Prediksi kemenangan Pilpres 2019 dari sumber Terpercaya

Perhelatan pesta demokrasi yang sudah semakin dekat, membuat banyak orang mulai membuat prediksi kemenangan pilpres 2019 untuk menentukan pasangan mana yang akan memimpin Indonesia selama lima tahun ke depan. Tidak hanya masyarakat umum saja yang penasaran, berbagai lembaga survei pun gencar melakukan perhitungan untuk memprediksi siapakan yang akan unggul dalam pilpres tahun ini.

Pilpres 2019

Seperti yang diketahui, di Indonesia banyak sekali lembaga survey terpercaya dan kredibel yang hampir selalu benar saat memprediksikan kemenangan seorang capres ataupun pemili legislative lainnya. Hal ini karena mereka membuat prediksi berdasarkan data yang mereka peroleh dengan turun langsung ke lapangan. Beberapa lembaga survei berikut ini telah memberikan prediksi untuk pilpres 2109, diantaranya sebagai berikut.

LSI dan Indikator Prediksi Jokowi-Ma’ruf Menang Pilpres 2019

Dua lembaga survei di Indonesia, yaitu Indikator dan Lembaga Survei Indonesia (LSI) memprediksikan bahwa Jokowi – Ma’ruf akan menang pada pilpres tahun 2019 ini. Hal ini berdasarkan data survei yang dilakukan yang menyebutkan bahwa elektabilitas Jokowi – Ma’ruf lebih tinggi dibandingkan rivalnya, Probowo – Sandi yaitu sebesar 55,4 persen, sedangkan rivalnya hanya 37,4 persen.

Data tersebut berdasarkan survei yang dilakukan sampai akhir Maret 2019 dengan model undecided voters dan swings voters dengan metode multistage random sampling dengan 1.220 responden yang memiliki hak pilih. Mengingat pemilihan langsung masih akan dilakukan dalam dua pekan lagi, LSI dan Indikator menyebutkan bahwa data tersebut masih bisa berubah namun tidak akan signifikan sehingga prediksi kemenangan pilpres 2019 tetap akan jatuh kepada Jokowi  dan Ma’ruf Amin.

Prabowo – Sandi Terus Kejar Jokowi – Ma’ruf

Dari data yang dirilis oleh beberapa lembaga survei, perolehan elektabiitas Prabowo – Sandi terus meningkatkan dan mengejar ketertinggalan dengan pasangan Jokowo – Ma’ruf. Selisih kedua pasangan ini sangat tipis terutama di kalangan masyarakat perkotaan. Sedangkan untuk kalangan pedesaan, perolehan suara Jokowi – Ma’ruf masih sulit untuk dikejar oleh pasangan nomor urut 02 ini.

Baca Juga :

Dukungan untuk pasangan Prabowo – Sandi paling besar berasal dari kota asal mereka yaitu Kota Jakarta, Provinsi Banten, Jawa Barat dan juga Pulau Sulawesi dan Kalimantan. Sedangkan rivalnya memiliki lumbung suara di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Papua Barat. Data ini menunjukkan bahwa prediksi kemenangan pilpres 2019 masih bisa berubah sampai benar-benar dilakukan pemunguntan suara tanggal 17 April 2019 nanti.

Faktor Penentu Kemenangan Pilpres 2019

Pemilu presiden yang hanya tinggal sebentar lagi, membuat masyarakat semakin penasaran siapakah yang akan meminpin Indonesia selama 5 tahun ke depan nanti. Dua kandidat yang bersaing yaitu pasangan Jokowi – Ma’ruf dan pasangan Probowo – Sandi terus berusaha menarik hati rakyat Indonesia agar bisa menenangkan pilpres tahun ini.

Dalam memenangkan pemilihan presiden tahun, ada beberapa faktor yang sangat berpengaruh. Faktor yang pertama yaitu perebutan suara generasi muda. Seperti yang diketahui, jumlah pemilih pemula dan generasi milenial pada pemilu tahun ini cukup besar, sehingga para pasangan yang bersaing tersebut harus bisa memenangkan hati generasi muda untuk mendapatkan kemenangan pada pilpres nanti.

Selain itu, perebutan suara kalangan muslim juga masih menjadi faktor penting dalam memenangkan pilpres tahun ini karena jumlah pemilih muslim pada pilpres tahun 2019 ini mencapai 87,6 persen dari total seluruh pemilih yang ada. Hal ini pastinya memberikan keuntungan untuk pasangan Jokowo – Ma’ruf yang dianggap lebih religius sehingga banyak prediksi kemenangan pilpres 2019 akan jatuh pada pasangan tersebut.

Penulis : dibuka.site

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel