5 Sandi dalam Pramuka yang Wajib diketahui saat Berkemah

Mengikuti kegiatan Pramuka dan berkemah adalah sesuatu yang menyenangkan terlebih lagi berkumpul nersama teman teman. Ada 5 Sandi dalam Pramuka yang sering digunakan dan terkadang dilakukan perlombaan antar Group. Buat kalian yang inggin tau lebih lanjut boleh mempelajarinya terlebih dahulu dan bilaperlu di hapal.

Ada yang menggunakan bendera, suara peluit dan masih banyak lagi. Saat berkemah juga kita dilatih ketangkasan untuk menjelajahi suatu daerah dengan diberikan beberapa kode. Kita wajib bisa membacanya supaya tidak salah tujuan. Kode dalam Pramuka tersebut wajib kita ketahui supaya pada saat ada perintah dari pembina kita bisa memahaminya.

Baca juga : Kumpulan kata ucapan Pramuka untuk Sahabat tercinta

Untuk bisa menghapalnya sedikit sulit karena masing masing kode tersebut sangatlah mirip jadi terkadang membingkan. Saat setiap Group dipersiapkan untuk melewati rintangan yang harus di hadapi maka Group yang paling banyak bisa menjawab akan cepat lolos mencapai tujuan. Group yang salah akan mendapat hukuman.

5 Sandi dalam Pramuka yang Wajib diketahui saat Berkemah

1. Sandi Matematika (Semaphore)

Sandi dalam Pramuka ini menggunakan bendera warna Merah dan Kuning yang terbagi melintang. Kode yang harus kita pecahkan adalah saat seseorang mengerakkan posisi bendera maka akan menunjukkan sebuah huruf. Gerakan dan hurufnya sebenarnya berururutan seperti huruf A sampai dengan D gerakkannya sedikit. E sampai G juga sama dan begitu seterusnya.

2. Sandi Morse

Pencipta sandi Morse adalah Samuel Finley Breese Morse dimana untuk menunjukkan angka kita akan mendengar berbagai macam suara. Suara yang ditimbulkan tersebut berasal dari sebuah peluit. Ada suara pendek berulang kali dan ada juga suara Peluit yang panjang. Setiap huruf memiliki kode tersendiri yang harus dipecahkan dan diterjemahkan.

3. Sandi Koordinat
https://www.mastimon.com

Sipembuat berita akan memberikan dua buah kunci untuk menentukan sebuah koordinat dari pertemuan dua buah huruf dalam satu titik. Setiap kunci merupakan atau ada dua buah kata yang didalamnya terdiri dari lima buah huruf perkatanya. Mungkin kalian sedikit binggung jadi pelajari dengan baik supaya lebih paham.

4. Sandi Angka

Disini kita akan diberikan berbagai macam angka yang didalamnya memiliki arti sebuah huruf. Jika kita gabungkan maka akan membentuk sebuah kalimat dan memberikan Informasi buat kalian. Misalkan 0 adalah merupakan huruf A, angka 1 adalah huruf B dan begitu seterusnya. Kalian harus menghapalnya supaya tidak salah dalam penempatan setiap hurufnya.

5. Sandi Rumput

Sandi ini cukup unik karena menunjukkan pergerakan rumput yang pendek dan panjang. Setiap gelombang tinggi pendeknya rumput akan menentukan sebuah huruf sehingga membentuk sebuah kalimat informasi. Sandi ini juga sedikit sulit karena setiap gelombang rumputnya sangat mirip dan kita harus mengenal polanya seperti apa.

Lihat Juga : Kumpulan Kartu ucapan Pramuka untuk Sahabat

Bagaimana cukup jelas bukan dari beberapa penjelasan tentang 5 Sandi dalam Pramuka. Buat kalian yang masih dalam bangku sekolah dan sering mengikuti kegiatan ekstrakulikuler Pramuka silahkan pelajari beberapa Sandi di atas. Informasi tersebut admin dapatkan dari situs idntimes.com dan buat kalian yang inggin mempelajari lebih dalam tentang Pramuka silahkan berkunjung ke situs pramukatop.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel