Cara mengatasi HP Kemasukan Air agar bisa Hidup Kembali

Masih banyak yang bingung mencari cara mengatasi HP kemasukan air yang tepat dan cepat agar Hp tidak mengalami kerusakan. Pada dasarnya telepon genggam atau HP telah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan seseorang. Segala aktivitas saat ini bergantung dengan HP mulai dari komunikasi bahkan sampai bisnis. Maka dari itu ketika mengalami kerusakan, pasti akan sangat berdampak pada kelancaran aktivitas anda.


Seringnya digunakan dan selalu dibawa kemanapun, membuat telepon genggam sangat rawan untuk mengalami kerusakan. Layaknya barang elektronik lainnya, HP juga sangat rawan jika terkena air. Oleh sebab itu, ketika tidak sengaja tercebur atau tersiram air pasti pemiliknya akan langsung panic dan mencari cara agar HP nya bisa kering dan tidak rusak. Jika anda mengalami hal tersebut, lakukan hal berikut agar HP anda bisa hidup kembali.

Hal yang Perlu Dilakukan Saat HP Terkena Air

Saat telepon genggam anda terkena atau kemasukan air, jangan langsung panic. Anda bisa melakukan beberapa hal agar HP anda tidak rusak dan bisa hidup kembali. Hal Pertama yang Anda lakukan, jika HP anda masih hidup segera matikan dan buka semua komponen seperti casing dan baterai. Setelah HP dibuka, usahakan untuk mengeringkan bagian dalam dengan menggunakan lap atau tisa agar air tidak semakin masuk ke dalam mesin.

Baca Juga :

Selanjutnya, untuk HP anda kering dari air, anda bisa mencoba menaruhnya di dalam beras. Beras ampuh untuk menyerap air dan kelembaban pada HP anda yang terkena air. Anda bisa mendiamkan beberapa saat sampai anda yakin semua air sudah terserap. Barulah setelah itu anda bisa mengeluarkan HP anda dari beras dan memasang semua komponen kemudian mencoba menyalakannya. Ini merupakan cara mengatasi HP kemasukan air paling umum yang sering dilakukan.

Jangan Meniup HP yang Kemasukan Air

Banyak orang yang salah kaprah saat ingin membersihkan air yang masuk ke dalam HP. Kebanyakan orang akan reflek meniup HP saat tidak sengaja terkena air. Hal ini justru salah dan harus dihindari. Meniup HP yang kemasukan air hanya akan membuat air semakin masuk sehingga kemungkinan rusak menjadi semakin besar.

Cara mengatasi HP kemasukan air yang paling tepat adalah segera mematikannya dan langsung berusaha mengeringkan dengan mengelap air yang sudah terlanjur menempel. Jika anda ragu untuk melakukan sendiri, akan lebih baik membawanya ke tukang service HP dibandingkan harus meniup-niup HP tersebut yang justru bisa membuatnya semakin rusak.

Gunakan Vacum Cleaner untuk Mengeringkan Bagian dalam HP

Untuk mempermudah mengeluarkan air yang masuk ke dalam HP, anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot air yang sudah terlanjur masuk ke dalam. Vacuum memiliki daya hisap yang bisa mengeluarkan air tanpa membuat air masuk semakin dalam. Dengan begitu HP anda tidak akan mengalami kerusakan yang semakin parah sehingga bisa hidup kembali.

Anda bisa menggunakan vacuum cleaner dengan tenaga hisap yang rendah untuk membantu menyedot keluar air yang masuk ke dalam HP anda. Jika sudah, jangan langsung menyalakannya akan tetapi diamkan terlebih dahulu beberapa saat di dalam beras untuk menyerap kelembaban yang munkin masih tersisa. Ini merupakan cara mengatasi HP kemasukan air yang bisa anda lakukan sendiri di rumah sebagai langkah pertama agar Hp anda bisa diselamatkan.

Penulis : trenprime.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel