurnya sendiri di samping ranjang Anda.

9. Mematikan lampu

Sama seperti perlakuan kepada orang dewasa yang tidak bisa tidur ketika lampu bersinar dengan terang benderang, bayi juga memerlukan pencahayaan yang sewajarnya dan cukup redup. Anda bisa mulai untuk mematikan lampu atau menyalakan lampu redup di kamar bayi Anda baik ketika pagi atau siang hari. Begitu pula untuk malam hari. Pastikan juga untuk memberikan perbedaan antara lampu siang dan malam hari, misalnya ketika malam hari lampu akan lebih redup sehingga si bayi bisa untuk membedakannya.

10. Samakan jam tidur ibu dengan bayi

Cara paling mudah untuk menidurkan bayi dengan cepat adalah dengan mengatur waktu tidur sang ibu sama dengan si bayi. Jadi sang ibu perlu untuk menyetel waktu tidur malamnya yang sesuai dengan jam tidur bayinya pada saat malam. Atau paling tidak adalah membuat suasana yang senyap dan seolah –olah semua sedang tertidur. Hal ini sangat penting supaya bayi tidak akan terganggu dengan apapun baik suara –suara yang bisa membuatnya terbangun dan sulit untuk tidur kembali.

Lihat Juga : gamatips.com (Blog seputar Tips Kesehatan)

Uraian diatas adalah informasi seputar cara terbaik oleh orang tua untuk menidurkan anak mereka yang susah tidur. Meskipun orang tua mungkin masih pemula atau awam mengurus bayi yang baru lahir, ini tidak masalah. Anda hanya perlu menerapkan tips dan saran praktis tersebut. Tidak sulit bukan? Tentu saja Anda bisa melakukannya. Namun, perlu diingat memang metode tersebut bisa dilakukan untuk semua bayi, tetapi Anda juga harus memperhatikan karakternya.

Umumnya ada saja bayi yang sifatnya bisa terbiasa tidur dengan lelap serta disiplin dalam kondisi apapun. Jadi, Anda perlu disiplin juga dalam menentukan waktu bayi untuk tidur secara berkala supaya bayi tidak rewel. Sedangkan bayi yang lainnya cenderung memerlukan suasana yang khusus untuk bisa tidur. Dengan demikian tips menciptakan suasana yang kondusif untuk si kecil tidur sangat di perlukan. Inilah beberapa informasi yang bisa diberikan, semoga bisa membantu Anda dan bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel