Cara merubah Huruf Kecil ke Huruf Besar di Word dan Excel Sekaligus

Mastimon.Com - Sebagaimana yang mungkin sudah kita pelajari di sekolah atau kursus, Tidak sama seperti Microsoft Word. Untuk Micrososft Excel sendiri tidak memiliki tombol atau opsi untuk mengubah huruf menjadi besar atau huruf kapital dan sebaliknya. Namun, dalam hal ini bukan berarti anda sama sekali tidak bisa mengubah tulisan dalam file excel untuk menjadi huruf besar atau bahkan sebaliknya. Pada kenyataanya adalah bisa.

Masih ingatkah anda dengan beberapa rumus rumus dasar dalam penggunaan Microsoft Excel? Beberapa diantaranya dapat digunakan untuk mengedit tulisan termasuk mengubah kapitalisasi tulisan. Penggunaan tata bahasa yang tepat sangat dibutuhkan dalam penyusunan laporan, hasil penelitian, makalah, proposal, surat menyurat, brosur dan masih banyak lagi. Pastinya anda berusaha agar tulisan yang anda buat sesuai dengan kaidah penulisan untuk penempatan huruf besar dan huruf kecil bukan? 

Tidak tergantung jenis word atau excel yang anda gunakan, anda perlu mengetahui beberapa cara praktis dan sederhana dalam Merubah Huruf kecil menjadi huruf besar di Word maupun di Excel. Mau tahu bagaimana cara selengkapnya? Jangan khawatir, anda bisa simak informasi nya pada uraian di bawah ini. Baca Juga : Cara mudah buat Mail Merge di Ms Word untuk mempermudah Proses Administrasi.


Cara Merubah Huruf Kecil ke Huruf Besar di Word dan Excel Sekaligus   

Mengubah Tulisan Huruf besar dan Kecil di Microsoft Word

Untuk mengubah jenis penulisan huruf di Software yang satu ini sangat mudah di bandingkan di Micrososft Excel, sesuai dengan pengertiannya yakni Aplikasi perangkat lunak pengolah kata. Karena lebih mengedepankan fungsinya dalam tulisan maka ada opsi khusus untuk mengubah huruf besar dan kecil di halaman. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membuka aplikasi Microsoft word terlebih dahulu. Bisa membuka nya lewat komputer, laptop, iPad, atau bahkan Aplikasi Ms Office di android.

Kemudian buat tulisan anda atau buka halaman file anda di word, setelah itu blok tulisan yang ingin anda ubah penulisannya menjadi huruf capital atau sebaliknya. Setelah itu arahkan perhatian ke tab home yang berada di bagian atas Word lalu perhatikan group Font dimana disitu ada banyak opsi untuk mengedit tulisan. Untuk mengubah huruf anda bisa pilih opsi dengan simbol Huraf A besar dan kecil (Aa) dengan mengeklik segitiga kebawah yang tepat berada di sebekahnya. Pada ikon itu anda bisa memilih jenis penulisan sebagai berikut :
  • Sentence case
  • Lowercase
  • UPPERCASE
  • Capitalize Each Word
  • tOOGLE cASE

Mengubah Tulisan Huruf besar dan Kecil di Microsoft Ecel

Nah, sedangkan untuk penggunaan Microsoft Excel sendiri seperti yang sudah kita singgung diawal bahwa penggunaan nya berbeda dengan Microsoft word dalam hal merubah huruf kecil ke huruf besar ataupun sebaliknya. Karena tidak ada menu khusus untuk mengubah huruf, maka hal yang perlu anda lakukan adalah menggunakan rumus atau function. Rumus yang memiliki fungsi dalam hal ini adalah sebagai berikut :
  • Lower : Function ini berfungsi dalam mengubah semua huruf capital atau huruf besar menjadi huruf kecil. Sebagai contoh : mengambil, perangkat, Microsoft office, software dan lain –lain.
  • Upper : Function yang satu ini memungkinkan anda untuk mengubah semua huruf kecil menjadi huruf besar atau capital. Sebaga contoh adalah MICROSOFT EXCEL, PERANGKAT LUNAK, SOFTWARE dan lain sebagainya.
  • Proper : Function ini berguna untuk dapat membuat huruf pertama dalam teks menjadi huruf capital dan huruf lain yang mengikuti adalah huruf kecil. Sebagai contoh : Microsoft Excel, Software, Perangkat dan lain sebagainya.

Inilah beberapa tips informasi terkait penggunaan huruf besar dan huruf kecil di Microsoft word dan microsof excel sekaligus. Hal ini sangat membantu karena anda tidak perlu mengedit tulisan satu persatu karena akan memakan banyak waktu, dengan cara ini baik di Word atau di Excel pekerjaan akan cepat selesai dan lebih efektif. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan membantu anda, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel