Cara memunculkan Penggaris (Ruler) pada WORD dengan mudah

Mastimon.Com - Microsoft Word membantu kita untuk dapat dengan mudah menyelesaikan pekerjaan tertentu, Seperti pembuatan proposal, makalah, laporan, penelitian, dan masih banyak lagi. Tidak hanya membantu dalam merancang sebuah olahan kata tetapi juga terdapat banyak fitur menarik untuk merapikan tulisan agar terlihat rapi dan enak untuk dilihat atau di baca. Salah satu fitur menariknya adalah terdapat penggaris atau yang biasa disebut Ruler dalam Microsoft word.

Adanya fitur ini sendiri membantu dalam mengatur jarak antar paragraph, jarak kolom, jarak tab pada table saat melakukan kegiatan editing dokumen surat menyurat, makalah atau skripsi dan lain sebagainya. Memperkirakan ukuran mulai dari lebar atau panjang sebuah dokumen atau gambar adalah fungsi utama Ruler. Penggaris ini terbagi menjadi 2 bagian yakni penggaris yang terletak pada posisi mendatar atau biasa disebut Horizontal ruler dan penggaris berdiri tegak atau yang biasa di sebut vertical ruler.

Baca Juga : 5 Fitur tersembunyi di Ms Word 2007 dan Word 2010

Anda bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan untuk menyusun teks lebih baik dan teratur. Namun, saat sedang mengoperasikan aplikasi pengolah kata tersebut, dimana kah letak simbol atau fitur untuk menggunakan Penggaris atau ruler? Tentunya anda tidak melihatnya ya, mungkin juga anda akan berfikir setelah itu bahwa fitur ini tersembunyi. Sebenarnya, pada tampilan Microsoft word atau di aplikasi lain seperti micrsoft Excel, powerpoint memang selalu tidak terlihat untuk simbol mengaktifkan fitur menarik ini.


Karena Sebenarnya fitur Ruler adalah salah satu kecanggihan yang tersembunyi. Namun jangan khawatir kalian bisa memunculkan dan mengaktifkan kannya untuk mulai merapikan tulisan anda. Bagaimana caranya? Jangan bingung, pada pembahasan kali ini akan beritahu sobat semua secara singkat, padat namun jelas seputar memunculkan Media penggaris pada Word yang mudah dan berhasil dengan tujuan mencapai kerapian tulisan yang diinginkan.

Cara Memunculkan penggaris pada word (Ruler)
  1. Langkah pertama, yang perlu anda ambil adalah membuka aplikasi Word terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, mulailah untuk menulis bagian yang ingin anda edit atau dapat dengan langsung membuka dokumen yang sudah disimpan sebelumnya lalu rapikan kembali.
  3. Pada saat membuka aplikasi Microsoft Word, anda akan melihat Tab menu home pada tampilannya, Maka arahkan perhatian anda pada tab menu “View
  4. Kemudian di halaman selanjutnya pada menu “View” akan terdapat Opsi “Ruler”. Dengan mengeklik nya maka secara otomatis gambar penggaris akan dimunculkan dan tampil di kedua sisi lembar pekerjaan.

Mudah bukan, cara ini dapat anda praktekkan secara langsung di Komputer, Laptop, iPad, tablet atau bahkan Handphone berbasis Android atau Smartphone yang memiliki aplikasi Microsoft word sebelumnya. Anda juga di mudahkan untuk bisa merapikan tulisan anda dengan cepat dan dimana saja. Cocok sekali bagi para penulis, mahasiswa yang sedang melakukan penelitian, traveling yang mengabadikan tulisannya dan lain sebagainya pastinya membutuhkan Microsoft word sebagai andalan untuk mengedit dan merapikan hasil karya tulisan anda.

Lihat Juga : Cara membuat Database di Ms Word (Mail Merge)

Walaupun anda termasuk yang masih awam dalam menjalankan atau mengoperasikan microosft word, excel, power point, publisher dan lain sebagainya. Anda tetap bisa mempelajarinya dengan sangat mudah. Karena memang fitur menarik di dalamnya telah dirancang sedemikian rupa agar sang pengguna dapat dengan mudah mengingat dan memepelajari nya. Seperti contoh uraian diatas anda tentunya sudah banyak belajar bukan? Ini adalah satu satu teknologi dasar dalam pemakaian Microsoft word. Semoga informasi ini dapat membantu dan senantiasa bermanfaat untuk sobat semua. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel