10 Persiapan menjelang Ramadhan yang harus Kita Lakukan

Menghitung beberapa hari lagi, ternyata Ramadhan akan segera tiba dan pastinya harus ada 10 persiapan menjelang ramadhan yang harus kita lakukan. Meski terasa masih lama yaitu lebih dari satu bulan, namun ada baiknya Anda menganggap itu waktu yang singkat. Karena, menyambut bulan yang penuh berkah dan rahmat ini harusnya membuat Anda sebagai umat Muslim merasa gembira. Kesempatan bisa bertemu dengan Ramadhan selanjutnya merupakan salah satu karunia yang Allah berikan dan harus kita syukuri bersama.


Kenapa Harus Bahagia Menyambut Bulan Ramadhan?

Mungkin Ada beberapa kalangan yang meski mereka mengaku sebagai Muslim dan Islam, namun merasa biasa saja dengan kedatangan bulan ini. Maka, pada artikel ini akan dibahas secara poin dan singkat kenapa umat Islam merasa bahagia saat bulan Ramadhan hendak tiba. Pada bulan ini, segala sesuatu yang Anda kerjakan yaitu berupa amal kebaikan pasti akan dilipatgandakan. Maka, dengan begitu setiap orang bahkan sudah berlomba-lomba untuk meningkatkan amal ibadah mereka.

Pentingnya Melakukan Persiapan Menjelang Ramadhan

Karena sudah menjadi 10 persiapan menjelang ramadhan yang harus kita lakukan dan juga yang akan datang, mungkin Anda merasa saat Ramadhan tiba tidak perlu adanya persiapan. Namun, ternyata ada banyak orang yang bahkan tidak berpendapat demikian. Karena, ada banyak hal yang mereka persiapkan dan bahkan diselesaikan dari hutan Ramadhan sebelumnya. Misalnya, seperti jika Anda memiliki hutang puasa yang harus dibayar maka harus Anda lunaskan sebelum Ramadhan tahun selanjutnya tiba.

10 Persiapan Menjelang Ramadhan yang Harus Kita Lakukan

Nah, mungkin ini pemaran yang sudah Anda tunggu dan nantikan, mengenai 10 persiapan yang harus dilakukan menjelang ramadhan.

1. Berdoa agar dapat bertemu dengan Ramadhan

Umur kita nyatanya sudah digariskan dan ditentukan oleh Yang Maha Kuasa. Maka, kita tidak tau pasti apakah hari esok masih bisa merasakan udara segar dan kegiatan yang ada di muka bumi ini. Oleh karena itu, agar Anda bisa merasakan ramadhan tahun ini mulailah dengan berdoa agar diberikan umur panjang.

2. Melunasi hutang puasa tahun kemarin

Hal ini banyak sekali diabaikan oleh kebanyakan kalangan dimana mereka tidak membayar lunas puasa tahun kemarin. Ada banyak sekali alasan yang mereka berikan, yang mana padahal itu merupakan hal wajib yang harus ditunaikan. Jangan langsung berbahagia dengan ramadhan yang akan datang, jika Anda bahkan belum melunasi hutang ramadhan tahun lalu.

3. Mencari ilmu seputar puasa dan ramadhan

Hal ini bisa Anda dapatkan dari sumber yang akurat atau dari diskusi agama yang Anda hadiri. Baca Juga : Kumpulan kata ucapan selamat menjalankan Ibadah Puasa.

4. Membeli pakaian untuk idul fitri

Membeli pakaian untuk idul fitri merupakan salah satu dari 10 persiapan menjelang ramadhan yang harus kita lakukan. Tetapi akan lebih baik jika Anda tuntaskan sekarang juga daripada nanti merasa kerepotan pada saat akhir ramadhan.

5. Mencari tau amalan yang bisa menambah pahala

Hal ini bisa Anda dapatkan di buku-buku yang membahas ramadhan dengan lengkap. Baca : Kumpulan kartu ucapan bulan Ramadhan terbaru.

6. Menabung dari sekarang

Untuk Anda yang sudah merencanakan silaturahmi dengan alumni sekolah dan lainnya, Anda harusnya menabung dari sekarang. Karena pasti akan ada banyak kebutuhan dana yang mungkin tidak disengaja.

7. Membiasakan puasa sunah untuk pemanasan sebelum ramadhan

Kadang ada beberapa kalangan yang merasa sangat lemah dan tidak berdaya di bulan ramadhan. Untuk mencegah hal ini bisa Anda lakukan dengan cara mencoba puasa sunah. Selain itu, 10 persiapan menjelang ramadhan yang harus kita lakukan juga jangan sampai lupa, sehingga puasa bisa berjalan dengan lancar.

8. Membangun komunikasi dengan sahabat lama

Hal ini agar tidak membuat Anda shock dan terkejut saat bertemu dengan mereka saat momen berbuka puasa nanti. Lihat : Contoh Banner atau Spanduk ucapan Selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan.

9. Merencanakan waktu mudik atau pulang kampung

Bagi Anda yang sering merasa ribet dan pusing saat hendak mudik, lebih baik susun jadwal dari sekarang.

10. Melakukan semua kegiatan atau deadline besar

Hal ini dapat meminimalisasi pekerjaan berat yang mungkin Anda kerjakan di kantor saat bulan Ramadhan tiba nanti. Baca : Cara buat Bingkai Foto ucapan Puasa Ramadhan.

Dalam menyabut datangnya bulan suci Ramadhan, tentu Anda sebagai umat Islam akan menyambutnya dengan suka cita. Salah satunya dengan 10 persiapan menjelang ramadhan yang harus kita lakukan, jangan sampai merasa menyesal dan terlambat.

Penulis : Gudang Share

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel