5 Tips mencari Lowongan Kerja lewat Internet

5 Tips mencari Lowongan Kerja lewat Internet

5 Tips mencari Lowongan Kerja lewat Internet

Setelah lulus dari Sekolah ataupun Kuliah inggin bekerja diperusahaan tetapi binggung mau memulainya dari mana. Jangan Pusing karena pada era modern saat ini semua dilakukan dengan cara mudah yaitu melalui Internet. Tidak sedikit Perusahaan mencari Tenaga Kerja dengan cara memasang Iklan Lowongan Kerja melalui situs mereka ataupun melalui Media Sosial.

Buat kalian yang binggung mencari Pekerjaan melalui media Online bisa mencoba beberapa Tips yang dikumpulkan oleh admin mastimon.com. Ada banyak jenis Lowongan jika kita membuka Media Sosial Facebook, Whatsapp ataupun Instagram. Anda harus memahami dan hati hati karena terkadang ada banyak penipuan yang memanfaatkan mereka yang tidak paham.

Sebelum mencari maka langkah awal sobat harus mempersiapkan terlebih dahulu CV (Curiculum Vitae) atau Biodata Diri. Jika melamar Pekerjaan melalui Internet kita tidak perlu datang ke Perusahaan tersebut tetapi cukup mengirimkan satu File CV dalam format PDF. Jangan membuat dalam bentuk Ms Word (DOC), JPG, PNG ataupun jenis lainnya karena pasti kapasitasnya besar.

Jangan juga menyimpan file CV dalam bentuk RAR atau ZIP yang biasanya untuk mengopres atau memperkecil File. Pihak HRD jika standar utama yang mereka sampaikan anda langgar maka dimungkinkan CV tidak dibuka. Jika sudah memiliki berkas maka sekarang kita mulai mencari Lowongan kerja di Internet yang mudah dan dapat dipercaya.

5 Tips mencari Lowongan Kerja lewat Internet

1. Melalui situs Perusahaan Tersebut

Jika kita sudah mengetahui nama Perusahaannya maka cukup mudah kita mencarinya. Silahkan ketik saja nama Perusahaan tersebut di beranda google maka akan tampil situsnya. Silahkan anda buka dan cek satu persatu mulai dari Profil sampai dengan Kegiatan Perusahaan tersebut. Fungsinya supaya kita mengetahui lebih jauh Perusahaan yang akan kita ajukan Lamaran Kerja

Cek di Menu KARIER atau Lowongan Kerja jika ada. Silahkan perhatikan apakah ada Kesempatan Kerja yang bisa kita ambil. Jangan menelan mentah mentah lalu main kirim CV tanpa mengetahui Persyaratannya. Jika tidak memenuhi syarat jangan dipaksakan mengirim karena pasti di abaikan oleh Perusahaan. Jika sesuai dengan Kriteria anda maka kirim CV melalui Email.

2. Melalui Media Sosial

FB, IG dan WA adalah Medsos yang paling popular saat ini. Sangat rugi jika anda tidak menggunakan fasilitas tersebut untuk hal positif. Banyak sekali orang mendapatkan kerja dari Sosial Media tersebut. Kita bisa mengetahui bahwa saat ada lowongan kerja di Perusahaan maka salah satu Karyawannya pasti ada yang memfoto dan membagikan di akun medsosnya.

Perusahaan juga memiliki Fanspage atau Halaman Facebook jadi anda bisa mengikuti perkembangan informasi terbarunya. Sebagai contoh PT.BUMA, PT.KPP, PT.KPC dan PT.PAMA sebuah perusahaan Tambang Batu Bara yang mencari Tenaga Kerja melalui fasilitas Media Sosial. Mereka sudah mempersiapkan alamat Email atau Link untuk mengisi Biodata Pelamar.

3. Informasi dari seorang Teman

Semakin banyak teman tentu semakin baik karena kita akan banyak mendapatkan Informasi. Terlebih lagi saat kita mengangur dan memiliki Skill tertentu. Seorang teman yang bekerja di sebuah Perusahaan tidak akan berdiam diri. Ada yang mencari tau apakah ada Lowongan Kerja di tempat dia bekerja atau tidak. Ada juga yang berani menanyakan langsung ke Pihak HRD.

Informasi dari teman ini terkadang kita bukan melakukan komunikasi secara langsung tetapi melalui Chatting atau Messenger. Menggunakan Vidio Call juga bisa untuk memberikan informasi yang lebih meyakinkan. Silahkan anda cari teman teman dengan menggunakan fasilitas Internet seperti mencari akun Linkdln.

4. Mengikuti situs Lowongan Kerja

Ada banyak blog tentang Lowongan Kerja tetapi anda harus berhati hati. Sebuah situs yang hanya mengejar dan mencari Visitor maka mereka membuat informasi bohong alias HOAX. Supaya anda tidak tertipu maka pilihlah situs terpercaya seperti JobStreet.co.id, JobDB.com, Jobs.id, Karir.com, Jobindo.com dan kompaskarier.com.

Anda akan mendapatkan update Lowongan Kerja setiap hari yang dikirim melalui Email. Kesempatan bekerja yang ditawarkan untuk Seluruh Wilayah di Indonesia bahkan sampai ke Luar Negri. Perusahaan yang memasang Iklan Lowongan Kerja juga terbilang besar dan sudah memiliki nama jadi anda bisa mencoba keberuntungan.

5. Mencari di beranda Google

Jika dari ke empat Tips di atas belum menemukan maka anda bisa mencobanyak melalui beranda Google. Cara ini bisa anda lakukan dengan mencari Lowongan yang lebih spesifik. Salah satu contoh kita akan mencari pekerjaan di daerah Jakarta maka silahkan ketik saja Lowongan kerja di daerah Jakarta.

Baca Juga : Contoh surat Lamaran Kerja simpel dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Jika anda inggin yang lebih mendetail bisa menyebutkan daerah dan jenis pekerjaannya. Salah satu contoh "Lowongan Kerja di Jakarta Utara untuk bagaian Driver Mobil". Lihat di beranda google akan menampilkan beberapa pilihan, silahkan anda baca 5 urutan teratas. Pilih lowongan yang terbaik untuk anda kunjungi atau bisa juga mengirim CVnya.

Itulah beberapa Tips dan cara dalam mencari lowongan kerja lewat Internet. Sekali lagi tetap berhati hati jika anda diminta uang pendaftaran jangan mau. Semua perusahaan yang benar saat membuka lowongan kerja pasti tidak meminta biaya sedikitpun. Jika anda inggin menegetahui lebih banyak tentang Lowongan Kerja silahkan berkunjung ke situs pencarinafkah.com. Sekian dan terimakasih semoga informasi ini bermanfaat.
Buka Komentar