Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato singkat tentang Kesehatan pada acara Ibu PKK

Mastimon.Com - Kesehatan merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia. Bahkan kesehatan sendiri adalah harta berharga yang sering sekali manusia lupa akan hal ini. Sebagaimana yang kita ketahui sekarang ini memang banyak penyakit bisa disembuhkan dengan membayar sejumlah uang seperti berobat di rumah sakit, puskesmas, atau bahkan memiliki dokter pribadi sendiri.

Teks Naskah Pidato Kesehatan

Namun, tahukah anda? memang pada dasarnya bagi orang kaya sangat mudah berobat ke luar negeri untuk mencari kesembuhan untuk penyakitnya. namun ada beberapa penyakit yang belum ditemukan obatnya sehingga berapapun uang yang dimiliki seseorang tidak dapat membeli kesehatan itu. Bagi orang yang sedang sakit, kesehatan sangat mahal harganya.

Bahkan pemerintah sudah berusaha untuk memberikan subsidi bagi masyarakat melalui Kartu Indonesia Sehat bagi yang tidak mampu dan beberapa pengobatan mahal pemerintah juga memberikan bantuan subsidi sebagian misal untuk biaya bantuan cuci darah, maupun obat obat kanker dan obat obat HIV. Baca Juga : Contoh Pidato Kedisiplinan.

Sehat tidak hanya berbicara tentang terbebas dari penyakit tetapi berbicara dengan segala aspek kehidupan manusia. Jika tubuh terbebas dari penyakit, spiritual yang bagus, emosi dan pikirannya stabil baru bisa dikatakan sehat. Jadi secara umum kesehatan terbagi menjadi dua : kesehatan fisik /jasmani dan kesehatan mental/ jiwa.

Untuk itu ada baiknya pesan pesan kesehatan dapat disampaikan dalam pertemuan pertemuan yang ada misalnya di arisan PKK, Posyandu, lingkungan kerja maupun lingkungan sekolah. Karena masalah kesehatan merupakan faktor yang sangat penting, beberapa orang memilih topic kesehatan sebagai bahan pidato, ceramah, nasehat praktis dan lain sebagainya untuk membuat sasaran penerima informasi sadar akan pentingnya hal ini.

Walaupun beberapa orang mungkin bingung bagaimana caranya membuat pidato dengan topic kesehatan yang bagus itu, judul apa ya yang kira –kira bisa diangkat untuk di bahas? Nah, cocol sekali di bawah ini adalah contoh pidato singkat tentang kesehatan yang bisa anda coba sebagai contoh dan referensi. Baca : Contoh Pidato tentang Kebersihan.

Contoh Pidato Singkat tentang Kesehatan

Assalamualaikum wr.wb

Yang terhormat ketua PKK RT 01
Yang saya hormati ibu ibu PKK RT 01

Pertama tama saya ucapkan puji syukur karena rahmatNya kita bisa berkumpul di acara arisan ibu ibu PKK RT 01 dengan sehat walafiat tanpa kekurangan suatu apapun.

Ibu ibu yang saya cintai

Saat ini kita berkumpul di sini dalam rangka arisan ibu ibu PKK RT 01. Saya yakin ibu ibu mempunyai aktifitas yang cukup sibuk di rumah masing masing, apalagi ditambah ibu ibu yang turut bekerja untuk membantu penghasilan para suami. Tentunya untuk dapat hadir di tempat ini ibu ibu dalam keadaan sehat jasmani. Sangat penting bagi sebuah keluarga untuk dapat memiliki yang namanya kesehatan. Untuk saat ini ibu ibu harus membayar iuran dana kesehatan yang tidak sedikit. Kesehatan itu mahal harganya, jika saat ini ibu sehat mungkin terasa berat untuk membayar iuran kesehatan tersebut. Tetapi jika sedang sakit jaminan kesehatan itu sangat penting untuk dapat melunasi biaya kesehatan yang ada.

Mungkin jaminan kesehatan itu bisa membayar obat maupun biaya perawatan yang ada. Tapi ada kalanya kita harus membayar sejumlah uang untuk beberapa hal yang tidak dapat ditanggung oleh jaminan kesehatan kita. Maka kita akan menyalahkan jaminan kesehatan kita kenapa tidak semua ditanggung padahal kita sudah membayar iurannya rutin. Ada beberapa pencegahan supaya kita terhindar dari penyakit yang ada. Pemerintah sendiri sudah memberikan pesan pesan melalui GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat).

Yang pertama periksakan kesehatan ibu ibu secara rutin di pelayanan kesehatan yang ada. Bisa juga ibu ibu periksa laboratorium untuk beberapa penyakit yang ada misal asam urat, kolesterol dan gula darah. Jika dilakukan di awal dan ibu ibu mempunyai potensi untuk menderita suatu penyakit maka bisa dilakukan tindakan pencegahan.

Yang kedua perbanyak makan sayur dan buah di dalam keluarga ibu ibu. Saran saya jika mengadakan pertemuan seperti ini dapat diberikan hanya buah buahan, ubi rebus, jagung rebus, pisang rebus dan olahan buah buahan yang lain. Diharapkan konsumsi buah dan sayur dapat mencukupi kebutuhan serat yang diperlukan tubuh. Serat sangat baik bagi tubuh karena dapat membantu pencernaan kita.

Yang ketiga hindari yang namanya merokok karena sangat berbahaya bagi kesehatan dalam keluarga ibu ibu. Bukan hanya bagi perokok saja tetapi juga bagi anggota keluarga lain yang menghirup bau rokoknya,

Diharapkan melalui gerakan tiga langkah itu dapat meningkatkan kesehatan keluarga ibu ibu di rumah. Sekian sedikit pesan pesan kesehatan dari saya,ada salah dalam perkataan saya, saya  minta maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih

Waalaikumsalam wr.wb

Pidato singkat di atas merupakan contoh pidato singkat tentang kesehatan yang bisa diberikan sewaktu pertemuan arisan ibu ibu PKK. Tugas kesehatan bukan tugas dari pemerintah saja tetapi merupakan tugas dari kita semua. Anda bisa gunakan contoh naskah pidato ini dalam segala jenis situasi yang menyryt anda cocok. Semoga informasi yang di berikan ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih.